86349 Goa Jomblang Yogyakarta - Estetik Unik dan Buat Takjub - Payana Dewa
Notifikasi

Goa Jomblang Yogyakarta - Estetik Unik dan Buat Takjub

Wisata Goa Jomblang cukup menantang dibandingkan goa-goa lainnya. Karena Goa Jomblang memiliki bentuk vertikal. Bagi wisatawan yang terbiasa memicu adrenalin, Goa Jomblang ini merupakan tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi.

Goa Jomblang Yogyakarta

Daya Tarik Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang terbentuk karena terjadinya runtuhan tanah dan vegetasi, yang diakibatkan oleh proses geologi.

Runtuhan ini menghasilkan sumuran atau sinkhole dengan panjang mulu goa sekitar 50 meter. Maka dari itu terbentuklah Goa Jomblang dan menjadi tempat konservasi tumbuhan purba yang terdapat di dasar goa.

Untuk dapat menjelajahi Goa Jomblang, membutuhkan alat khusus dan keahlian. Karena Goa Jomblang merupakan goa vertikal.

Aktifitas Seru

Aktifitas vertical caving akan memacu adrenalin para wisatawan, ada empat jalur yang akan di lalui dengan kedalaman masing-masing yang berbeda.

Untuk para pemula bisa melewati jalur 15 meter, sedangkan untuk yang sudah lihai atau ahli dalam aktifitas ini bisa melewati jalur setinggi 80 meter, 60 meter dan 40 meter.

Untuk jalur 15 meter dapat dilalui oleh wisatawan dengan cara berjalan kaki, walau medannya cukup terjal. Setelah sampai di dasar goa, pengunjung akan terposana melihat pemandangan indahnya yang berada di mulut goa.

Vegetasi Tumbuhan Purba

Pada bagian bawah atau yang kita lalui, terdapat berbagai vegetasi tumbuhan purba yang cantik dan rimbun. Kemudian di lorong goa wisatawan dapat melihat lorong goa yang dihiasi stalaktit dan stalagmit di bagian atas.

Pada perjalanan menuju 300 meter, wisatawan akan melihat luweng Grubug. Di sini wisatawan akan menikmati pemandangan yang sering disebut yaitu cahaya surga Go Jomblang, yang sering di unggah di media sosial. Istilah cahaya surga disebut karena, cahaya matahari yang masuk dari atas goa yang membuat seolah-akan seperti cahaya surga.

Pemandangan Indah

Pemandangan yang dibuat oleh lantunan cahaya matahari, membuat silauan kontras ke dalam goa yang sangat gelap, dan membuat pengunjung terpesona melihat indahnya cahaya tersebut.

Untuk menikmati keindahan cahaya surga ini, wisatawan bisa melihat pada pukul 10.00 - 12.00 siang. Dimana pada saat itu cahaya matahari tepat berada di mulu Goa Jomlbang dan dengan catatan cuaca harus benar-benar bagus dan cerah.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi goa tidak perlu khawatir. Sebab petugas dan pengolola Goa Jomblang sudah mempersiapkan peralatan untuk vertical caving, yaitu Single Rope Technique atau SRT, dan beberapa perlengkapan keamanan serta pemandu yang akan membawa wisatawan dengan aman.

Harga Tiket Goa Jomblang

Untuk masuk ke wisata Goa Jomblang tidak dikenakan biaya apapun atau gratis. Jika ada yang membawa peralatan vertical caving sendiri hanya menampakkan dan meminta izin saja kepada pengelola Goa Jomblang.

Namun jika wisatawan tidak mempunyai peralatan bisa saja dengan menyewa kepada pengolola dengan bayaran senilai Rp. 450 ribu hingga 1 juta per orang. Harga ini termasuk paket vertical caving yang lengkap dengan pemandu, peralatan serta makan siang.

Jika pengunjung membawa kendaran seperti motor akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp. 3.000 dan untuk yang menggunakan ponsel Rp. 5.000.

Fasilitas disana juga menyediakan tempat ibadah, seperti Mushola, toilet atau kamar mandi. Dan untuk meletakan barang bawaan bisa dititipkan di tempat penitipan yang berada di rumah pengelola Goa Jomblang.

Rute Goa Jomblang

Untuk jarak tempuh Goa Jomblang dari Yogyakarta sekitar 50 km, dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit saja.

Perjalana menuju Goa Jomblang dapat melalui jalan jogja Wonosari, jalan kalisuci, jalam jomblang.

Berikut rincian perjalanan dari pusat Yogyakarta ke Goa Jomblang:

Rute ke Goa Jomblang dari Pusat Yogyakarta:

1. Mulai dari pusat Yogyakarta, Anda harus menuju arah selatan ke jalan menuju Wates atau Jalan Imogiri Timur.

2. Terus ikuti jalan menuju Wates atau Jalan Imogiri Timur. Anda akan melewati kawasan perumahan dan pedesaan.

3. Setelah beberapa kilometer perjalanan, Anda akan mencapai pertigaan yang disebut T-junction Palbapang. Di sini, belok kiri menuju jalan Palbapang dan lanjutkan perjalanan.

4. Ikuti jalan Palbapang hingga mencapai pertigaan berikutnya yang disebut Jombor Terminal atau Terminal Jombor.

5. Di Jombor Terminal, ambil arah kiri menuju jalan menuju Wonosari atau Jalan Raya Jombor - Wonosari. Tanda-tanda ke arah Goa Jomblang biasanya sudah dipasang untuk membantu navigasi.

6. Lanjutkan perjalanan di jalan Raya Jombor - Wonosari. Anda akan melewati daerah perbukitan dan pemandangan pedesaan yang indah.

7. Setelah sekitar 25 kilometer dari Yogyakarta, Anda akan melihat pertigaan yang disebut T-junction Semanu. Di sini, belok kanan menuju jalan ke Semanu.

8. Lanjutkan perjalanan di jalan menuju Semanu hingga Anda mencapai pertigaan berikutnya yang disebut T-junction Playen.

9. Di T-junction Playen, belok kiri menuju arah Playen. Anda akan melewati beberapa daerah wisata alam di sepanjang perjalanan.

10. Ikuti jalan menuju Playen hingga Anda mencapai pertigaan berikutnya yang disebut T-junction Bantul.

11. Di T-junction Bantul, belok kanan menuju arah Bantul. Lanjutkan perjalanan sekitar 1 kilometer, dan Anda akan melihat papan penunjuk arah ke Goa Jomblang.

12. Ikuti tanda-tanda menuju Goa Jomblang dan ikuti jalan setapak yang membawa Anda ke lokasi parkir Goa Jomblang.