Notifikasi

Loading…

Menikmati Indahnya Air Terjun Kanto Lampo di Dekat Kota Gianyar

Selain terasering sawah, Bali juga mempunyai air terjun berundak yang cantik loh! Ya, Air Terjun Kanto Lampo, berada di Kota Gianyar merupakan air terjun berundak yang wajib Anda kunjungi saat berada di Bali.

Berbeda dengan air terjun Gitgit atau sekumpul yang berada di dataran tinggi, Kanto Lampo berada di dataran rendah. Sehingga Anda pun tidak terlalu perlu mengeluarkan ekstra energi untuk menikmati keindahan Air Terjun Kanto Lampo.

Menikmati Indahnya Undakan Air Terjun Kanto Lampo

air terjun kanto lampo bali

Meski berada di wilayah yang lebih rendah dibandingkan air terjun lainnya, namun Air Terjun Berundak Kanto Lampo tetap menawarkan hawa sejuk yang menenangkan. Suara jatuhnya air yang melewati undakan akan menjadi musik alam yang akan menyertai Anda selama berkunjung di air terjun satu ini. 

Undakan Tebing setinggi 15 meter

Memiliki ketinggian sekitar 15 meter, air perlahan jatuh melewati undakan. Jatuhnya air pada undakan membuat air tidak begitu deras. 

Selain itu, tebing batu yang berundak-undak menghadirkan visual air yang indah karena jatuhnya air menjadi menyebar dan tampak menakjubkan. Pesona undakan ini pun menjadi daya tariknya, karena membuat tampak berbeda dari air terjun pada umumnya.

Air Irigasi yang jernih dan menyejukan

Saat Anda berkunjung ke air terjun Kanto Lampo, Anda bisa menikmati jernihnya air yang sejuk. Uniknya air terjun yang memiliki undakan ini berasal dari luapan air irigasi subak yang tersumbat. 

Irigasi subak adalah sistem pengelolaan air irigasi yang digunakan oleh petani Bali dengan berdasarkan hukum adat. 

Biasanya ada kesepakatan mengenai penggunaan air, umumnya pada musim hujan penanaman padi disepakati dengan sistem serempak. Kebalikannya, pada musim kemarau dilakukan penjadwalan tanam untuk padi dan palawija secara bergilir. 

Dianggap suci oleh komunitas adat

Komunitas adat mensucikan lokasi air terjun ini, karena lokasi ini digunakan untuk Mendak Toya Ning (Mencari Air Suci) saat upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya.

Fasilitas Lengkap

Selain menyajikan kecantikan air terjun, tempat wisata ini memiliki fasilitas yang lengkap. Tidak hanya lengkap, semua fasilitas yang ada disini terawat dengan baik loh. Dua jempol deh untuk pengelola air terjun berundak ini. 

Berikut fasilitas yang tersedia di Kanto Lampo:

  1. Trekking berupa anak tangga dari parkiran menuju lokasi yang mempermudah akses jalan bagi pengunjung. 
  2. Tersedia loker gratis, pengunjung dapat dengan bebas mengeksplor Kanto Lampo tanpa harus membawa barang-barang berat. Tapi ingat, untuk barang berharga sebaiknya dibawa saja ya! 
  3. Kamar ganti dan toilet yang memadai, Anda hanya perlu berdonasi seikhlasnya untuk menggunakan fasilitas ini. 
  4. Lupa bawa handuk atau malas membawanya karena memakan tempat? Tak usah khawatir, Anda bisa memanfaatkan jasa penyewaan handuk yang ada di sekitar tempat wisata! 
  5. Warung makan di sekitar kawasan wisata akan menjadi penolong setelah menjelajahi kawasan Kanto Lampo waterfall. Anda bisa menikmati hidangan ditemani dengan indahnya alam Kanto Lampo waterfall diiringi gemericik air terjun berundak. Dijamin rasa makanan terasa lebih lezat untuk dinikmati! 

Lokasi

Berjarak 30 km dari Denpasar, lokasi wisata ini bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan. 

Anda dapat menyewa motor atau mobil, dengan mengandalkan google maps Anda bisa menemukan lokasi wisata yang berada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

Tiket dan jam operasional

Kanto Lampo waterfall dibuka setiap hari Senin – Minggu mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA. Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan tarif 20 ribu. 

Review

Tempat wisata kebanggan warga Banjar Kelod Kangin ini memiliki rating yang cukup bagus di google review, yakni 4.5/5. Para pengunjung terkesan dengan keindahan air terjun serta fasilitas pendukung yang ada disekitarnya. 

Sebagian besar pengunjung menjadikan undakan yang sangat ikonik sebagai tempat berfoto favorit. 

Penutup

Wisata air yang berada kota Gianyar ini cukup populer. Menawarkan keindahan air terjun berundak, tempat wisata ini harus Anda kunjungi saat berada di Bali. Tidak hanya indah, namun Anda pun akan semakin nyaman dengan adanya fasilitas pendukung yang lengkap. 

Namun ingat, saking populernya tempat wisata di Bali satu ini, sebaiknya Anda mengunjunginya pada saat off peak season. Pada saat peak season biasanya angka kunjungan meningkat bahkan terkadang terjadi antrian pada trekking menuju Kanto Lampo waterfall. Silahkan dipertimbangkan ya. 

Post a Comment