Notifikasi

Loading…

5 Wisata Alam di Yogyakarta yang Menyegarkan Pikiran

  


Yogyakarta adalah salah satu daerah istimewa di Indonesia yang masih kental akan budaya Jawanya. Santun dan ramah telah menjadi branding bagi penduduknya. Selain itu, Jogja juga terkenal dengan daerah wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya.

Adapun wisata alam yang begitu banyak di Yogyakarta adalah pantainya, karena secara geografis Jogja terletak di pesisir selatan Jawa. Namun, kali ini kita tak hanya membahas pantai, akan tetap juga wisata alam lainnya yang berada di Yogyakarta. 

Jika Anda ingin berlibur di Yogyakarta pastikan Anda tidak melewatkan lima wisata alam ini. Karena selain view nya yang indah, juga suasananya yang sangat menenangkan. Sehingga sangat tepat untuk melepas kepenatan Anda. 

Baiklah, langsung saja berikut ini 5 wisata alami di Jogja.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Jika Anda menginginkan wisata alam dengan udara yang sejuk serta bermain air yang segar maka Air Terjun Sri Gethuk ini cocok untuk Anda. Destinasi air terjun ini terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selain airnya yang segar juga pemandangannya yang luar biasa. Air terjun ini dikatakan mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Karena sama-sama adanya air terjun dan sungai di bawahnya diapit dua tebing bebatuan yang sangat indah. 

Selain itu di tengah percikan air terjunnya tampak biasan cahaya sehingga terlihat seperti pelangi yang indah. Jika Anda berlibur di Yogyakarta wajib berkunjung ke destinasi alam ini.    

2. Kedung Pedut

Kedung Pedut bisa dikatakan sebagai bentuk waterpark alami. Karena memiliki banyak kolam alami serta air terjun yang tingginya 15 meter. Lokasi kedung ini terletak di Kulon Progo, Yogyakarta, tepatnya di Desa Jatimulyo. 

Airnya yang segar, bersih dan berwarna turqois menjadi daya tarik dari kolam alami ini. Meskipun akses menuju wisata alam ini sedikit melelahkan, akan terbayar ketika sampai di kedung ini karena selain sejuk, mata Anda akan dimanjakan dengan view alam yang mengagumkan.

3. Pantai Parangkusumo

Suasana yang romantis di Pantai Parangkusumo membuat pantai ini dijuluki ‘pantai cinta’. Salah satu ikon dari pantai ini adalah adanya Batu Cinta yang diatasnya terdapat bunga tujuh rupa. 

Yang mana batu tersebut dipercaya sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dan Ratu Kidul. Sehingga sangat cocok Anda berkunjung di pantai ini bersama pasangan Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana pantai dengan menaiki kereta kuda yang berjalan dari arah timur ke barat.

4. Goa Jomblang

Goa ini terletak di Gunung Kidul Yogyakarta. Menurut sejarah, Goa ini telah terbentuk secara alami sejak ribuan tahun yang lalu. Jika Anda memasuki Goa ini Anda akan melihat keindahan cahaya matahari yang masuk ke goa  seperti dalam film-film fantasi. 

Untuk bisa masuk ke dalam goa, harus menggunakan tali yang kuat yang berfungsi sebagai jalan lintasannya. Memang cukup memacu adrenalin untuk memasuki goa ini. Akan tetapi Anda akan merasakan kepuasan tersendiri jika berhasil masuk ke dalam.    

5. Curug Luweng Sampang

Tempat wisata alam Jogja berikutnya adalah Curug Luweng Sampang. Curug ini sangat luar biasa indahnya, sehingga patut dijuluki surga yang tersembunyi di Jogja. Karena Curug ini terdiri dari aliran air yang jernih dari atas dinding batu yang eksotis.

Dinding batunya berwarna coklat serta bercorak garis horizontal yang sangat indah. Ketika Anda bermain ke Curug ini Anda bisa berenang sekaligus menelusuri terowongan yang berada di balik dinding batunya. 

Air Curug yang jernih tersebut bersumber dari Pegunungan Sewu. berasal dari Adapun lokasi Curug ini terletak di Gendangsari Yogyakarta. Berkunjunglah ke Curug in bersama teman Anda agar lebih seru kita bermain airnya yang segar.

Semua tempat wisata tersebut harga tiketnya sangatlah murah, bahkan beberapa ada yang hanya membayar uang parkir saja. Jadi Anda tak perlu khawatir untuk merogoh krocek yang mahal ketika berwisata alam di daerah istimewa ini. 

Itulah lima wisata alam Yogyakarta yang sulit untuk dilupakan. Banyaknya destinasi alam yang indah di Yogyakarta membuat daerah ini mendapat label ‘Jogja membawa kenangan’. Waktunya atur rencana Anda mengukir kenangan bersama orang-orang terkasih.
Post a Comment