Notifikasi

Loading…

Rekomendasi Wisata Pantai Pacitan, Jangan Sampai dilewatkan

 Pernahkah Anda pergi ke wisata pantai Pacitan? Memang, Bali adalah destinasi laut paling populer di tanah air. Namun, sebenarnya masih banyak daerah lain yang juga mempunyai pesona alam luar biasa.

Salah satunya adalah Pacitan yang mempunyai banyak sekali pantai dengan pemandangan menarik. Tidak hanya menawarkan pasir putih namun juga batu-batu yang mempercantik laut selatan Jawa.

Apakah Anda ingin berlibur ke tepi laut tanpa pengunjung membludak seperti di Bali? Mari menyimak rekomendasi wisata di Pacitan. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan dan berenang, namun juga dapat mencicipi hidangan lezat.



Rekomendasi Wisata Pantai Pacitan Tercantik

Pantai Pacitan cocok dikunjungi oleh siapa saja. Entah itu Anda berangkat sendiri, bersama pasangan, keluarga maupun teman. Pemandangan indah dapat dijadikan latar belakang foto cantik.

  1. Pantai Banyu Tibo

Rekomendasi wisata pantai Pacitan pertama bernama Banyu Tibo, ada alasan mengapa namanya demikian. Dalam bahasa Jawa, Banyu Tibo artinya adalah air jatuh. Di tempat ini, Anda dapat melihat air terjun yang jatuh ke laut.

Air terjun ini bersumber dari air tawar pada bagian bawah tanah perbukitan karst di wilayah sekitar wisata. Kemudian membentuk sungai kecil dan alirannya jatuh ke laut. Fenomena alam yang cantik sekali.

Jika Anda menyukai laut sekaligus air terjun, wisata pantai Pacitan ini bisa menjadi paket liburan lengkap. Banyu Tibo menyediakan pemandangan air terjun, laut jernih, pasir putih bersih dan tebing karang.

Anda dapat bermain-main di bawah air terjun. Namun tidak disarankan berenang ke laut karena ombak tergolong besar. Selain basah-basahan, Anda juga bisa menikmati momen matahari terbenam di Banyu Tibo.

Jika menyukai kegiatan memancing, mungkin bisa ikut dengan penduduk setempat ketika malam hari. Sangat menarik bukan untuk mengunjungi Banyu Tibo? Wisata ini terletak di Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

  1. Pantai Klayar

Wisata pantai Pacitan yang satu ini sepertinya sudah cukup familiar bagi sebagian orang. Klayar merupakan nama yang cukup populer mewakili pantai di Pacitan. Banyak keunggulan ditawarkan oleh wisata ini.

Yakni akses jalan mudah, pemandangan pasir putih cantik, tebing karang dan suara ombak yang menyenangkan. Selain bisa menggunakan sepeda motor, pengunjung dapat pergi ke Klayar secara rombongan dengan menaiki bus.

Klayar mempunyai sejumlah tebing batu mirip sphinx dan karang bolong berjejer secara cantik serta menimbulkan suara unik ketika dilewati oleh ombak. Karang bolong tercipta dari abrasi air laut dan angin.

Pemandangan yang tercipta dari tebing menjulang serupa Sphinx di sekitar Klayar terbilang unik. Sangat jarang sekali sebuah pantai menawarkan pemandangan tebing tinggi semacam ini. Apalagi sampai mengingatkan Sphinx di Mesir.

Di tempat wisata pantai Pacitan ini, pengunjung juga dapat menikmati seruling laut. Yakni sebuah pemandangan alam ketika ombak melewati bebatuan dan air keluar dari lubang. Lantas menimbulkan suara serupa seruling bambu.

Air yang keluar dari lubang dapat meraih ketinggian hingga 10 meter. Ada begitu banyak pemandangan alam ditawarkan oleh Klayar. Tidak heran banyak sekali pengunjung datang ke tempat ini.

  1. Pantai Pidakan

Apakah Anda ingin pemandangan selain pasir putih? Pidakan menawarkan hamparan bebatuan atau kerikil cantik. Warnanya bukan hitam legam, melainkan putih yang serupa dengan pasir.

Anda boleh memainkan kerikil ini tanpa batas waktu. Misalnya mau menyusunnya seperti rock stacking. Namun, tidak diperbolehkan untuk membawa kerikil sebagai oleh-oleh, karena jika semua orang melakukannya tentu kerikil akan habis.

  1. Pantai Soge

Soge ini merupakan wisata pantai Pacitan yang menarik. Umumnya, wisata jenis ini terletak jauh dari jalan raya, harus melewati berbagai medan sulit untuk mencapainya. Namun, Soge bisa diakses dengan mudah.

Lokasinya berada dekat dengan jalan raya. Jika Anda sedang melewati jalan alternatif Pacitan-Trenggalek, bisa mampir sejenak, menikmati pemandangan sambil melepas lelah. Tidak akan rugi untuk mengunjungi wisata ini.

Ada banyak pohon kelapa yang meneduhkan pengunjung. Bahkan jika tertarik ada kolam air tawar alami yang dapat diakses memakai perahu wisata. Sangat menarik menjelajahi danau tersebut.

Kalau ingin mengabadikan momen di wisata pantai Pacitan ini, jangan melewatkan jembatan Soge. Jembatan ini dibangun dengan pipa dan mirip seperti sebuah kubah. Berfoto disini akan mempercantik unggahan akun media sosial Anda.

Apabila datang dari pusat kota, kemungkinan memerlukan waktu kurang lebih setengah jam dengan melalui jarak 24 KM. Anda bisa datang mengendarai sepeda motor maupun mobil.

  1. Pantai Kasap

Apakah Anda ingin mengunjungi Raja Ampat namun terkendala biaya dan waktu liburan? Tidak perlu khawatir, tersedia pantai Kasap yang menyajikan pemandangan mirip. Ada beberapa pulau kecil di laut Kasap.

Pulau tersebut yang membuat Kasap tampak mirip dengan Raja Ampat. Jika tidak ingin berfoto di pasir putih saja, bisa mencoba naik ke atas bukit. Anda bisa melihat hamparan pulau cantik di laut.

Tempat ini biasa dimanfaatkan pengunjung untuk mengambil gambar estetik. Anda juga dapat menantikan matahari terbenam dari atas bukit. Jadi tidak akan rugi untuk menaiki bukit hijau ini.

  1. Pantai Srau

Srau merupakan wisata pantai Pacitan berpasir putih yang cukup luas karena terbagi ke dalam tiga zona. Ada banyak aktivitas dapat dilakukan, seperti berkemah, bermain air laut, berfoto, dan lain sebagainya.

Mari menyimak pembagian zona Srau. Pertama, tersedia indahnya hamparan pasir putih luas yang berpadu dengan suara ombak berkejaran di laut. Buih putih di tengah laut biru akan memanjakan mata Anda.

Tidak lupa bebatuan karang yang menjulang tinggi di sekitar lokasi. Sementara zona kedua menawarkan pasir putih dan ombak ringan. Sehingga pengunjung dapat menikmati momen bermain air di tepi laut.

Zona ketiga wisata pantai Pacitan ini tidak menyajikan pantai pasir putih. Melainkan hamparan bebatuan karang yang tidak kalah cantiknya. Banyak pengunjung mengambil foto di antara gugusan batu karang cantik.

Nuansa alam Srau bisa menyegarkan pikiran penat akibat pekerjaan atau urusan pendidikan. Jika berminat untuk bermalam di bawah tenda, Anda perlu membawanya dari rumah.

Cukup menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota untuk sampai di Srau. Namun, harus siap dengan medan jalan yang cukup menantang.

  1. Pantai Watu Karung

Wisata pantai Pacitan ini merupakan surganya para peselancar. Di samping pemandangan bukit karang, air laut dan pasir putih, ombaknya cukup menantang. Tidak hanya peselancar lokal yang menikmati ombak disini, namun juga peselancar internasional.

Watu Karung menawarkan ombak setinggi 5 meter dan pengalaman reef break yang banyak dicari para peselancar. Waktu tepat untuk berselancar ialah pada bulan April sampai Oktober.

Meskipun ombaknya cocok untuk peselancar, Anda tidak bisa menyewa papan selancar. Sehingga perlu membawa sendiri dari rumah. Setelah puas bermain dengan ombak, waktunya memikirkan kuliner.

Ada pasar ikan segar yang dapat dikunjungi di sekitar daerah tersebut. Anda dapat membakar ikan dan menikmati pemandangan laut. Jika berkenan menginap, dapat memesan kamar di homestay maupun resort.

Banyak sekali orang memilih Bali ketika ingin menikmati keindahan laut. Padahal, ada wisata pantai Pacitan yang tidak kalah menarik karena menyajikan pasir putih, batu karang cantik dan air laut jernih.

 

Post a Comment