86349 Review Air Terjun Sungai Kandi, Riau: Keindahan Alam di Balik Hutan Belantara - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Review Air Terjun Sungai Kandi, Riau: Keindahan Alam di Balik Hutan Belantara

Riau begitu banyak menyimpan potensi alam yang sangat menjanjikan bagi wisatawan untuk datang mengunjunginya. Salah satu destinasi wisata yang cocok buat kamu yang mempunyai jiwa petualangan alam yang anti mainstream, maka air terjun Sungai Kandi ini adalah jawabannya.

Air terjun Sungai Kandi ini memiliki nama lain yaitu air terjun Sungai Kelelawar. Air terjun ini memiliki keindahan dan keelokan alam yang membuat decakan kagum keluar dari mulut terus menerus. Yuk simak bagaimana keindahan alam yang disajikan air terjun ini!

Air Terjun Sungai Kandi

Lokasi dan Rute Air Terjun

Air terjun nan indah lagi asri ini berlokasi di Desa Sungai Kelelawar, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Kalau kamu dari Kota Pekanbaru, kamu memerlukan waktu 4-5 jam perjalanan darat untuk sampai di lokasi air terjun ini.

Rute yang bisa kamu ambil jika dari Kota Pekanbaru adalah berkendara ke arah Lubuk Jambi hingga menuju Desa Sungai Kelelawar. Namun, jika kamu tidak berasal dari Kota Pekanbaru, kamu bisa menggunakan google maps yang akan menunjukan kamu rute yang tepat untuk kamu sampai di lokasi air terjun ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan tersesat di perjalan.

Tracking Air Terjun

Berhubung air terjun ini terletak di tengah hutan, maka memerlukan tracking  untuk sampai di lokasi air terjun Sungai Kandi ini. Kamu akan menempuh perjalanan dengan jarak kurang lebih 1 Km dari lokasi area parkir yang telah disediakan di bawah sebelum masuk ke arah hutan.

Di perjalan menuju lokasi air terjun, kamu akan memasuki hutan yang masih asri di tumbuhi pepohonan yang subur lagi hijau. Hamparan sawah dan perkebunan pohon karet warga akan kamu lalui juga disini. Jalananan yang menanjak dan menurun menapaki jalanan setapak yang masih tanah. Sesekali kamu akan menemukan sungai kecil yang airnya begitu jernih dan dingin.

Kicauan burung, kera maupun monyet akan terasa lantang mengiringi perjalanan kamu membelah hutan dan menembus pepohonan semak belukar. Udara yang masih segar akan terasa di hidung kamu. Menenangkan itu yang ada dipikiran kamu selama di perjalanan ini.

Tidak lama kamu diperjalanan, kamu akan mendengar sayup-sayup gemericik air yang penuh irama turun dari perbukitan.

Pesona Keindahan Air Terjun

Setelah perjalanan yang menguras tenaga dengan jalur tracking yang menurun dan mendaki, kelelahan pasti dirasakan. Namun, rasa itu tidak berlangsung lama karena semua akan terbayar lunas oleh keindahan penuh pesona sang air terjun nan asri ini.

Air terjun yang terletak di tengah hutan belantara ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan membuat kamu kagum akan keindahannya. Apalagi bagi kamu yang pecinta alam, hal ini akan membuat kamu jatuh cinta akan pesona air terjun.

Air terjun ini memiliki 2 tingkat. Tingkat pertama memiliki tinggi mencapai 20 meter dan tingkat kedua dengan ketinggian 3 meter. Gemericik air yang jernih dan udara yang segar seakan-akan menghimbau kamu untuk berendam bahkan bermain air di kolam alami ini.

Udara disekitar air terjun ini akan terasa lebih dingin meski cahaya matahari muncul disela pepohonan, tetapi dingin akan terasa dikulit kamu. Keasrian alam yang disekitar air terjun ini menambah nilai plus bagi air terjun Sungai Kandi ini. Hutan belantara yang masih perawan dan jarang terjamah oleh manusia, membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang. Petualang alam yang anti mainstream  akan ditemukan di air terjun ini.

Air terjun yang dikelilingi oleh bukit bebatuan yang hijau membuat air terjun ini Nampak kokoh berdiri dan membelah bukit batu tersebut. Ditepian air terjun ini ditumbuhi pepohonan yang ikut begoyang akibat derasnya air yang turun.

Kamu disini bisa berendam dan berenang di kolam alami air terjun ini, namun di kolam tingkat pertama cukup dalam jadi kamu perlu berhati-hati untuk berenang maupun berendam di kolam ini. Keelokan kolam air terjun ini semakin nampak dengan jernihnya sang air yang mengalir jatuh dari air terjun.

Kamu perlu mengabadikan momen disini, membidik kamera kamu dengan objek air terjun nan indah ini. Maka foto liburan penuh petualangan kamu siap dibagikan ke media sosial kamu tentunya.

Mistis Air Terjun

Setiap tempat pasti memiliki sebuah cerita mistis yang ikut menjadi bagian tempat tersebut. tidak menutup kemungkinan juga kalau air terjun Sungai Kandi ini juga turut mempunyai carita mistis.

Menurut kepercayaan warga sekitar bahwa pada bulan-bulan tertentu akan muncul secara tiba-tiba jalan menuju sebuah candi. Dari cerita yang turun temurun, candi ini dipercaya merupakan sebuah pintu yang menghubungkan dunia ini dengan dunia lain.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Berdestinasi ke air terjun ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu kamu perlu memakai alas kaki yang memadai karena jalur tracking yang cukup ekstrem. Membawa bekal dari rumah karena disekitar air terjun tidak ada yang menjual makanan. Terakhir, kamu perlu berhati-hati dalam memasuki hutan dan jaga kebersihan lingkungan tentunya.

Jadi tertarik untuk berpetualang alam di balik hutan belantara di Riau ini? Yuk kunjungi air terjun Sungai Kandi yang menyimpan begitu banyak potensi keindahan yang jarang di jamah oleh manusia.

Post a Comment