Notifikasi

Loading…

Review Air Terjun Lembah Anai: Sicantik yang Pernah Dikunjungi Raffi Ahmad

Sumatera Barat tidak pernah mengingkarinya janjinya untuk menyajikan keindahan alam yang begitu indah dan memikat hati. Keindahan alam di Sumatera Barat tidak akan membuat kamu bosan jika berliburan disini. Bahkan tak sedikit pengunjung datang kembali setelah tersihir akan keindahan alam yang disajikan dengan begitu sempurna.

Keindahan alam di Sumatera Barat bisa kamu lihat dari begiu banyak air terjun yang terkenal dikalangan wisatawan. Tak menutup kemungkinan dengan Air Terjun Lembah Anai yang menjadi primadona wisatawan untuk datang mengunjungi. Salah satu artis populer Indonesia yang pernah berkunjung ke sini adalah Raffi Ahmad dan sang istri, Nagita Slavina.

Air Terjun Lembah Anai

Yuk, simak bagaimana keindahan alam yang ditawarkan air terjun Lembah Anai ini! Jangan sampai lewat ya!

Lokasi dan Rute Air Terjun

Air terjun ini berada di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Secara jelas, air terjun Lembah Anai ini terletak di kaki Gunung Singgalang lho! Lokasi air terjun cukup mudah diakses dan berada di tepi jalan raya Padang-Bukittinggi.

Rute yang bisa kamu tempuh dari Kota Padang akan memakan waktu selama 1-2 jam perjalanan dengan jarak tempuh 60 Km. Maka kamu juga memerlukan google maps untuk mengetahui rute yang lebih detail menuju lokasi air terjun ini.

Namun, jika kamu berada di Kota Bukittingi, kamu perlu menempuh jarak 29 Km dengan waktu 50 menit. Rute yang bisa kamu ambil adalah Kota Bukittinggi – Simpang Padang Luar – Koto Baru – Padang Panjang – Silaiang – Air Terjun Lembah Anai.

Rute yang bisa kamu tempuh baik dari kota Padang maupun Bukittinggi, ini semua rute yang mudah di jangkau dengan medan jalan raya yang sudah beraspal dan lebar.

Air Terjun Lembah Anai padang panjang

Harga Tiket dan Jam Operasional Air Terjun

Untuk memasuki air terjun penuh pesona ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 untuk orang dewasa. Untuk anak kecil Rp. 3.000 saja. Biaya lain yang perlu kamu keluarkan adalah biaya parkir sebesar Rp. 3.000 – Rp. 10.000 untuk yang membawa kendaraan pribadi yang bisa kamu bayar di pos retribusi yang berada di samping tangga menuju air terjun.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, air terjun ini buka mulai pukul 08:00 WIB – 17:00 WIB. Air terjun ini buka setiap hari, bahkan setiap hari libur, air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang.

Keunikan dan Pesona Keindahan Air Terjun

Lokasi air terjun yang strategis dan mudah di jangkau, membuat siapa saja tidak akan berpikir dua kali untuk datang kesini. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang mengunjungi keindahan air terjun.

Tenang saja, meski di tepi jalan, air terjun ini sudah dibatasi dengan pagar pembatas yang membatasi air terjun dengan jalan raya, sehingga tidak membahayakan pengunjung jika sedang bermain air di kolam air terjun.

Berbeda dengan air terjun lainnya yang ada dan perlu menempuh perjalanan setapak untuk menikmati keindahan air terjun, maka air terjun Lembah Anai ini berada di tepian jalan raya. Kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan kamu di seberang jalan raya dan langsung menuju air terjun tinggi yang siap menumpahkan airnya ke kolam air di bawah.

Lingkungan Asri dengan Pepohonan Hijau

Keindahan alam air terjun ini tak kalah menarik dengan air terjun lainnya, meski ia berada di tepian jalan raya, namun lingkungan sekitar air terjun masih tetap asri akan pepohonan yang hijau, sungai yang terbentang dibawah jalan raya, gemericik air yang terdengar jelas dari tepian jalan bahkan udara yang segar akan kamu rasakan jika berada di air terjun ini.

Air terjun eksotis nan memikat hati ini mempunyai ketinggian mencapai 50 meter dengan tebing yang mengapitnya dengan kokoh. Tebing ini ditumbuhi oleh tumbuhan akar, pepohonan yang berbaris di atas tebing, serta lumut hijau juga tak sungkan berada di sekitar tebing air terjun ini. Air yang jatuh dari air terjun ini akan ditampung oleh kolam alami yang nantinya air ini akan mengalir terus ke sungai yang ada di bawah jalan raya.

Rel Kereta Api Bersejarah

Pemandangan lain yang bisa kamu lihat selain air terjun ini adalah rel kereta api peninggalan Belanda yang sudah tidak terpakai lagi. Meski tidak terpakai, eksotisme rel kereta yang terbentang di dekat air terjun ini mempunyai daya tarik tersendiri dan mengingatkan kita akan perjuangan masa lalu.

Pesona tebing yang cantik berdiri kokoh, air terjun yang bergemuruh jatuh, pepohonan hijau yang masih asri disekitar tebing, lokasi strategis dan udara yang sejuk lagi dingin membuat nilai plus bagi Air Terjun Lembah Anai ini. Pesona penuh eksotisme yang menenangkan membuat kamu betah berlama-lama di air terjun ini tentunya!

Jadi, jangan lupa abadikan momen liburan kamu disini ya! Masukkan momen kamu ke dalam bidik lensa yang begitu sempurna. Keindahan air terjun ini membuat foto kamu menjadi luar biasa indah.

Cerita di Balik Air Terjun

Air terjun ini merupakan air terjun dari 7 tingkat air terjun dalam kawasan Lembah Anai ini. 7 tingkat ini memiliki daya tarik tersendiri yang di punyanya. Setelah melewati 7 tingkat air terjun, ada sebuah telaga yang cantik bernama Telaga Dewi. Disini konon katanya, sang Dewi akan mandi dan bermain air disini.

Selanjutnya, air terjun ini dulunya dinamakan air mancur karena memiliki lubang besar di bawah air terjun yang mengeluarkan air. Namun, saat dulu terjadi gempa, lubang ini tertutup oleh batu besar dan mengalihkan air yang keluar menjadi terjun.

Tidak ada yang tau seberapa dalam lubang di balik air terjun ini, namun kamu bisa menikmati keindahan alam yang asri dan berada di lokasi yang strategis untuk dinikmati.

Fasilitas Air Terjun

Air terjun ini memiliki kelengkapan fasilitas yang menunjang yaitu toko-toko souvenir yang berjejer dari sepanjang jalan Lembah Anai. Seperti warung makanan, parkiran, pelampung bahkan ada toilet umum yang telah disediakan.

Post a Comment