Notifikasi

Loading…

Menikmati Soto Bali yang Berbeda dari Soto Lainnya

Bali merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia yang bukan saja menawarkan pesona alam dan budaya yang khas. Bali juga menawarkan keanekaragaman kuliner yang menggugah selera. Soto Bali merupakan salah satu kuliner khas Pulau Dewata.

Soto yang satu ini merupakan perpaduan lengkap dari bumbu khas pulau dewata yang dipadukan dengan daging dan rempah lainya sehingga tercipta kesegaran yang luar biasa. Kuah kuliner khas bali menjadi unik, karena bisa ditambahkan santan agar rasanya menjadi gurih.

soto khas bali

Penyajian

Dalam penyajianya, soto khas pulau dewata biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, potongan kol dan potongan tomat. Di beberapa tempat, emping dan bawang goreng menjadi pelengkap untuk menikmati hidangan yang satu ini. Soto yang satu ini juga memiliki berbagai macam variasi seperti soto daging, kulit, tulang dan babat sehingga anda bisa memilih sendiri varian mana yang disukai.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati soto khas pulau dewata ini adalah malam hari, suasana yang tenang serta udara dingin pulau dewata pada malam hari sangat cocok untuk menikmati setiap suap dari kehangatan kuliner yang satu ini.

Selain itu, soto yang satu ini juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai warung makan dan restoran di Pulau Dewata, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk kesulitan menemukan makanan khas Bali ini. Soto yang satu ini juga memberikan pengalaman kuliner yang unik dan memuaskan bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi keanekaragaman kuliner khas pulau dewata.

Keunikan Soto Bali

Soto Bali memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan beberapa hidangan sejenis lainya. Kuliner khas bali ini memiliki ciri khas dengan banyaknya rempah bali yang masuk dalam kuah. Rempah kompleks yang dimasukan menjadikan rasa dari kuliner ini menjadi kuat dan memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Berbahan dasar daging Babi

Bahan dasar daging Babi bagi kuliner yang satu ini merupakan hal yang lazim di Pulau Dewata. Karena itu soto yang satu ini menggunakan potongan babi cincang yang kemudian dimasak bersama rempah kemudian disajikan bersama kuah bening berminyak. Rasa dari rempah dalam soto yang satu ini sangat kuat dan memberikan kehangatan ekstra saat kuah tersebut meluncur di tenggorokan

Dilengkapi nasi Putih dan irisan Tomat

Sajian soto bali memeilki keunikan tersendiri, soto bali disajikan dengan nasi putih hangat, potongan kol , emping , potongan tomat serta bawang goreng yang melimpah untuk memberikan perpaduan rasa yang membuncah di mulut.

Kaya rempah dan gurih

Soto Bali juga memiliki kekayaan akan rempah yang masuk kedalam bumbu dasarnya. Dilengkapi dengan rempah khas Pulau Dewata, menjadi soto yang satu ini memiliki rasa gurih dan hangat jika memasuki tenggorokan. Rempah yang dipakai juga hanya rempah dengan kualitas tinggi agar tidak mengurangi cita rasa dari soto itu. Sehigga kenikmatan akan sotonya masih terjaga dari dulu sampai sekarang.

Tak heran dengan kombinasi rempah dan rasa yang gurih, soto bali menjadi favorit bagi orang-orang yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Perbedaan Soto Bali dan Soto Jawa

Soto merupakan sebuah hidangan berbahan dasar daging dengan tampilan sup yang lazim ditemukan di seluruh wilayah indonesia, meskipun ditemukan dengan nama yang berbeda, soto tetap menjadi favorit bagi orang indonesia dari dulu sampai sekarang. Salah satu perbedaan yang mencolok antara soto Bali dan soto Jawa adalah bahan yang digunakan.

Perbedan yang mencolok antara soto jawa dan bali salah satunya terletak pada bahan dasarnya. Mayoritas Soto Jawa dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam atau daging sapi. Sedangkan di Bali soto lebih ragam isiannya, mulai dari daging ayam hingga menggunakan daging babi. 

Selain itu, makanan berkuah asal jawa cenderung memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan khas Bali. Penggunaan rempah khas Pulau Dewata yang begitu mencolok membuat kuliner satu ini terasa sangat begitu berempah dan beraroma 

Dalam penyajianya, soto jawa disajikan bersama bihun, serta lontong. Semetara itu kuliner khas pulau dewata ini cenderung hanya diisi daging dengan sayuran, tanpa bihun didalamnya.

Penutup

Bagi Anda yang mencintai kuliner yang berempah, maka Soto Bali dapat masuk ke dalam bucket list wisata kuliner. Bumbu Bali yang terkenal dengan beragam rempahnya memberikan sensasi rasa soto yang berbeda. Lezat dan menyehatkan tentunya, silahkan dicoba!

Post a Comment