Notifikasi

Loading…

Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget

  

Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget!!
Semenjak membuat blog ini saya semakin rajin saja menulis, hehe... Walaupun tulisan sederhana, tapi bermakna juga untuk saya pribadi dan tentunya untuk menyimpan kenangan, memori dalam hidup ini. Kali ini saya ingin sedikit berbagi kenangan saat bepergian ke Eropa, yang pertama di Belgia ya! 

Ada beberapa negara di Eropa yang saya kunjungi, namun pertama yang saya bahas adalah Belgia ya, karena perjalanan ini sedikit spiritual, karena mengunjungi Pura (tempat suci Hindu) di Belgia. Ternyata Pura Belgia ini begitu megah dan luas banget. Di bawah ini beberapa foto yang sempat saya ambil saat berkunjung di Pura Belgia ini. 

Suasana Pura Belgia 

Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget!!

Foto ini saya ambil tepat di luar area pura, pada saat itu masih pagi. Areal pura tidak bisa dikunjungi oleh para pelancong, sama layaknya pura di Bali dimana di pintu masuk pura ditutup (area tempat suci). 

Menuju ke Pura Belgia 

Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget!!

Saya bersama keluarga menginap di hotel Saint Josse Ten Noode, Brussel, hotel ini dekat sekali dengan stasiun. Kami menuju Pairi Daiza dengan menumpang kereta api dengan menempuh waktu sekitar 1 jam 30 menit kurang lebih. 

Pairi Daiza, Lokasi Pura Belgia 

Dengan rasa bangga dan haru kami tiba di Pura ini. Saya sendiri sudah menyiapkan pakaian adat yang saya bawa di tas, namun karena Pura di tutup, akhirnya kami hanya bisa sembahyang di jaba pura. Konon saat hari raya banyak sekali umat Hindu yang tinggal di Eropa sembahyang kesini. Walaupun hari biasa, saya tetap bisa sembahyang, astungkara! 

Area Pura

Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget!!
Area sebelum menuju ke areal pura dikelilingi berbagai lesehan (warung Makan) dengan bangunan khas Bali Tempo dulu dan setiap warung ini ada canang sari dan dupa wanginya, hebat ya.

Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget!!

Area menuju ke bangunan Pura, di pintu masuk ada patung bernuansa Jawa- Bali yang kuno. 

Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget!!
Di jaba pura dikelilingi berbagai patung dewa Hindu. 

Lengkap dengan balai kukul, pokoknya luas banget.

Pura Belgia, yang di beri nama Pura Agung Santi Bhuana
Berkunjung ke Pura Belgia, Megah Banget!!
Pura ini bernama Pura Agung Santi Bhuana, Belgia. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang pura ini, bisa simak disini atau ini.

Pura yang berdiri kokoh di Pairi Daiza, Belgia ini merupakan Taman Asia. Bukan hanya Pura Bali saja yang ada disini, banyak kebudayaan Asia juga ada di sekeliling Pura ini antara lain bangunan Thailand dan banyak lagi. Taman Asia ini juga dilengkapi dengan kebun binatang dan tempat bermain lainnya. 

Dari cerita yang saya dengar, khusus Pura Agung Shanti Bhuana ini yang paling menjadi sorotan, karena Taksu Hindu yang begitu kuat. Pura ini juga memiliki Barong dan Rangda yang sudah disucikan dan didatangkan langsung dari Puri Ubud, Bali. 

Sangat megah ya, saya sangat bangga sekali bisa mampir dan bersembahyang di Pura Belgia ini. Semoga Anda selanjutnya ya... Astungkara!
Post a Comment