Mencoba 10 Kue Tradisional Bali yang Jarang Dikenal - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Mencoba 10 Kue Tradisional Bali yang Jarang Dikenal

Saat berwisata, rasanya kurang afdol jika melewatkan wisata kuliner makanan khas setempat. Apalagi jika berkunjung ke Bali yang memiliki ragam kuliner menggiurkan, termasuk kue tradisional Bali.

Kue tradisional bali umumnya hadir melengkapi upacara ritual tertentu. Namun jangan khawatir, kue-kue tersebut mudah ditemukan karena kuliner sudah menjadi bagian dari wisata Bali.

Tertarik dengan Kue Tradisional Bali, simak artikel ini sampai tuntas ya!

Ragam Kue Tradisional Bali, Jarang Dikenal Namun Lezat Maksimal!

Pie Bali? Meski bukan kuliner tradisional Bali otentik, kue ini kerap dijadikan buah tangan khas Bali. Namun, tahukah Anda banyak ragam kue tradisional Bali yang rasanya tidak kalah lezat dari pie Bali.

Saat Anda ke Bali, kami sarankan untuk mencicipi kue-kue berikut. Dijamin tidak akan menyesal dan tentunya akan menambah khazanah pengalaman wisata kuliner Bali. Berikut rekomendasi kue-kue khas Bali:

1. Pisang Rai

Terbuat dari pisang yang dibalut dengan tepung, jajanan ini memiliki rasa manis. Berpadu dengan santan dan kelapa, menambah kelezatan jajanan pasar khas Bali ini. Jika Anda ingin mencicipi panganan satu ini, cobalah bermain ke pasar tradisional untuk mendapatkannya.

2. Laklak

kue tradisional khas bali - laklak

Laklak dikenal sebagai serabi Bali. Berbentuk bundar, kue ini terbuat dari tepung beras, kayu sugih dan kapur sirih. Kue khas Bali ini disajikan dengan tambahan parutan kelapa dan gula merah serta sedikit garam sehingga rasanya gurih cenderung legit. Anda dapat menemukan jajan pasar ini di semua pasar tradisional di Bali.

3. Kali Adrem

Mirip seperti kue cincin atau cucur yang berbentuk segitiga, Kaliadrem terbuat dari tepung beras. Rasa kue khas Bali ini gurih namun cenderung manis. Pasar tradisional adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan Kaliadrem.

4. Cerorot

Berbentuk seperti terompet, cerorot atau jeje cerorot memiliki rasa yang legit. Kue ini pun merupakan kue yang selalu hadir dalam acara khusus seperti persembahyangan dan pesta pernikahan. Meski kue khusus acara sesembahan, namun keberadaan kue ini mudah ditemui kok, jangan khawatir kesulitan menemukan kue khas Bali ini ya.

5. Bendu

Berisi unti, bendu merupakan jajanan yang paling diburu. Adonan menyerupai kulit dadar gulung yang terbuat dari ketan, kemudian diisi dengan unti dan digulung selayaknya dadar gulung. Rasa unti yang manis gurih bercampur dengan aroma pandan menjadi ciri khas Bendu yang lezat. Anda tidak akan cukup mencicipi satu Bendu saja, karena jajanan ini bikin nagih.

6. Abugsari

Memiliki bahan dasar yang mirip dengan Bendu, Abugsari menawarkan rasa lain dari ketan. Jajanan khas Bali ini dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepung ketan berisi gula merah ini dibungkus tum (pepesan). Aroma daun pisang, kenyalnya ketan berpadu dengan legitnya gula merah akan memanjakan lidah Anda.

7. Jeje Sumping

Panganan tradisional Jeje Sumping ini boleh disebut sebagai nagasari khas Bali. Seperti halnya nagasari, jeje sumping terbuat dari adonan tepung beras yang berisikan potongan pisang. Kue ini merupakan kue khas Bali yang wajib ada pada saat upacara adat atau pesta pernikahan.

8. Jeje Begina

Rengginang atau jeje begina merupakan salah satu jajanan pasar khas Bali yang rasanya gurih dan garing. Karena panganan ini garing, maka jeje begina dapat anda jadikan buah tangan dari Bali.
Selain itu Jeje Begina pun biasa disuguhkan dalam upacara adat sebagai makanan sesajen.

9. Jeje Bantal

Terbuat dari ketan, jeje bantal hampir mirip dengan bacang. Isian jeje bantal pun beragam dari mulai pisang, kacang hijau, ataupun kacang merah. Dibungkus dengan janur, jeje bantal dimasak dengan cara dikukus atau direbus hingga matang. Daun janur memberikan rasa khas pads jeje bantal ini. Selain sebagai jajanan pasar, kue ini biasa tersaji pada saat hantaran upacara pernikahan, jamuan tamu dan sesajen pada upacara adat.

10. Jagung Urap

Bali merupakan pulau agraris, apalagi di kawasan Bali Utara yang terkenal akan pertaniannya. Jagung merupakan salah satu hasil selingan palawija dari Bali. Masyarakat Bali memanfaatkan Jagung dengan mengolahnya menjadi Jagung urap sebagai kudapan. Cita rasa jagung yang khas berpadu dengan gurihnya parutan kelapa dan taburan gula membuat cemilan ini cocok dikonsumsi di kala senggang.

Penutup

Berwisata tidak hanya sekedar menikmati alam dan suasana semata, lengkapi wisata dengan mencicipi kuliner khas. Saat Ke Bali cobalah kue tradisional Bali yang unik. Meski jarang dikenal, kue tradisional tersebut sangat mudah ditemukan di pasar tradisional Bali.

Anda bisa mencicipi jajanan pasar Bali yang rasanya dominan legit gurih di pasar tradisional, jangan lupa mampir.

Post a Comment