86349 Hidden Gemnya Yogyakarta nan Eksotis: Pantai Watu Lawang - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Hidden Gemnya Yogyakarta nan Eksotis: Pantai Watu Lawang

Wisata Pantai Watu Lawang sangat cocok untuk anda yang sedang membutuhkan referensi liburan bersama keluarga, pacar, sahabat, atau bahkan solo trip di Yogyakarta. Pantai Watu Lawang yang menyimpan keindahan tidak akan membuat liburan anda membosankan. Meski pantai ini diapit oleh beberapa pantai yang juga populer nan indah, namun pantai Watu Lawang ini tidak kalah mempesona.

Sejarah Pantai Watu Lawang

pantai watu lawang
Pantai Watu Lawang memiliki arti tersendiri yang perlu anda ketahui sebelum mengunjungi wisata ini. Watu Lawang terdiri dari dua kata yaitu “Watu” yang berarti Batu dan “Lawang” yang berarti Pintu. Hal ini dikarenakan, untuk masuk ke pantai ini anda harus melewati lorong yang berbentuk pintu yang terbuat dari dua buah batu. Sehingga hal tersebut menjadi pintu masuk ke Pantai ini. Dua buah batu ini biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk Upacara Adat Sadranan yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijriah atau kalender Islam untuk pengucapan rasa syukur.

Lokasi Pantai Watu Lawang

Sebagai pengunjung tentu saja perlu tahu terlebih dahulu lokasi pantai nan indah ini. Pantai ini terletak di Desa Tapus, Kecamatan Tapus, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Lokasi ini memang cukup tersembunyi, maka tidak heran kalau pantai ini viral dengan sebutan “Hidden Gemnya Yogyakarta”.

Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan melewati Pantai Indrayanti. Tidak perlu khawatir, karena lokasi dari Pantai Watu Lawang ini bisa di akses melalui Google Maps. Jadi, jangan takut akan tersesat nantinya. Untuk akses jalan menuju pantai ini masih cukup sempit, kecil dan jalurnya menggunakan paving block. Kendaraan yang bisa masuk hanya roda empat dan roda dua. Akan tetapi, kendaraan roda empat perlu lebih hati-hati jika berpapasan satu sama lain karena akses yang cukup sulit. Hal ini akan terbayar dengan keindahan yang disimpan oleh Pantai Watu Lawang ini.

Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Agar dapat memasuki pantai watu lawang ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah saja yang harus dibayarkan di pos retribusi. Dengan harga yang begitu murah, anda dapat menikmati keindahan nan mempesona pantai ini.

Pantai watu lawang ini buka selama 24 jam, sehingga para pengunjung bisa menikmati sunrise, sunset atau bahkan terpaan angina sejuk di bawah cahaya bulan.

Keindahan Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang ini menawarkan keindahan pantai yang tersembunyi dibalik bukit dan batu karang di sebelah Timur pantai Indrayanti. Pasir putih yang bersih dan suguhan pesona pantai yang masih perawan dan asri menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Hamparan biru dan hijau menghiasi alam sekitar pantai Watu Lawang ini. Pantai Watu Lawang ini bagaikan permata yang terselip dengan dikelilingi oleh batu karang dan bukit kapur yang diselimuti dengan hutan pandan hingga menyajikan laut yang tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Anda dapat menikmati angina laut dan deburan ombak yang merdu, ditambah suasana yang sepi dan tenang memang sangat melekat di Watu Lawang ini. Anda dapat bermain ombak dan berlarian di tepi pantai dengan senasasi hangat dan lembut pasir pantai nan putih.

Pantai ini dibagi menjadi dua bagian berdasarkan letaknya yaitu pada bagian sebelah barat, pantai tidak begitu luas namun untuk bagian kedua disebelah Timur memiliki area yang lebih luas dan biasanya digunakan sebagai tempat untuk camping atau perkemahan.

Pantai watu lawang ini memiliki pesona keindahan yang lebih bagus lagi jika dilihat diatas bukit kapur. Akses menuju bukit kapur ini melalui jalan setapak dan anda akan melihat hamparan laut yang indah dan alam yang begitu sempurna dipahat oleh Tuhan.

Pantai ini terdiri dari banyak batu karang dan bukit kapur yang menjadi daya tarik dan tempat yang cocok untuk spot berfoto ria mengabadikan momen yang indah ini. Setiap penjuru dari pantai ini sangat cocok dan instragramable untuk anda jadikan tempat berfoto. Maka anda hanya perlu memilih antara laut atau bukit untuk objek foto anda. Keduanya tak kalah menarik. Anda tinggal mencari sudut dan cahaya yang bagus dan yeay foto liburan anda siap dibagikan.

Fasilitas Pantai Watu Lawang

Pantai watu lawang ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan dapat digunakan oleh para pengunjung sebagai pendukung liburan, yaitu:

  1. Kamar mandi yang tersedia dan dapat digunakan oleh para pengunjung
  2. Musholla bagi para pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah
  3. Lahan parkir yang tersedia bagi para pengunjung yang membawa kendaraan
  4. Gazebo untuk pengunjung yang ingin menikmati dan memanjakan mata akan pesona keindahan pantai
  5. Warung makanan yang menyediakan beberapa jenis makanan yang dapat disantap oleh pengunjung sambil menikmati terpaan angin sejuk pantai Watu Lawang
  6. Penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam di Pantai ini. Lokasi penginapan tidak terlalu jauh dari lokasi pantai ini. Kisaran penginapan mulai dari 250 ribu-350 ribu rupiah.

Saran

Ada beberapa hal yang anda perlu perhatikan sebelum datang ke Pantai Watu Lawang ini, yaitu:

  1. Usahakan untuk datang ke tempat wisata ini menggunakan sepeda motor karena mengingat akses jalan yang lumayan sempit
  2. Usahakan datang sebelum jam 15.00 WIB agar menghindari air laut yang pasang

Sekian ulasan mengenai Hidden Gem Yogyakarta, si pantai nan indah. Semoga dapat membantu anda dalam mencari refrensi tempat liburan.

Post a Comment