Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Paling Bagus dan Keren

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Paling Bagus dan Keren
https://mebiso.com/wp-content/uploads/2014/01/ilustrasi-10.png
Jika Anda merupakan seorang blogger pemula atau orang yang baru belajar ngeblog dan masih baru akan membuat suatu blog, maka memilih nama domain yang bagus adalah hal krusial untuk Anda lakukan. Ada beberapa tips memilih nama domain yang bagus agar blog Anda bisa menjadi blog terbaik dengan nama domain yang mudah diingat pengunjung.
Memang mungkin untuk blogger pemula, nama domain menjadi hal yang tidak terfokus karena kebanyakan blogger pemula terfokus pada pembuatan konten yang menurutnya “rumit”. Padahal selain konten, memilih nama domain juga penting agar suatu blog atau web yang dibangun memiliki nama professional yang mudah diingat oleh pengunjung. Berikut bagaimana tips memilih nama domain yang bagus dan penting Anda perhatikan demi kemajuan dan branding blog Anda!

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus Untuk Blog

Pastikan nama domain yang dipilih mudah diingat
Sangat dianjurkan agar Anda tidak asal dalam pemilihan nama domain. Pastikan nama domain yang Anda pilih merupakan nama domain yang mudah untuk dimengerti, diingat dan diucapkan. Jadi ketika Anda memberitahu seseorang tentang nama domain Anda secara verbal misalkan via telepon, domain yang Anda informasikan tersebut mudah diingat dan ditulis sehingga orang yang akan mencari tahu alamat domain Anda tidak bingung.
Gunakan domain TLD (Top Level Domain)
Ada baiknya agar domain yang Anda manfaatkan menggunakan TLD (Top Level Domain) dengan ekstensi dot com. TLD.com merupakan suatu ekstensi domain yang sangat mudah diingat orang. Jadi ketika ada domain yang memiliki kata yang sama semisal parfum original biasanya orang akan mencoba untuk membuka suatu situs dengan ekstensi dot com lebih dulu. Untuk Anda yang sedang dalam tahap pengecekan nama domain, Anda bisa melakukan pengecekan atas ketersediaan nama domain terlebih dahulu di situs www.domainsbot.com.
Hindari adanya penambahan karakter pada domain
Jika memang memungkinkan, ada baiknya agar Anda berusaha menghindari adanya penambahan kata – kata atau karakter yang memang tidak diperlukan pada domain Anda. Jadi misalkan penggunaan angka, tanda minus, atau huruf tambahan yang dapat berpengaruh atas kekuatan SEO suatu situs.
Tanda – tanda semacam itu semakin dapat membuat domain Anda terkesan lemah di mata SEO. Akan tetapi jika memang harus terpaksa untuk Anda menambahkan karakter pada domain, maka ada baiknya untuk Anda menggunakan tanda minus (-).
Pastikan bahwa domain yang Anda pilih mudah diketik
Nama domain dicari dengan cara diketik di browser seseorang. Karena itu ketika nama domain Anda ternyata sulit diketik tentu hal ini akan menyulitkan seorang pencari sehingga pada akhirnya akan menemukan nama domain lain yang lebih mudah.
Hindari menggunakan merk dagang perusahaan lain
Jangan Anda membeli nama domain yang memang sudah menjadi suatu merk dagang. Jadi semisal amazon.com, atau yang lainnya. Jangan Anda berpikir untuk membuat nama domain yang mirip juga karena besar kemungkinan Anda akan dituntut oleh perusahaan pemegang merk dagang tersebut. Jadi, kreatif dan inovatif dalam pemilihan nama domain itu sangatlah penting.
Beli domain di tempat terpercaya
Ada berbagai tempat yang bisa dipilih untuk membeli sebuah domain. Akan tetapi akankah sudah terpercaya? Nah, ada baiknya dalam pembelian nama domain, Anda harus memastikan untuk melakukan pembelian domain di tempat yang benar – benar terpercaya. Hal ini tentu menjadi sangat penting untuk Anda.
Demikian beberapa tips memilih nama domain yang bagus untuk blog Anda. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Jadikan nama domain Anda yang paling keren dan mudah diingat calon target Anda.