86349 Review Air Terjun Guruh Gemurai: Pesona Tingkatan yang Bergemuruh - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Review Air Terjun Guruh Gemurai: Pesona Tingkatan yang Bergemuruh

Riau menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, baik dari kuliner, budaya bahkan alamnya. Pesona alam di Riau begitu banyak menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya, terutama wisata alam yang begitu mempesona. Salah satu wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Riau adalah Air Terjun Guruh Gemurai.

Air terjun Guruh Gemurai ini memiliki 7 tingkatan yang sangat mempesona akan keindahannya. Setiap tingkatan akan memiliki daya tarik tersendiri yang diberikan air terjun ini untuk kamu nikmati. Penasarankan gimana keindahan air terjun ini? Yuk simak lebih lanjut!

Air Terjun Guruh Gemurai

Pesona Keindahan Air Terjun

Nama air terjun yang unik tersemat di balik keindahan alam yang disajikannya. Arti dari nama air terjun ini diambil dari nama daerah sekitar yaitu “Guruh” yang berarti bunyi atau suara yang menggelegar, sedangkan “Gemurai” yang berarti percikan air yang begitu banyak. Jadi tak heran kalau air terjun ini dinamakan dengan “Guruh Gemurai” karena dari lokasi parkirannya saja air terjun ini sudah terdengar dengan jelas bunyi air yang penuh dengan percikan air yang menghempas bebatuan disekitarnya.

Gemericik air yang terdengar di telinga akan semakin menenangkan hati dan pikiran kamu lhoo. Apalagi gemericik air yang jatuh dari tebing bebatuan ini begitu deras terdengar dengan semakin dekat kamu dengan lokasi air terjun. Ditambah lagi dengan pesona alam nan hijau lagi asri akan membuat kamu terkagum-kagum akan keindahannya. membuat kamu akan betah berlama-lama disini.

7 Tingkat Keindahan

Indahnya air terjun ini dilengkapi dengan 7 tingkat yang masing-masingnya memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Meski terdiri dair 7 tingkat, air terjun ini banyak di kunjungi di tingkat pertama. Tingkat yang lebih tinggi jarang di kunjungi mengingat juga akses yang juga belum maksimal. Air tejun dengan tingkat pertama memiliki ketinggian 20 meter serta dasar air terjun merupakan kolam. Dimana untuk melihat setiap tingkatannya kamu harus menuruni ratusan tangga yang berjejer dan siap mengantar kamu ke tujuan. tangga ini sudah di semen dan diberi pembatas agar kamu tidak terjatuh ke lereng pebukitan.

Yaps, berbeda dari air terjun lainnya yang mempunyai tingkatan dimana harus mendaki untuk melihat tingkatan di atasnya. Berbeda dengan air terjun ini, kamu akan sampai di air terjun ini di tingkat paling atas, jadi jika kamu ingin sampai di tingkat terendah, kamu harus menuruni ratusan anak tangga kecil. Unik bukan?

Tenang saja, rasa lelah menuruni anak tangga yang begitu banyak tidak akan terasa karena kamu akan menikmati dengan penuh kekaguman pemandangan selama perjalanan. Hijau pepohonan akan membuat udara terasa segar untuk kamu hirup. Selain itu, di sepanjang perjalanan menuruni anak tangga ini, kamu akan menikmati pesona air terjun yang mengalir ke bawah dengan gemericik air yang begitu deras.

Daya tarik lainnya, di air terjun ini kamu akan menemukan sebuah jembatan yang menghubungkan antara tebing. Di jembatan ini kamu akan behadapan langsung dengan air terjun dan dapat menikmati keindahan pesona keindahan alam air terjun yang di kelilingi oleh pepohonan dan bukit hijau. Jembatan ini akan membuat kamu berdiri di atas air terjun dan di bawahnya ada aliran jernih sang air yang mempesona. Sehingga tak heran jika udara disini akan terasa sejuk lagi segar.

Air Jernih dan Estetik untuk Fotografi

Di dasar kolam air terjun ini, kamu akan bisa bermain air dan berenang menikmati keindahan air terjun yang jernih dengan mengalir dari atas bukit bebatuan yang coklat ditumbuhi lumut hijau. Sekeliling kamu akan melihat barisan pohon hijau nan subur. Kamu juga bisa melakukan jumping disisi bukit batu untuk terjun ke dasar kolam air terjun.

Bagi kamu pecinta fotografi, kamu akan senang menemukan lokasi ini karena air terjun ini menyajikan spot foto yang menarik, terutama di jembatan yang menghubungi setiap tebing batu. Disini kamu akan menikmati keindahan alam yang asri nan mempesona. Jadi jangan lupa bidik kamera kamu dengan sebaik mungkin dan tentukan objek yang cantik untuk momen kamu. Jadi, siapa yang tidak betah disini berlama-lama jika pesonanya penuh akan keindahan?

Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun

Air terjun Guruh Gemurai ini terletak di Desa Kasang, Kabupaten Singingi, Provinsi Riau. Lokasi air terjun ini berada dalam hutan lindung yang akses jalannya sudah beraspal permanen. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan akses jalan yang akan kamu tempuh.

Jarak lokasi air terjun ini dari Kota Teluk Kuantan yatu 34 Km dan memerlukan waktu tempuh 50 menit dengan melewati jalan lintas Lubuk Jambi-Kiliran Jao. FYI, kalau lokasi air terjun ini berada tidak jauh dari perbatasan Sumbar dengan Riau lho, jadi jika kamu berasal dari Sumbar, jangan ragu untuk datang ke sini. Untuk sampai lokasi ini, kamu tidak perlu ragu akan rutenya karena kamu cukup membuka aplikasi google maps.

Setelah sampai di lokasi air terjun, kamu akan menemukan sebuah pos retribusi berwarna hijau dengan gerbang yang berukiran khas Melayu. Disini, kamu akan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Dari gerbang ini, kamu akan melewati tebing perbukitan, pepohonan rindang bahkan area perkebunan warga sekitar 3 Km.

Fasilitas Air Terjun

Berhubung air terjun ini sudah di kelola oleh pemerintah, jadi fasilitar yang bisa kamu nikmati di lokasi ini juga cukup lengkap. Mulai dari warung yang menjual makanan, musholla,parkiran yang luas. Serta, pendopo yang bisa kamu jadikan tempat untuk beristirahat menikmati air terjun, toilet bahkan ruang ganti.

Wah tertarik untuk datang ke sini? Yuk atur jadwal liburanmu sekarang!

Post a Comment