86349 Pemandian Taman Sari Yogyakarta yang Penuh Nilai Sejarah - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Pemandian Taman Sari Yogyakarta yang Penuh Nilai Sejarah

Taman Sari Yogyakarta merupakan sebuah taman dengan pemandian di dalamnya. Berbeda dengan taman lainnya, taman satu ini bukan taman biasa. Pemandian Taman Sari Yogyakarta memiliki nilai sejarah di masa lalu. Mengunjungi Taman Sari di Yogyakarta bisa menjadi wisata sejarah untuk Anda. 

pemandian taman sari yogyakarta

Meskipun sudah lama, namun bangunannya masih terlihat kokoh dan megah. Bangunannya bergaya Portugis, namun menggunakan simbol Jawa yang bermakna. Jika penasaran, simak artikel tentang Taman Sari Yogyakarta dan pemandiannya berikut ini!

Tentang Taman Sari Yogyakarta

Di masa lalu, fungsi utama dari Taman Sari adalah taman istana. Namun berdasarkan model bangunannya, taman ini seperti benteng pertahanan terakhir ketika mendapatkan serangan musuh. Kompleks taman sari terbagi menjadi empat bagian, termasuk pemandian.

Seiring berjalannya waktu, kompleks Taman Sari dijadikan sebagai tempat wisata. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik dengan arsitekturnya. Bagian pemandian merupakan bagian yang paling menonjol. Tidak heran jika dijuluki sebagai Water Castle atau Istana Air. 

Lokasi Pemandian Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta berada di Jalan Tamanan, Patehan Kraton, Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, kurang lebih sekitar 300 meter atau 15 menit saja. Berada di tempat strategis, mudah bagi Anda untuk sampai ke taman satu ini. Bahkan Anda bisa sampai ke Taman Sari menggunakan kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Jika ingin masuk ke kawasan Taman Sari Yogyakarta, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 per orang. Sementara wisatawan asing harganya lebih mahal yaitu Rp15.000,00 per orang. 

Selain itu, Anda perlu membayar biaya parkir Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil. Jika ingin menggunakan jasa tour guide, biasanya dikenakan biaya sebesar Rp50.000,00 per orang. Biaya tersebut untuk semua kawasan, termasuk Pemandian Taman Sari Yogyakarta.

Untuk jam operasionalnya terbilang tidak terlalu panjang. Pasalnya Taman Sari Yogyakarta buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Namun Anda bisa datang kapan saja karena buka dari hari Senin sampai Minggu, kecuali hari libur nasional dan tanggal merah. 

Daya Tarik Pemandian Taman Sari Yogyakarta

Berikut ini berbagai daya tarik Taman Sari Yogyakarta dan pemandian yang ada di dalamnya:

1. Kolam Pemandian Taman Sari Yogyakarta

Daya tarik utama Pemandian Taman Sari di Yogyakarta tentu saja adalah kolam pemandiannya. Ada tiga kolam pemandian dengan nama dan fungsi berbeda. 

Ketiga kolam tersebut yaitu Umbul Panguras untuk raja, Umbul Pamucar untuk selir raja, dan Umbul Kawitan untuk putra-putri raja. Semua kolam memiliki air mancur bentuk kepala naga dan hiasan pot sehingga menjadi daya tarik tersendiri pada Pemandian Taman Sari Yogyakarta ini.

2. Sumur Gumuling

Salah satu spot berfoto yang estetik di tempat wisata satu ini adalah Sumur Gumuling. Uniknya, Sumur Gumuling merupakan sebuah masjid bawah tanah. 

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, Sumur Gumilang juga menjadi bunker perlindungan bagi Sultan dan keluarganya. Bentuknya dua tingkat melingkar sampai 360 derajat. Lalu bagian tengahnya ada lubang. Karena estetik dan menarik, Sumur Gumuling pernah dijadikan spot foto prewedding

3. Gapura Agung

Gapura Agung di kawasan Taman Sari merupakan tempat pemberhentian kereta kencana Sultan dan keluarganya. Sebagai pintu masuk keluarga Sultan, ornamen-ornamennya sangat menarik berupa bentuk bunga serta sayap burung. 

Beberapa meter dari Gapura Agung juga ada tempat pesanggrahan Sultan. Biasanya, Sultan menggunakan tempat tersebut untuk bersemedi, menyusun strategi perang, menyucikan keris dan senjata, dan lain sebagainya.

4. Gedung Kenongo

Tempat menarik lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Gedung Kenongo. Gedung tertinggi di kawasan Taman Sari ini dulu digunakan untuk bersantap oleh raja. Pemandangannya sangat indah karena seluruh taman terlihat.

5. Fasilitas Lengkap

Penampakan Taman Sari Yogyakarta memang terlihat cukup lawas. Namun fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjung dan wisatawan cukup lengkap. Beberapa fasilitas menarik untuk Anda yaitu area parkir, toilet, tour guide atau pemandu berpengalaman, warung makan, serta toko souvenir

Itulah informasi lengkap mengenai Pemandian Taman Sari Yogyakarta. Mengetahui lokasi, harga tiket, dan jam operasional tempat wisata membantu Anda merencanakan liburan. Selain pemandian yang bersejarah, Taman Sari Yogyakarta menawarkan banyak daya tarik lainnya. Jadi jangan ragu menghabiskan liburan di taman wisata ini.

Post a Comment