Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menemukan Kedamaian di Hindu

Menemukan Kedamaian di Hindu
Jro Mangku Budi Dharma sudah biasa muput upakara di Desa Bona, Blahbatuh-Gianyar, kadang beliau pulang ke Australia untuk muput upakara Umat Hindu Bali di Melbourne, Australia.

Om Swastiastu.

Ketenangan hadir disaat kita bisa menerima kenyataan, bahwa semua yang terjadi adalah bagian dari Hidup. Jiwa tidak tenang terjadi karena sering kali kita khawatir, dengan kejadian yang tidak sesuai dengan harapan kita, kejadian yang tidak menguntungkan kita.

Di Hindu, telah memberikan panduan untuk memperoleh ketenangan jiwa. Panduan yang paling utama Yakni bersyukur menjadi manusia. Menjadi manusia, merupakan kelahiran paling utama untuk bisa melakukan perbuatan Dharma.

Yoga dan Meditasi adalah salah satu cara untuk kita bisa mendapatkan ketenangan jiwa, perasaan damai dan bisa melepaskan kita dari rasa stress. Yoga dan meditasi bisa dilakukan oleh semua agama bukan cuma untuk pemeluk agama Hindu, karena sebenarnya yang dilakukan pada saat kita melakukan meditas yoga adalah menenangkan pikiran, pemusatan pikiran, dan pengaturan nafas.

Langkah-langkah Meditasi :

Ambilah sikap duduk yang santai di atas suatu alas tempat duduk, atau di kursi (jangan langsung duduk menempel pada lantai). Punggung dan leher dalam keadaan tegak, rilekskan seluruh anggota tubuh, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pusatkan pikiran di antara kedua alis dengan santai
  2. (jangan berkonsentrasi dengan tegang, santai saja). Dalam keadaan itu,
  3. ucapkan di dalam hati secara berulang-ulang Gayatri Mantram
  4. itu dengan tidak terlalu lambat ataupun terlalu cepat.

Mantra Gayatri adalah sebagai berikut:

OM BHUUR BHUVAH SVAH

TAT SAVITUR VARENYAM

BHARGO DEVASYA DHIIMAHI

DHIYO YO NAH PRACODAYAAT

Teruskan proses itu selama 10-15 menit. Sesuai dengan kemajuan anda, pelan-pelan lama waktunya bisa diperpanjang.

Praktekkan meditasi ini secara rutin setiap hari. Untuk itu, memilih waktu dan tempat yang tetap untuk meditasi adalah sangat dianjurkan.

Post a Comment for "Menemukan Kedamaian di Hindu"