Menghadiri Upacara Melasti, Upacara Pembersihan Spiritual di Pantai Sanur - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Menghadiri Upacara Melasti, Upacara Pembersihan Spiritual di Pantai Sanur

Tidak hanya terkenal dengan keindahannya, Pantai Sanur pun populer sebagai salah satu lokasi untuk ritual Upacara Melasti.

Upacara Melasti rutin dilakukan menjelang hari raya nyepi ini kerap dilakukan di Pantai Sanur. Ritual itu pun menjadi salah satu daya tarik dari salah satu pantai fenomenal di Bali.

Tertarik untuk menghadiri Upacara Melasti di Pantai Sanur? Sebelumnya mari kita mengenal upacara ritual pembersihan spiritual ini terlebih dahulu yu!.

upacara melasti

Mengenal Upacara Melasti

Upacara Melasti merupakan salah satu rangkaian menuju Hari Raya Nyepi. Ritual melasti merupakan ibadah penyucian diri yang dilakukan oleh umat Hindu sebelum menyambut Tahun Baru Saka.

Rangkaian ibadah ini dilaksanakan sebelum ibadah Tawur Kesanga dan Nyepi yang didalamnya terdapat Catur Brata Penyepian. Ritual Melasti atau dikenal pula sebagai Mekiyis umumnya dilakukan di pura yang berdekatan dengan sumber air kehidupan atau tirta amertha. Masyarakat Bali percaya air kehidupan berasal dari laut, danau, atau sungai.

Rangkaian Ibadah Melasti

Melasti memiliki serangkaian proses sebelum upacara puncak pensucian diri. Sebelum Melasti dimulai, Umat Hindu terlebih dahulu melaksanakan persembahyangan yang dipimpin oleh seorang Romo dan Pinandita. Pada acara sembahyang tersebut, Romo dan Pinandita memimpin doa-doa dan membacakan kitab yang akan didengar oleh jemaat yang sedang beribadat

Setelah itu, umat Hindu akan menuju ke laut atau tirta amertha lainnya untuk melakukan penyucian diri. Pada saat upacara tersebut dilakukan, sesaji berupa hewan ternak berkaki dua serta bunga akan dilarung atau dihanyutkan oleh pemimpin upacara.

Larung sesembahan merupakan wujud penghormatan pada semesta alam. Setelah persembahan dilarung atau dihanyutkan, para Pinandita kemudian mengambil air laut yang digunakan untuk menyucikan umat Hindu dan Pralingga atau alat-alat persembahyangan.

Lebih dari sekedar mensucikan diri, Melasti merupakan simbol untuk menghilangkan penderitaan dan nestapa serta mencegah kerusakan alam. Ritual ini pun dilakukan dalam rangka meningkatkan Bhakti pada Dewata. Hal tersebut tertulis dalam lontar Sunarigama.

Upacara Melasti di Pantai Sanur

Pantai Sanur merupakan salah satu dari tirta amerta yang digunakan dalam Upacara Melasti. Melasti biasa dilakukan oleh umat Hindu tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi.

Pada ritual ini, Umat Hindu berjalan beriringan dari Pura Desa atau Pura Bale Agung yang terdapat di tiap-tiap desa adat. Iring-iringan ini sangat menarik untuk disaksikan, dan tentunya atraksi budaya jelang hari raya Nyepi ini sangat diminati oleh para wisatawan.

Tidak hanya sekedar iring-iringan manusia, para umat Hindu pun mengarak pratima (patung sakral dewa) maupun tapakan barong (simbol leluhur atau pelindung di masing-masing desa adat) menuju pantai.

Setelah sampai di pantai Sanur, para umat Hindu bersembahyang dan melarungkan pakelem atau sesajen untuk memuja Ida Sanghyang Baruna. Ida Sanghyang Baruna merupakan wujud manifestasi Tuhan sebagai penguasa lautan. Setelah itu, para umat pun menyucikan diri.

Upacara ini sarat akan nilai simbolis. Hakikat Melasti, penyucian diri di lautan lepas sebagai salah satu dsri tirta amertha adalah unsur penerimaan bagi umat, seperti halnya lautan yang rela menerima hal baik dan buruk. Begitupun manusia, menyongsong tahun baru saka, hal yang baik dan buruk akan terus mengikuti. Poin pentingnya adalah menerima hal tersebut secara ikhlas.

Upacara Melasti yang berlangsung di Pantai Sanur biasanya berlangsung sangat ramai. Polisi resmi maupun Pecalang atau polisi adat turun untuk mengamankan ritual keagamaan jelang Hari Raya Nyepi.

Meski ramai, wisatawan tetap dapat menikmati kekhidmatan upacara yang berada di tepi pantai ini. Suara alunan gamelan dan tarian sesembahan mewarnai upacara penyucian diri di Pantai Sanur.

Penutup

Upacara Melasti merupakan rangkaian upacara menjelang Hari Raya Nyepi yang rutin dilakukan oleh Umat Hindu. Bertempat di sumber air yang dipercaya sebagai sumber kehidupan termasuk pantai, Anda dapat menyaksikan ritual ini di beberapa pantai.

Pantai Sanur salah satu tempat diadakannya ritual Melasti. Anda akan menyaksikan iringan umat menuju pantai untuk mensucikan diri dan menyaksikan tarian tradisional Bali loh!

Jika Anda ingin menyaksikan bagaimana ritual tahunan ini berjalan, silahkan kunjungi pantai sanur menjelang Hari Raya Nyepi ya!.

Post a Comment