86349 Pantai Jogan, Gunungkidul Yogyakarta - Paduan Air Terjun dan Laut yang Eksotik - Payana Dewa
Notifikasi

Pantai Jogan, Gunungkidul Yogyakarta - Paduan Air Terjun dan Laut yang Eksotik

Pantai Jogan menyambut pengunjung dengan keajaiban senja yang memikat, diapit oleh tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur, menciptakan suasana seperti sebuah peraduan alam. Air sungai yang turun gunung bertemu dengan ombak yang pulang melaut, memberikan kesan yang memikat bagi siapa pun yang menginjakkan kaki di sana.

Di antara puluhan pantai yang tersebar di sepanjang 71 kilometer pesisir Gunungkidul. Pantai Jogan memiliki posisi istimewa karena adanya air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing menuju ke bibir laut. Mengingatkan kita pada McWay Beach Waterfall di California. Sayangnya, Pantai Jogan belum begitu banyak diketahui oleh para pelancong, mungkin karena lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Siung yang sering menjadi tujuan para pemanjat tebing yang bersemangat.

pantai jogan gunugkidul yogyakarta

Sekitar 2 Jam dari Yogyakarta

Perjalanan menuju Pantai Jogan memakan waktu sekitar dua jam dengan berkendara dari Jogja. Melewati jalanan aspal yang mulus, kita akan melewati perbukitan karst yang merupakan sisa dari lautan jutaan tahun silam.

Ketika sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, tanda bahwa Pantai Jogan sudah dekat. Karena, sekitar 400 meter dari pos tersebut akan terlihat papan kayu yang menunjukkan arah menuju Pantai Jogan. Perjalanan selanjutnya akan dilanjutkan dengan jalur setapak, yang akan mendampingi Anda dengan dua sungai kecil di sisi kiri. Kemudian akan menyatu menjadi air terjun.

Sayangnya, keelokan air terjun hanya dapat dinikmati pada musim hujan, karena di musim kemarau debit airnya sangat kecil, terutama dengan aktivitas penyedotan air untuk kebutuhan warga sekitar.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun dari atas tebing, Anda harus turun ke bawah. Ada dua cara untuk turun, pertama dengan teknik canyoning atau rappelling di air terjun, yang tentu saja memerlukan peralatan dan kemampuan khusus. Kedua, Anda dapat menapaki turunan licin yang basah, dengan dukungan dari kayu-kayu sebagai pegangan untuk tubuh.

Jalur yang Patut Diperhatikan

Namun, diperlukan kehati-hatian ekstra karena jalur ini curam. Setelah melewati batuan yang licin, ada satu tantangan lagi, yaitu melewati karang yang dihuni ribuan bayi kepiting transparan berukuran sekitar 5 mm. Meskipun bukan koloni kepiting merah yang terkenal di Christmas Island, melewati karang ini dengan kaki telanjang bukanlah hal yang mudah.

Penduduk sekitar biasanya mengambil bayi kepiting ini untuk dimasak dan dinikmati sebagai makanan pendamping nasi hangat saat musim hujan. Saat beruntung, pengunjung juga dapat menyaksikan ratusan kupu-kupu berkumpul di bebatuan kering.

Akhirnya, Anda akan tiba di Pantai Jogan. Dengan langit senja yang berwarna ungu sebagai latar belakang, Anda akan menatap luasnya Samudera Hindia, menyaksikan ombak bergulung yang siap menelan segala hal. Sementara di belakang Anda, suara air terjun menggelegar di telinga, menandakan derasnya aliran air yang jatuh.

Jangan merasa takut, nikmati saja percikan air yang ramah ketika kakimu menyentuh batuan karang yang keras. Menyambut Anda dengan lembut sebelum Anda membuka tirai air dan masuk ke "grobogan" atau peraduan air terjun. Dengan segarnya air tawar dari sungai-sungai rahasia di perbukitan karst, Anda akan merasa seolah mitos kekeringan Gunungkidul hanyalah cerita belaka. Sebenarnya, daerah ini memiliki banyak sumber air yang tersembunyi di dalam perut bumi.

Pantai Jogan adalah oase kesegaran, seperti garnish di atas hidangan yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda dari surga pesisir selatan Jogja.

Tips Berkunjung

Tips untuk mengunjungi Pantai Jogan adalah datang pada puncak musim hujan (Desember - Januari) karena debit air terjun akan sangat kecil pada musim kemarau.

Rute Ke Pantai Jogan

Untuk mencapai Pantai Jogan dari Yogyakarta, Anda dapat mengikuti rute sebagai berikut:

Yogyakarta - Ringroad Jalan Wonosari - Pasar Piyungan - Patuk - Gading (lapangan terbang) - Siono (bundaran lurus saja melalui Kota Wonosari) - Pemda Gunungkidul - Pasar Wonosari - Setelah pasar, di pertigaan kedua belok ke kanan menuju Jalan Baron - Karangrejek - Mulo (ada pertigaan ambil kiri ikuti papan penunjuk arah menuju Pantai Siung) - Tepus (ada pertigaan kalau ke kanan menuju Pantai Indrayanti, ambil ke kiri menuju Pantai Siung dan Pantai Wediombo) - Gesing - Purwodadi (ada pertigaan ambil kanan menuju Pantai Siung) - Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Di sana, ada beberapa pintu masuk ke kawasan pantai lain seperti Pantai Timang dan Pantai Jogan.