Notifikasi

Loading…

Review Air Terjun Batu Betiang, Bengkulu: Pesona Ratusan Batu Balok Dibalik Gemuruh Sang Air

Keindahan air terjun membuat siapa saja tersihir akan pesonan yang dimilikinya. Keindahan alam yang disajikan akan membuat kesan tenang dan nyaman jika sudah berada di sekitar air terjun. Air terjun nan cantik penuh pesona selalu dikungjungi oleh para wisatawan yang ingin menjelajah alam atau hanya sekedar berlibur saja.

Salah satu pesona air terjun yang cantik dimiliki oleh provinsi Bengkulu yang menyimpan begitu banyak keunikan bahkan keindahannya. Air terjun ini diberi nama dengan Air Terjun Batu Betiang. Nama yang unik bahkan legenda yang turut serta ikut bersama air terjun ini membuat para wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke tempat nan indah ini. Yuk simak bagaimana keindahan air terjun ini!

Air Terjun Batu Betiang, Bengkulu

Nama Unik Air Terjun

Air terjun yang memiliki nama yang unik ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasinya. Setiba di lokasi air terjun, kamu akan menemukan air terjun yang diapit oleh ratusan susunan batu menyerupai tiang yang berbentuk balok. Bebatuan ini tersusun rapi membentuk tiang ditebing sang air terjun yang sampai ke atas puncak air terjun ini. Sehingga seolah-olah bebatuan ini seperti tiang penyangga bagi air terjun yang mengalir. Jadi itulah mengapa nama air ini Air Terjun Batu Betiang.

Lokasi, Rute Dan Tiket Masuk Air Terjun

Air terjun ini berada dalam kawasan  Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Lokasi tepatnya yaitu terletak di Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Desa ini terletak paling ujung dari kabupaten Rejang Lebong. Jarak dari kota Bengkulu ke lokasi air terjun ini mencapai 25 Km dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam berkendara.

Rute yang bisa kamu tempuh untuk menuju lokasi air terjun ini yaitu dari Kota Curup mengarah ke arah utara menuju Dusun Mirasi, Desa Babakan Baru yang memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit. Akses perjalanan ini cukup bagus karena jalanan sudah beraspal dan cenderung datar.

Jika kamu masih ragu dengan rute perjalanan menuju air terjun ini, kamu bisa menggunakan google maps untuk mengarahkan kamu sampai tujuan.

Untuk tiket masuk, kamu hanya merogoh kocek sebesar Rp.5.000 saja. Namun, di sini kamu perlu SIMAKSI (Surat Izin Memasuki Kawasan) yang bisa kamu urus di kantor BTNKS. Hal tersebut karena air terjun ini berada di kawasan taman nasional.

Tracking Menantang Air Terjun

Setelah kamu sampai di Desa Babakan Baru, Dusun Mirasi, kamu tidak akan menemukan jalanan beraspal karena kamu akan melanjuti perjalanan alam kamu dengan berjalan kaki menapaki jalan setapak yang seadanya di tengah-tengah perkebunan warga. Semakin kamu masuk ke tengah hutan, kamu akan melihat pepohonan begitu besar yang tumbuh subur disekitar perjalanan.

Selama perjalanan ini juga kamu akan menemukan sungai yang aliran airnya sungguh jernih, disini kamu bisa berhenti sejenak dan berendam kaki disekitaran sungai. Kamu akan melewati sungai ini serta menuruni dan menaiki jalanan yang cukup licin. Perjalanan kamu akan terasa menantang mengingat akses jalan yang begitu sulit dan cukup menantang. Bagi yang pencinta alam akan sangat menyukai akses jalanan yang seperti ini. Jadi, kamu perlu membawa bekal sendiri dari rumah untuk melepas dahaga atau perut yang keroncongan.

Pesona keindahan selama perjalanan yang kamu lakukan dalam membelah perkebunan dan hutan akan kamu nikmati dengan decakan kamu tiada henti. Udara segar dan kicauan burung turut hadir menemani tracking kamu yang menantang dan penuh nyali ini. Semua rasa lelah akan terbayar lunas dengan melihat keindahan alam air terjun ini.

Pesona Keindahan Air Terjun

Selain pesona alam yang kamu nikmati selama perjalanan yaitu alam yang asri dan subur, kamu juga akan menikmati pesona keindahan air terjun yang begitu mempesona setelah sampai di lokasi air terjun ini.

Hal yang pertama yang kamu lihat adalah air terjun dengan ketinggian 10 meter yang memeliki debit air yang cukup deras. Sehingga, perjalanan berakhir di sebuah kolam yang cukup luas dan membentuk sungai yang terus mengalir ke arah bawah. Air terjun ini memiliki air yang sungguh jernih dan dingin karena berasal dari perbukitan.

Keunikan air terjun ini yaitu diapit oleh ratusan batu berbentuk seperti tiang yang tersusun rapi dan menjadi sebuah dinding tebing yang melindungi air terjun ini. Selah-olah air terjun ini diberikan penyangga agar kokoh dari bebatuan seperti tiang disekitaran. Pemandangan unik yang jarang ditemui.

Tidak hanya itu, pesona alam yang tersaji dilengkapi dengan pepohonan asri yang menambah kesan hutan yang masih perawan. Suasana yang tenang dengan gemericik air yang deras akan membuat kamu betah berlama-lama disini, bahkan tidak segan-segan kamu bermain air disekitar kolam air terjun. Pesona alam yang begitu eksotis dan wajib kamu kunjungi. Apalagi, jika kamu ingin berlibur dengan penuh tantangan, destinasi air terjun ini cocok untuk kamu.

Legenda dan Mitos Unik Air Terjun

Konon, balok yang berbentuk tiang ini merupakan peninggalan legenda si Pahit Lidah. Si Pahit Lidah ini merupakan manusia yang terkenal akan ucapannya bisa menjadi kenyataan.

Bebatuan balok itu merupakan tiang untuk perumahan warga sekitar dan dihanyutkan ke sungai. Namun, ketika si Pahit Lidah bertanya kegunaan balok tersebut, masyarakat malah menghiraukannya sehingga memancing kemarahan si Pahit Lidah. Sehingga balok tersebut berubah menjadi batu Dari legenda itu, air terjun ini memiliki mitos berupa siapapun yang mandi di air terjun ini akan mudah menemukan jodohnya.

Post a Comment