Notifikasi

Loading…

Review Taman Nasional Alas Purwo: Ada Taman Savana di Tanah Jawa?

Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) merupakan taman nasional yang mempunyai ekosistem yang baik dan penuh dengan keindahan yang tiada tara. Taman Nasional Alas Purwo ini bisa kamu jadikan pilihan untuk berlibur dan menghabiskan waktu liburan kamu disini.

Terletak di pulau Jawa bagian timur, serta menjadi rumah bagi segala flora dan fauna yang terancam punah. Keindahan dan keelokan yang dimiliki oleh taman nasional ini membuat siapa saja akan terkagum-kagum akan pesonanya.Yuk simak lebih lanjut bagaimana keelokan sang Taman Nasional Alas Purwo!

Taman Nasional Alas Purwo

Nama Unik dan Sejarah TNAP

Taman Nasional Alas Purwo ini memiliki nama yang unik dengan arti dari bahasa jawa yaitu Purwa yang berarti Permulaan dan Alas berarti hutan. Menurut kepercayaan orang disekitar, taman nasional ini merupakan taman dengan urutan pertama dan sekaligus tertua di Jawa. Selain itu, taman ini dibalik keindahannya, ia juag menyimpan cerita mistis yang ada pada hutan lebatnya. Apa benar begitu?

Sebelum bernama Taman Nasional, kawasan taman ini merupakan Suaka Margasarwa Banyuwangi Selatan yang telah didirikan sejak 1 September 1939. Namun, setelah pergantian nama menjadi taman nasional pada tahun 1992 menambah luas menjadi 43.420 hektar. Pada tahun 2014 menurut Keputusan Menteri Kehutanan menjadi 44.037,30 hektar.

Lokasi dan Rute Perjalanan TNAP

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo ini terletak di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Tegaldlimo dengan Kecamatan Kalipuro. Selain itu juga, kawasan taman ini mjuga melewati jalur perlintasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Sibutondo.

Untuk menuju lokasi taman nasional, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Akses menuju lokasi ini sudah bagus dan kamu bisa menikmati pemandangan indah selama perjalanan. Jadi, perjalanan tidak akan merasa melelahkan maupun membosankan tentunya.

Rute yang bisa kamu temuh untuk sampai di lokasi ini, kamu perlu menempuh Banyuwangi – Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldlimo – Pos Rawabendo.

Harga Tiket dan Jam Operasional TNAP

Untuk memasuki Taman Nasional Alas Purwo ini kamu perlu membayar tiket sebesar Rp. 15.000 per-orang. Tiket ini bisa kamu dapatkan di gerbang utama dan di pos retribusi. Sebagai wisata hutan, maka taman ini hanya buka dari hari Senin – Jum’at dari pukul 07.30 – 16.00 WIB. Meski waktu hanya sampai sore, kamu bisa mengunjungi taman ini di malam hari untuk peribadatan di pura.

Daya Tarik TNAP

Dengan luas yang begitu besar dan keindahan flora dan fauna serta keasrian yang begitu menyejukkan di dalamnya membuat decakan kagum tidak pernah terhenti keluar dari mulut. Apalagi, bagi wisatawan mancanegara, taman nasional ini merupaka surga yang terpendam. Waw, menarik! Ada beberapa wisata di dalam taman nasional ini yang bisa kamu kunjungi, yaitu:

  1. Savana Sadengan

Di savana ini, kamu bisa melihat binantang-binantang yang lepas liar di habitatnya sedang memakan rerumputan atau bersantai di rerumputan. Alam yang hijau membuat kawasan ini seperti savanna di luar negri tentunya. Untuk bisa melihat merak, kamu bisa datang pada pukul 06.00 WIB. Wah, kawasan rerumputan hijau bagaikan taan savanna di Afrika, namun bisa kamu temui di tanah Jawa? Menarik!

  1. Hutan Bambu

Tanaman bambu akan berdiri dengan sejajar di sepanjang jalan menuju ke Goa Istana. Tempat ini menjadi daya tari tersendiri untuk kamu mengabadikan momen . kicauan burung tak lupa menemani perjalanan kamu melintasi bambu yang cantik ini.

  1. Pura Giri Selaka

Pura ini merupakan salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi selama di taman nasional. Pura ini disebut-sebut sebagai peninggalan Majapahit yang terletak ditengah hutan. Di pura ini kamu bisa melakukan peribadatan sesuai dengan kepercayaan kamu. Setiap 210 hari sekali, maka akan mengadakan upacara Pagerwesi dimana sebagai bentuk dalam menyelemati ilmu pengatahuan yang telah diberikan para dewa.

  1. Pantai Pancur

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai ini begitu eksotis dengan pemandangan alam yang dimilikinya. Tidak jauh dari laut, ada sebuah sungai yang mengalir seperti pancuran. Di pantai ini kamu akan menemukan sebuah batu karang hitam yang dikenal dengan Parang ireng. Namun, untuk menikmati keindahan alam ini, kamu perlu menempuh medan yang begitu menantang.

Wah, taman yang bukan hanya menyajikan keindahan alam yang asri dan eksotis, naun juga meninggalkan sejarah dan budaya bagi pengunjungnya. Jadi, kamu tertarik mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo ini dengan menelusri begitu banyak wisata alam disini? Yuk atur jadwal liburan kamu sekarang!

Post a Comment