86349 Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta yang Memesona - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta yang Memesona

Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang menawarkan banyak destinasi wisata berupa pantai. Salah satu objek wisata pantai yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Siung. Ingin mencoba datang ke objek wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta? Simak pembahasan berikut ini terlebih dahulu!

Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul

Lokasi Pantai Siung

Pantai Siung tepatnya berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 77 kilometer atau perjalanan darat selama 2 sampai 3 jam. 

Lokasinya cukup terpencil sehingga sulit datang ke Pantai Siung menggunakan transportasi umum. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi baik berupa mobil ataupun motor. Jika Anda berasal dari luar kota, cobalah untuk menyewa kendaraan.

Perlu Anda ketahui bahwa jalur ke Pantai Siung cukup sulit. Anda akan menemukan jalanan berkelok, tanjakan, ruas jalan menyempit, dan lain sebagainya. Pastikan kondisi kendaraan sudah baik jika akan berangkat ke pantai. 

Harga Tiket Masuk

Pengelola Pantai Siung menerapkan harga tiket masuk yang terjangkau. Per orang hanya dikenakan biaya masuk Rp10.000,00 saja. Harga tersebut termasuk biaya retribusi untuk Pantai Jogan dan Pantai Nglambor yang dekat dengan Pantai Siung.

Selain membayar tiket masuk, Anda juga perlu membayar parkir. Harga parkir untuk motor yaitu Rp5.000,00. Sedangkan harga parkir untuk mobil yaitu Rp10.000,00. Cukup terjangkau bukan?

Daya Tarik Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Berikut ini beberapa daya tarik objek wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta yang perlu Anda ketahui:

1. Batu Karang Raksasa

Daya tarik pertama yaitu berupa batu karang raksasa dengan jumlah yang cukup banyak. Jika ingin melihat batu karang raksasa, maka Anda bisa ke area Timur dan Barat Pantai.

Bagi warga sekitar, batu karang tersebut memiliki makna mendalam karena mirip dengan siung wanara atau gigi kera. Itulah sebabnya pantai indah ini dikenal dengan nama Pantai Siung. 

2. Pemandangan Sunset

Suka berburu sunset atau matahari terbenam? Pantai Siung adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Melihat pemandangan matahari terbenam terasa sangat romantis jika bersama pasangan. Apalagi semilir angin di sore hari sangat sejuk, cocok untuk Anda yang ingin refreshing

3. Tebing

Selain batu karang raksasa, objek wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta juga memiliki daya tarik berupa tebingnya. Tebing di sekitar pantai menjulang begitu tinggi. 

Pihak pengelola pantai akhirnya mengembangkan tebing tersebut dengan menambahkan jembatan. Jika melalui jembatan tersebut, Anda bisa sampai ke puncak tebing dan menikmati pemandangan pantai dari atas ketinggian. 

4. Habitat Penyu

Pantai Siung merupakan habitat untuk satwa yang dilindungi yakni penyu. Meskipun begitu, pengunjung bebas melihat penyu-penyu yang ada di pantai ini.

Selain melihat penyu, Anda bahkan bisa memberikan makanan. Namun ada himbauan khusus pada pengunjung yang ingin berinteraksi dengan penyu. Pasalnya, satwa satu ini benar-benar dilindungi dan harus dilestarikan.

5. Pasir Pantai

Setiap pantai pasti memiliki pasir, namun pasir di Pantai Siung sangat menarik. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang bersih dan cantik. 

Selain berjalan-jalan di pasir, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru. Apalagi jika datang bersama anak-anak, Anda bisa membentuk bangunan dan bermain pasir dengan mereka.

6. Kawasan Perbukitan

Pengunjung Pantai Siung datang untuk melihat pantai dari ketinggian tebing. Namun selain itu, pengunjung juga sangat menyukai kawasan perbukitan. Kawasannya begitu hijau sehingga sangat menyenangkan.

Anda juga bisa melihat lanskap pantai dari sudut yang begitu menarik. Pemandangan pantai dari bukit begitu indah. Jadi Anda tidak boleh melewatkan kawasan perbukitan begitu saja. 

7. Area Camping

Daya tarik terakhir yaitu area camping untuk Anda yang ingin mencoba bermalam di kawasan pantai. Pihak pengelola menyediakan tenda untuk digunakan camping. Pemandangan Pantai Siung ketika malam hari begitu indah. Mulai dari bintang-bintang, aroma khas laut, hingga suara gemuruh ombak yang sangat menenangkan. 

Nah, itulah pembahasan mengenai objek wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai satu ini tidak kalah indah dengan pantai lain di Gunung Kidul maupun Yogyakarta. Pastikan sudah mempersiapkan liburan dengan baik sebelum ke Gunung Kidul di daerah Yogyakarta. Selamat liburan!

Post a Comment