Mencoba 6 Olahan Ikan Khas Bali, Halal dan Kaya Protein dan Gizi - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

Mencoba 6 Olahan Ikan Khas Bali, Halal dan Kaya Protein dan Gizi

Babi memang menjadi primadona kuliner Pulau Dewata. Namun tahukah Anda, pulau seribu pura ini pun memiliki olahan ikan khas Bali yang tidak kalah lezat dari Babi.

Ragam olahan ikan khas Bali ini tidak terlepas dari Bali sebagai kepulauan yang kaya akan pantai, termasuk hasil laut. 

Selain lezat, kuliner olahan ikan khas Bali pun sudah dijamin kehalalannya. Sehingga jenis makanan ini aman dikonsumsi oleh siapapun, apalagi jika Anda adalah seorang muslim. 

Disamping itu, ikan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Protein dalam ikan tidak kalah dengan kandungan protein dalam ayam maupun sapi. Wah, menarik sekali bukan? 

Aneka Olahan Ikan Khas Bali

Ikan memiliki daging yang lembut dan gurih. Karenanya, olahan dari ikan memiliki banyak penggemarnya karena rasanya yang lezat. Bali sendiri memiliki olahan ikan yang khas. Rasanya sayang sekali untuk melewatkan kelezatannya. Berikut beberapa olahan ikan Bali yang wajib Anda cicipi. 

Olahan ikan khas Bali terpopuler, Sate Lilit

Sate Lilit adalah salah satu kuliner Bali yang tidak kalah populer dengan ayam betutu. Terbuat dari cincangan daging ikan bercampur bumbu khas Bali, menambah kelezatan kuliner khas Pulau Dewata. 

Selain ikan dan bumbu base genep, parutan kelapa menjadi komponen penting dalam sate lilit. Adanya parutan kelapa menambah rasa dan tekstur dari makanan ini. 

Berbeda dengan sate lainnya, sate lilit menggunakan batang serai untuk tempat melekatkan daging ikan. Aroma serai dan bumbu bali akan timbul dengan sangat kuat saat sate lilit ini dibakar. Rasanya pun tidak kalah lezat dengan aromanya. Wajib dicoba! 

Tum Ikan

Selanjutnya ada tum ikan khas Bali. Olahan ikan ini mirip dengan botok jika di daerah Jawa. Pengolahannya dengan cara dikukus dijamin lebih sehat dan bergizi. 

Tum ikan menggunakan bumbu base genep. Jahe dan kunyit pada base genep menghilangkan bau amis ikan meski cara pengolahannya dikukus. Ditambah bumbu lainnya terutama cabai akan meredam rasa amis ikan.

Ikan yang sudah dibumbui dengan base genep kemudian dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya ikan dikukus hingga matang dan tum ikan pun siap disajikan. 

Sudang Lepet olahan ikan khas dari Buleleng, Bali

Buleleng memiliki ikan khas yakni Sudang Lepet. Ikan sudang lepet adalah ikan berbentuk pipih. Warga Buleleng biasanya mengolah ikan ini dengan cara diasinkan terlebih dahulu. 

Sudang Lepet kemudian digoreng hingga garing. Ikan satu ini akan terasa lebih nikmat jika digoreng menggunakan minyak kelapa. Sajikan Sudang Lepet bersama nasi hangat dan plecing kangkung. Jangan lupa tambahkan sambal matah agar kuliner khas Buleleng ini makin lezat rasanya. 

Bagi Anda yang memiliki rencana berkunjung ke Buleleng, Bali jangan lupa mencicipi Sudang Lepet ya! 

Rujak Kuah Pindang

Rujak buah umumnya menggunakan sambal gula merah yang manis dan pedas. Namun saat di Bali, Anda akan menemukan rujak unik dengan saus berupa kuah pindang.  

Pindang yang berarti ikan dalam Bahasa Bali memberikan rasa gurih khas yang unik. Kuah pindang merupakan air rebusan ikan yang dicampur dengan bumbu-bumbu. Kuah tersebut kemudian disiramkan di atas buah-buahan yang sudah diiris tipis. 

Rasa kuah pindang cenderung gurih dan pedas. Pecinta rujak wajib banget mencicipi rujak kuah pindang khas Bali! 

Ikan Bakar Jimbaran

Olahan Ikan Khas Bali

Selain terkenal dengan pantainya, Jimbaran pun terkenal dengan ikan bakar. Di sepanjang pantai jimbaran Anda akan menemukan warung makan maupun resto yang memiliki menu andalan ikan bakar. 

Ikan bakar Jimbaran menggunakan bumbu khusus yang membuat ikan fresh hasil tangkapan nelayan makin lezat rasanya. Andapun bisa memilih kuliner ini untuk menikmati sore sambil menunggu indahnya suasana matahari terbenam di pantai Jimbaran. 

Bedetan Perancak khas Jembrana

Salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Bali adalah Jembrana. Masyarakat Jembrana memiliki cara untuk mengawetkan ikan dengan cara dikeringkan. 

Salah satunya disebut dengan Bedetan Perancak. Berbeda dengan ikan asin, bedetan merupakan ikan lemuru yang dikeringkan.

Olahan ikan satu ini menjadi oleh oleh khas Jembrana yang diburu para wisatawan. Karena banyak peminatnya dan awet,  pemasaran oleh-oleh khas Jembrana pun dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko besar. 

Penutup

Demikian informasi mengenai aneka olahan ikan khas Bali. Olahan ikan ini tidal hanya memiliki rasa yang sangat lezat namun bergizi tinggi. Silahkan dicicipi!

Post a Comment