Notifikasi

Loading…

Situs Budaya Terbaik Di Indonesia

Negara terpadat keempat di dunia, yang mencakup lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia adalah fenomena budaya yang tiada duanya. Pulau-pulau dan lautan yang membentuk negara ini berisi delapan situs Warisan Dunia UNESCO serta banyak atraksi budaya lainnya, menjadikannya tujuan yang sempurna bagi para pelancong. Temukan 10 destinasi yang harus dilihat dalam panduan perjalanan ke kepulauan Indonesia yang memikat ini.





Candi Borobudur

Sebagai icon untuk Indonesia, Borobudur adalah arah terpopuler untuk beberapa wisatawan. Candi Budha ini berada di Jawa tengah dan datang dari era kedelapan dan kesembilan, pada periode pemerintah Dinasti Syailendra. Mencakup 2.500 mtr. persegi, konstruksi ini tidak lain ialah mengagumkan. 

Dibangun di atas tiga tingkat, bagian-bagian ini dibangun untuk melambangkan tiga bidang yang saling tumpang tindih dalam kosmologi Buddhis; Kamadhatu (alam keinginan), Rupadhatu (alam berbentuk) dan Arupadhatu (alam tanpa bentuk). Javaindah Tours menawarkan tur matahari terbit, memungkinkan pengunjung untuk melihat monumen ini dalam pengaturan cahaya yang optimal.


Sangiran Early Man Site

Diakui sebagai salah satu situs terpenting untuk mempelajari fosil manusia, Sangiran adalah situs di mana setengah dari fosil Hominid dunia telah ditemukan, menjadikannya area penting untuk memahami evolusi manusia. 

Ditempati lebih dari satu 1/2 juta tahun, Sangiran kemungkinan tidak semenarik Borobudur, tapi aura yang melingkari tempat ini sama kuatnya. Museum Sangiran yang baru dibuka pada tahun 2011, menampilkan fosil-fosil ini dan menawarkan wawasan kepada pengunjung tentang pentingnya situs tersebut.


Candi Prambanan 

Kembali lagi berada di Jawa tengah, Candi Prambanan adalah candi Hindu paling besar di Asia Tenggara. Dibuat pada era kesembilan, kompleks ini mempunyai beberapa susunan membubung yang diperuntukkan untuk tiga dewa besar Hindu, Siwa, Wisnu dan Brahma. 

Menara yang mengagumkan ini dihias dengan ukir-pahatan batu yang memvisualisasikan epik Hindu Ramayana versus Indonesia. Dengan pengalaman bertahun-tahun, Great Tours Jogja menawarkan wisata berpemandu ke Candi Prambanan dan Borobudur, menawarkan wawasan tentang sejarah Hindu dan Buddha di Indonesia.


Taman Nasional Komodo

Unik di pulau Taman Nasional Komodo, komodo ialah kadal paling besar di dunia dan dikatakan sebagai 'naga' karena sikap agresif mereka. Walau taman nasional tersebut cantik, meliputi 29 pulau dan simpan beragam flora dan fauna, komodo ialah daya magnet khusus untuk beberapa orang. 

Ke Komodo ialah biro perjalanan yang direferensikan untuk wilayah itu, dan tour mereka tawarkan pengalaman menyelam scuba di perairan sekelilingnya, dan menelusuri pulau untuk menyaksikan fenomena evolusi ini.


Masjid Agung Demak

Salah satu Masjid tertua di Indonesia dan terletak di Jawa Tengah di Demark, Masjid Agung Demak mengungkapkan babak menarik lainnya dalam sejarah keagamaan Indonesia. 

Dipercaya sudah dibuat pada era ke-15, seni susunan yang luas ini menunjukkan ketidaksamaan khusus di antara beberapa masjid Indonesia dan beberapa masjid yang umum diketemukan di Timur tengah, seperti bahan dari kayu, dan atap bertahap yang gantikan kubah Islam yang iconic. 

Krakatau Tours memberikan pelancong tour khusus yang bisa meliputi mushola yang mengagumkan ini, dengan pemandu mereka yang tawarkan wacana mengenai riwayat Islam di Indonesia.


Situs Arkeologi Trowulan

Terletak di Jawa Timur, Situs Arkeologi Trowulan telah ditempatkan dalam daftar sementara UNESCO sebagai 'satu-satunya situs kota zaman klasik Hindu-Budha di Indonesia yang masih dapat ditemukan'. Diduga sebagai pusat lama Kerajaan Majapahit, para pelancong dapat menemukan kuil, kolam, dan bangunan bersejarah di sini, seperti yang telah dilakukan banyak sejarawan saat mereka dengan bersemangat menyusun jigsaw sejarah Indonesia. Lintang Buana Tours telah merancang paket wisata untuk area yang sangat luas ini, menyoroti atraksi yang harus dilihat di Trowulan.


Tana Toraja

Terletak di Sulawesi Selatan, penduduk asli Tana Toraja terkenal dengan budaya mereka yang rumit dan ritual pemakaman mereka, yang dapat berlangsung selama beberapa hari. Saat mengunjungi kawasan ini, wisatawan akan dibuat takjub dengan tongkonan – rumah adat dengan atap berbentuk perahu. 

Konstruksi ini penting bagi budaya Tana Toraja, dengan berbagai jenis yang mewakili sistem hierarki sosial mereka. Sulawesi Pengalaman atur tour daerah Tana Toraja yang hendak mendidik beberapa wisatawan mengenai riwayat Toraja dan bagaimana budaya mereka berbeda sesudah penjajahan Belanda.


Pura Besakih

Dikenal juga sebagai Pura Induk Besakih, Pura Besakih berada di Bali dan terbagi dalam kompleks pura Hindu yang luas. Pura-pura tersebut masih digunakan sampai sekarang, dan selama festival sepanjang tahun Pura Besakih melihat lonjakan penduduk lokal dan turis yang datang untuk merayakannya. 

Dipandang paling suci dari semua monumen Hindu di Bali, tempat suci Pura Penataran Agung ada dalam kompleks candi. Bali Suta menawarkan rencana perjalanan wisata Pura Besakih yang menarik, yang tidak hanya mengunjungi pura tetapi juga lokakarya ukiran kayu lokal dan arsitektur indah dari Paviliun Kertha Gosa di dekatnya.


Ubud

Ubud terkenal sebagai salah satu pusat seni dan budaya utama di Bali, dan menawarkan daftar pengalaman yang tak ada habisnya bagi para wisatawan. Dengan Suaka Rimba Monyet Suci yang populer di dunia dalam capaian dan mempunyai Kebun Raya yang mengagumkan, beberapa museum, restaurant yang tidak ada selesainya, pasar seni dan kerajinan, dan Istana Ubud yang memberikan inspirasi, Ubud pancarkan budaya tradisionil yang memabukkan yang hidup dan ramai. Mengunjungi sejumlah tujuan utama, Bali Star Island menyediakan tur sehari penuh yang memberi pengunjung rasa kekayaan budaya daerah ini.


Palembang

Salah satu kota tertua di Indonesia, Palembang adalah ibu kota dari Sumatera Selatan. Daya tarik utama Palembang adalah Jembatan Ampera yang mengesankan, jembatan angkat vertikal yang menakjubkan secara visual yang ketika dinyalakan di malam hari menciptakan pemandangan yang tak terlupakan di atas Sungai Musi. 

Sementara Jakarta adalah tempat kunjungan yang jelas untuk budaya Indonesia kontemporer, pemandangan Jembatan Ampera yang agak mengejutkan di Palembang menambahkan fasad memikat lainnya pada identitas budaya Indonesia.


Post a Comment