Notifikasi

Loading…

Menjelajahi Olahan Ayam Khas Bali, Unik dan Sangat Lezat

Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam betutu? Olahan ayam khas Bali ini merupakan salah satu kuliner Bali yang paling populer. Rempah khas Bali berpadu dengan ayam yang diproses cukup lama membuat ayam ini memiliki citarasa lezat yang maksimal. 

Selain ayam betutu, Pulau Dewata memiliki olahan ayam khas Bali yang tidak hanya lezat namun unik. Penasaran dengan berbagai olahan ayam khas pulau dewata? Simak artikel ini sampai tuntas ya!

Rekomendasi Olahan Ayam Khas Bali

Olahan Ayam Khas Bali

Olahan ayam yang tersedia di Pulau Dewata cukup beragam, semua memiliki keunikan dalam citarasanya. Berikut merupakan rekomendasi olahan ayam khas Bali yang dapat wisatawan coba :  

Olahan Ayam khas Bali, Ayam betutu

Ayam betutu merupakan hidangan berbahan dasar ayam yang dimasak secara utuh kemudian dipanggang dalam api sekam. Kuliner khas Bali ini memiliki rasa yang pedas dan gurih serta sangat kaya akan rempah. 

Bumbu yang digunakan dalam pembuatan ayam betutu ini merupakan bumbu khas Bali yang dijuluki base genep. Hal yang menjadi keunikan dari ayam betutu ini adalah teknik memasak yang menggunakan cara tradisional yakni dipanggang menggunakan bara api. Teknik tersebut memunculkan rasa khas yang berbeda dibandingkan dengan olahan ayam betutu yang diolah tanpa menggunakan sekam.

Lawar ayam 

Kuliner khas Bali dengan bahan dasar ayam ini merupakan hidangan yang cukup terkenal di Bali. Karenanya, lawar Bali ini pun mudah ditemui di rumah makan dan warung-warung yang ada di Pulau Dewata itu.

Selain rasanya yang lezat, lawar ayam Bali pun harganya cukup ekonomis loh. Siapkan budget 20-30 ribu Anda sudah dapat menikmati makanan dengan cita rasa yang pedas dan gurih serta cukup berempah.

Terdengar sangat lezat bukan? Selain dikonsumsi untuk lauk harian, lawar pun merupakan masakan tradisional yang kerap hadir dalam upacara adat keagamaan atau budaya. 

Ayam Suwir Bumbu Bali

Kuliner khas Bali yang satu ini merupakan makanan yang umum ditemui saat membeli nasi campur Bali. Berbahan dasar ayam yang disuwir dan diracik dengan bumbu Bali, membuat kuliner ini menjadi komponen yang wajib hadir untuk mendampingi nasi campur Bali. 

Ayam kelungkung

Sajian selanjutnya merupakan ayam klungkung. Kuliner yang berbahan dasar daging ayam ini merupakan salah satu hidangan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Ayam dengan bahan dasar serai limo ini menjadi favorit karena rasanya yang gurih dan pedas.

Olahan ayam khas bali, Tum ayam

Olahan ayam tradisional Bali selanjutnya adalah tum ayam. Kuliner yang satu ini tergolong unik, karena masih menggunakan cara tradisional saat memasaknya. Tum ayam terkenal dengan ciri khasnya yakni ayam cincang yang dibungkus dengan daun pisang. Daun pisang tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus semata, namun memberikan rasa dan aroma khas yang akan menggugah selera makan loh! 

Rekomendasi Tempat Makan Olahan Ayam khas Bali

Setelah mengulas aneka ragam olahan ayam khas Bali, kini Kami akan memberikan informasi tambahan berupa tempat makan olahan ayam yang recomended. Ini dia list-nya!

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Tempat makan yang satu ini terletak di Kedewatan, Ubud. Warung legendaris ini memiliki keunggulan dalam kuliner khas Bali khususnya dalam olahan ayam. Tercatat bahwa tempat makan ini telah buka sejak 1963.

Menu andalan di resto ini adalah nasi ayamnya yang terkenal gurih, pedas dan ber rempah. Selain itu, di restoran ini wisatawan bisa dengan leluasa melihat view hijau khas Ubud. Harga makanan disini juga tergolong ekonomis, karena dengan uang Rp 25.000 pelancong sudah dapat menikmati nasi ayam khas Bali.

Alamat : Jl raya Kadewatan No.18, Kadewatan, Ubud, Bali.

Warung Nasi ayam Bu Oki

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada warung nasi yang bertempat di Jimbaran. Warung Nasi ayam bu Oki menjadi rekomendasi karena menyajikan nasi ayam dan ayam betutu yang sangat lezat dan berempah. Tempat makan yang satu ini juga terkenal dengan pelayanan yang ramah serta tempat makan yang asik. Dengan budget Rp25.000 Anda sudah bisa menikmati hidangan spesial khas Pulau Dewata. Cukup ekonomis bukan?

Alamat : Jl. Celagi Basur No.3y, Jimbaran, Bali.

Warung Liku

Tempat makan favorit yang satu ini merupakan salah satu tempat makan dengan harga terjangkau yang ada di Pulau Dewata. Cukup dengan merogoh kocek Rp 15.000 wisatawan dapat menikmati satu porsi nasi ayam betutu. Tak heran jika warung ini menjadi favorit para pelancong yang datang ke Bali.

Alamat : Jalan Nakula No.19A, Seminyak,Bali.

Penutup 

Bali memang punya cara tersendiri untuk menarik wisatawan agar selalu berkunjung. Salah satunya adalah dengan kelezatan kuliner Pulau Dewata ini. Kuliner berbahan dasar ayam menjadi salah satu menu yang wajib dicoba saat berkunjung kesini.

Post a Comment