Ini Ternyata Alasannya, Kenapa Harus Mandi Ketika Pulang Dari Melayat - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Ini Ternyata Alasannya, Kenapa Harus Mandi Ketika Pulang Dari Melayat

Om SwastyAstu... 

Semoga kita dalam lindungan Ida Hyang Widhi Wasa... Dalam artikel kali ini masih dalam Budaya Bali - tata Titi ngaben alasan harus mandi ketika pulang dari melayat. 

Cuntaka adalah suatu keadaan yang tidak suci menurut pandangan agama Hindu. Masa kotor atau leteh yang populer disebut Cuntaka dan Dalam istilah bahasa Bali-nya ketika ada keluarga meninggal disebut dengan "Sebel". Dalam tradisi Hindu, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang dinyatakan ‘cuntaka’, tidak suci, kotor secara niskala, alam gaib. Ketika seseorang dinyatakan cuntaka, maka dia tidak dibolehkan melakukan kegiatan suci, yang berhubungan dengan hal-hal rohani, seperti membaca kitab suci, memasuki tempat suci, sembahyang, membuat upacara/upakara, piodalan, dan lain sebagainya.

Penerapannya dalam kehidupan sosial masyarakat khususnya di Bali, kata cuntaka disamakan dengan kata “sebel”. Sebel (dalam bahasa Bali) berarti berhalangan karena kematian, haid, halangan keluarga, dan lain sebagainya.

“Setelah mengiringi mayat seorang apakah keturunan laki-lakinya atau bukan (ke tempat pembakaran mayat) seseorang dapat bersih lagi (dari cuntaka) dengan mandi, menyentuh api, dan minum mentega yang jernih". [Parasara Dharmasastra III.50]

Contoh kasus bertemu mayat tanpa sengaja. Pada suatu hari, ada seseorang mengirim bunga rangkai ke rumah duka rumah sakit angkatan darat. Orang itu masuk ke ruangan dimana ada banyak orang yang sedang menikmati jajan camilan. Dia mengira orang yang meninggal sudah dikubur. Setelah berada di dalam kamar, terlihat sebuah peti jenazah. Petinya terbuka lebar dan didalamnya terdapat mayat tidur nyenyak, ditutupi kain transparan.

Menurut ajaran Hindu dan tradisi di Bali, ketika seseorang bertemu mayat tanpa sengaja, maka ia dinyatakan kotor secara niskala (rohani). Didalam kitab Parasara Dharmasastra dijelaskan bahwa seseorang yang cuntaka karena bertemu mayat di jalan (termasuk bertemu mayat tanpa sengaja), maka ia dapat menyucikan diri dengan memandang matahari. Ada baiknya setelah memandang matahari beberapa saat, kemudian diikuti dengan mengucapkan nama suci Tuhan.
Post a Comment