Notifikasi

Loading…

Review Taman Siswa: Wisata Edukasi Mengenai Perjuangan Ki Hajar Dewantara

Yogyakarta memang pantas disebut dengan daerah istimewa karena daerah ini bukan hanya memiliki keindahan alam yang menawan, namun juga memiliki wisata edukasi yang membuat generasi cerdas dan mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan dahulunya melahirkan pendidikan yang bisa dirasakan sampai saat ini. Dunia pendidikan tidak akan lepas dari yang namanya Ki Hajar Dewantara bukan?

Wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi dan berada di Yogyakarta yaitu Taman Siswa. Bukan hanya sekedar taman melainkan sebuah tempat yang mengajarkan dan mengingatkan kembali pada kita bahwa pendidikan itu penting! Yuk simak lebih lanjut bagaimana wisata edukasi ini begitu populer!

Review Taman Siswa

Sejarah Taman Siswa

Taman siswa merupakan rumah pertama bagi Ki Hajar Dewantara. Tokoh yang erat namanya dengan pendidikan. Sehingga, rumah pertamanya ini dijadikan sebagai Museum Taman Siswa. Bahkan tanggal lahir beliau, juga turut diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei. Woaw!

Ki  Hajar Dewantara begitu peduli akan yang namanya pendidikan, sehingga ia melakukan perjuangan yang dimulai dari memberikan kritik atas sistem pendidikan di zaman kolonialisme yang pada saat itu yang boleh bersekolah dan mendapatkan pendidikan hanya anak ningrat, priyayi dan keturunan Belanda. Miris bukan?

Namun, melihat hal itu, Ki Hajar Dewantara mengkritik sistem pendidikan sehingga ia diasingkan ke Belanda. Namun, pengasingan ini tidak membuat ia berhenti untuk peduli akan pendidikan. Beliau mendirikan Perguruan Nasional yang bernama Taman Siswa. Pada tahun 1938, Ki Hajar Dewantara mengubah rumahnya menjadi sebuah Museum yang akan menyimpan semua catatan penting maupun benda bersejarah guna pendidikan nantinya.

Lokasi dan Rute Perjalanan Taman Siswa

Taman siswa berada di Jalan Taman Siswa Nomor 31, Mergangsan. Lokasi ini tentu berada ditengah kota, sehingga akan mudah untuk kamu kunjungi. Selain itu, akses jalan menuju lokasi Taman Siswa ini juga sudah bagus, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan akses jalan.

Untuk menuju lokasi Taman Siswa ini, kamu perlu menempuh perjalanan dari Jalanan Kusumanegara untuk menuju arah selatan yang dengan jarak kurang lebih 200 meter. Disini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi sehingga memudahkan kamu untuk segera sampai. Jika terkendala menemukan lokasi Taman Siswa, kamu bisa menggunakan google maps!

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Siswa

Jika biasanya kamu memasuki sebuah destinasi wisata perlu membayar tiket masuk, berbeda dengan Taman Siswa ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis dong! Hal ini menjadi suatu keberuntungan bagi orang-orang yang datang ingin berwisata sambil menambah wawasan mengenai pendidikan. Woaw!

Taman Siswa buka setiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu, setiap jam 08.00 – 13.00 WIB. Sedangkan di hari Jum’at akan buka dari jam 08.00 – 11.00 WIB. Dengan alokasi waktu tersebut, diharapkan kamu bisa menggunakan kesempatan untuk mengambil banyak ilmu disamping menyenangkan diri bukan?

Kegiatan Menyenangkan di Dalam Taman Siswa

Museum Taman Siswa bukan hanya untuk berwisata dan bersenang-senang saja, melainkan jga menyuguhkan wawasan dan pengetahuan kamu mengenai pendidikan. Di dalam museum ini begitu banyak yang mengkisahkan kehidupan dan perjuangan Ki Hajar Dewantara mengenai pendidikan. Disini kamu akan banyak sekali menemukan buku-buku koleksi dari Ki Hajar Dewantara.

Selain itu, kamu juga akan menemukan barang-barang pribadi Ki Hajar Dewantara, seperti kamar pribadi dan buku-buku berbahasa Belanda milik beliau. Jika kamu ingin tahu, isi keseluruhan rumah yang merupakan Taman Siswa ini memiliki 3.000 barang, baik berupa buku, naskah, foto, perabot, majalah dan bahkan surat-surat Ki Hajar Dewantara.

Di museum ini, kamu akan mengetahui perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara hingga ia meninggal dunia. Semua diabadikan di dalam museum Taman Siswa ini. di museum ini juga kamu akan menemukan bagaimana biografi yang dimiliki seorang pahlawan seperti Ki Hajar Dewantara.

Museum ini begitu nyaman dengan barang dan perabotan yang tersusun rapi serta terawatt. Siapa yang tidak betah berlama-lama di sini. Rumah khas Yogyakarta ini begitu damai dan tidak pernah sepi akan pengunjung karena memiliki daya tarik tersendiri dan wajib kamu kunjungi.

Ajaran Ki Hajar Dewantara

Di dalam museum kamu akan menemukan ajaran Ki Hajar Dewantara yang mash terkenal sampai saat ini, yaitu:

  • Ing Ngarsa Sung Tulada yang artinya di depan memberi teladan dan contoh
  • Ing Madya Mangun Karsa yang artinya di tengah membangun prakarsa atau semangat
  • Tut Wuri Handayani yang berarti memberi dukungan

Melalui ajaran ini dan sudah berkunjung ke museum Taman Siswa, maka seharusnya kamu lebih memahami pendidikan dengan menambah wawasan kamu dengan ajaran Ki Hajar Dewantara yang telah berjuang akan pendidikan di Indonesia ini.

Jadi tertarik berwisata sambil edukasi di Taman Siswa? Kamu bisa berwisata kesini dengan minim budget lho! Jadi tunggu apa lagi?

Post a Comment