Notifikasi

Loading…

Aneka Jenis Jamu Bali yang Dipercaya Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Bali merupakan salah satu destinasi yang mempunyai tradisi dan kuliner yang unik. Di Pulau Dewata ini masih menjunjung tinggi pengobatan alami yang berbasis herbal. Salah satu jenis pengobatan herbal yang lazim ditemukan di Bali adalah Jamu khas Bali . Anda bisa menemukan aneka jenis jamu Bali yang berkhasiat tinggi untuk tubuh ini dengan mudah. 

Jamu adalah minuman tradisional yang terbuat dari bahan seperti akar-akaran, rimpang, daun daunan, dan tanaman obat lainnya.  Pulau dewata menyimpan aneka jenis jamu Bali yang dapat dikonsumsi wisatawan saat berkunjung ke Pulau eksotis tersebut.

Keunikan Aneka Jenis Jamu Bali

Jamu di Pulau dewata ini menyimpan berbagai macam keunikan, karena bahan dasarnya merupakan rempah khas Bali. Komposisi tersebut membuat jamu yang satu ini mempunyai rasa yang cukup kuat. Meskipun memiliki rasa yang kuat, jamu khas Bali ini menyimpan berbagai manfaat jika dikonsumsi secara teratur. Diantaranya adalah memperkuat daya tahan tubuh, melancarkan saluran pencernaan hingga peremajaan kulit.

Tak hanya itu, jamu ini juga memiliki rasa yang cukup menyegarkan. Jamu khas Pulau Dewata ini dibeberapa tempat menjadi minuman favorit bagi warga lokal.

Memiliki Nilai Kearifan Lokal

Minuman herbal khas Pulau Dewata ini juga dikenal sebagai simbol yang menjaga kearifan lokal. Jadi dengan terus melestarikan jamu ini, masyarakat bukan hanya menjaga kesehatannya melainkan turut menjaga kearifan lokal dari tradisinya secara turun temurun.

Minuman herbal ini telah diturunkan dari zaman dahulu sehingga pengetahuan mengenai minuman herbal ini terjaga dan tetap dirasakan manfaat yang sama dari generasi ke generasi. 

Merasakan jamu menjadi suatu hal yang patut dicoba bagi wisatawan untuk menikmati sensasi tersendiri minuman yang telah diwariskan secara turun temurun. Wisatawan dapat menemukan minuman tradisional ini di warung-warung pinggir jalan sampai pada restoran yang menyediakan menu autentik bali.

Kombinasi jamu yang hangat dan menyehatkan dipadukan dengan kedamaian khas Bali dan pemandangan yang eksotis menjadi sensasi tersendiri saat menikmati jamu khas bali ini . 

Aneka Jenis Jamu Bali, dari yang segar sampai beralkohol

Bali memang kaya akan kuliner tradisionalnya termasuk aneka jenis jamu, berikut merupakan beberapa jenis jamu tradisional bali yang terkenal :

Loloh Cemcem

aneka jamu khas bali untuk kesehatan

Jamu yang satu ini merupakan minuman tradisional yang terkenal di Bali. Loloh Cemcem sendiri merupakan minuman tradisional yang terbuat dari daun cemcem yang dikeringkan kemudian diolah secara tradisional.

Jamu loloh cemcem ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang segar. Minuman yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi penyakit kembung dan memperlancar peredaran darah.

Loloh cemcem memiliki nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat bali. Penggunaan daun cemcem sebagai herbal yang digunakan untuk mengobati penyakit telah diturunkan sejak zaman dahulu. Dengan nilai budaya yang tinggi loloh cemcem juga sering dihadirkan saat ada upacara adat.

Brem

Jamu khas bali yang memiliki manfaat lainya adalah brem. Brem terbuat dari ketan yang difermentasi menggunakan ragi. Dikarenakan minuman ini hasil fermentasi, brem ini memiliki kandungan alkohol sebanyak 5%.

Brem memiliki rasa manis dengan konsentrasi rasa asam yang cukup pekat. Meskipun demikian mengkonsumsi minuman yang satu ini masih enak dan menyegarkan. Brem biasanya disajikan dalam botol kecil ataupun gelas kecil. Waktu yang cocok untuk mengkonsumsi brem adalah sore hari menuju malam hari. Brem juga eksis hadir dalam upacara keagamaan ataupun acara adat yang ada di Bali.

Loloh Kunyit

Minuman Khas bali yang satu ini merupakan salah satu jamu yang terbuat dari bahan dasar kunyit. Cara membuat minuman yang satu ini masih tergolong tradisonal. Pertama-tama bersihkan kunyit dari kotoran, kemudian parut kunyit sampai halus, lalu campurkan kunyit, asam jawa dan gula merah kedalam air mendidih. Seatelah benar-benar matang, loloh kunyit siap dinikmati.

Loloh kunyit berkhasiat untuk memperkuat daya tahan tubuh, selain itu khasiat dari minuman khas bali ini juga bisa untuk meredakan nyeri haid pada perempuan. Selain khasiatnya yang mujarab, Loloh kunyit juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Penutup

Jika Anda berkunjung ke Bali, jangan lupa mencoba aneka jenis jamu tradisional Bali sebagai salah satu pengalaman kuliner yang unik dan berbeda. Anda dapat menemukan minuman ini di toko-toko tradisional atau pasar-pasar di Bali. 

Post a Comment