Notifikasi

Loading…

Lomba Layang-layang di Bali


Lomba Layang-layang di Bali
Lomba Layang-layang di Bali
Lomba Layang-layang atau dikenal dengan Bali Kite Festival merupakan momen tahunan di Bali yang biasanya banyak ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Lomba Layang-layang ini biasanya diselenggarakan pada musim angin yakni Bulan Juli―Agustus dalam setiap tahunnya. Dan berakhir pada atau akhir Bulan Agustus. Lomba Layang-layang ini sudah sudah menjadi kebudayaan bagi masyarakat Bali.

Permainan Layang-layang ini merupakan hobi yang digemari oleh berbagai kalangan di Bali mulai dari anak-anak, pemuda, sampai orang tua bahkan perempuan. Bukan hanya itu saja, menurut beberapa tokoh agama Hindu, permainan layang-layang ini merupakan makna signifikan religius yang dipersembahkan kepada Dewa Rare Angon. Rare Angon sendiri dipercayai sebagai pelindung di areal persawahan petani, sehingga sawah masyarakat Bali tidak terkena hama wereng maupun burung.

Jenis Layang-layang Bali

Beberapa Layang-layang tradisi Bali seperti Bebean (Berbentuk Ikan), Jangan (Berbentuk Naga), Pecukan (Berbentuk Daun), dan juga layang-layang kreasi baru akan mengikuti kontes, seperti foto di atas.Ukuran Layang-layang ini mulai dari 2 meter sampai 10 meter bahkan lebih. Seperti Layang-layang Janggan (Berbentuk Naga) yang panjang ekornya bisa 200 meter. Desain dari Layang-layang ini biasanya dengan warna Tridatu (Merah, Putih, Hitam) seperti layang-layang tradisional Bali, kecuali untuk layang-layang kreasi baru.

Satu kelompok/grup layang-layang ini terdiri dari mulai 10 orang bahkan lebih, tergantung dari ukuran layang-layang. Lebih besar dan panjang layangannya, maka anggotanya lebih banyak. Para anggota bersaing dengan anggota lainnya, dan para juri akan melihat cara mereka menerbangkan layangan dan keelokan ayanganan di atas udara dan juga lama layangan mengudara. Layang-layangan harus bisa mengikuti arus angin, sehingga anggota terbaik akan mendapatkan juara dan uang jika salah satu layang-layang dipilih untuk menjadi pemenang. Setiap kelompok akan mengurus layang-layangnya sendiri.

Lokasi Lomba Layang-layang di Bali

Lokasi penyelenggaraan lomba layang-layang ini diadakan di pantai Padang Galak,Sanur, Denpasar, Bali.
Post a Comment