Notifikasi

Loading…

Panduan Wisata Kuliner Bali Yang Manis, Ini Rekomendasinya!

Berbicara tentang Bali, foodies sepertinya tidak akan menemukan rasa bosan jika berkunjung ke Pulau Dewata. Wisata pantai yang eksotis, wisata alam yang menyejukan mata, hingga kuliner Bali yang mampu membuat lidah bergoyang. Panduan wisata kuliner Bali yang manis bisa menjadi acuan untuk berwisata kuliner di Bali.

Bali memilki cita rasa yang khas dalam setiap masakannya. Rasa gurih, pedas, asam dan sangat kaya akan rempah.

Namun jangan salah foodies, Bali juga memilki makanan manis yang menggugah selera. Foodies harus mengetahui panduan wisata kuliner Bali yang manis, agar foodies merasakan kedahsyatan cita rasa dari kuliner Bali yang satu ini.

Mulai dari makanan di warung, resto hingga jajanan pinggir jalan memiliki cita rasa dan kualitas tesendiri.

Panduan Wisata Kuliner Bali Yang Manis

Rekomendasi Jajanan Manis Khas Bali, Panduan Wisata Kuliner Bali Yang Manis

Berwisata kuliner ke Bali, tidak lengkap rasanya jika hanya berkunjung ke warung atau resto tertentu. Foodies juga harus merasakan sensasi jajanan kue-kue khas Bali. Sebagai Panduan wisata kuliner Bali yang manis, berikut merupakan beberapa jajanan manis khas Bali :

Jaja Bendu

Jaja bendu merupakan kue khas Bali yang di buat dari tepung ketan. Didalamnya terdapat parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah khas Bali. Jajanan ini biasanaya di bungkus oleh daun pisang.
Foodies akan merasakan kombinasi manis dari gula Bali dan gurih dari parutan kelapanya.

Bubur Injin

Bagi para pecinta manis tidak lengkap rasanya ketika ke Bali tidak mencicipi bubur injin. Bubur khas Bali ni merupakan bubur ketan hitam yang di siram menggunakan santan kental. Didalam bubur ini juga terdapat beberapa potongan Nangka.

Cita rasa dari bubur ini adalah manis dan gurih, pastikan foodies mencicipi bubur injin ketika berkunjung ke Bali.

Jaja Wajik

Jaja wajik merupakan kue basah khas Bali. Cara pembuatan jaja wajik adalah dengan mencampur tepung ketan dengan gula pasir, gula merah dan santan.

Bahan lainya yang ditambahkan dalam pembuatan jajanan khas Bali ini adalah daun pandan. Setelah tercampur semua, adonan dikukus hingga matang.

Rasa dari jaja wajik ini cenderung dominan manis disertai wangi pandan yang menggugah selera.

Oleh-Oleh-Manis Khas Bali, Panduan Wisata Kuliner Bali Yang Manis

Setelah mengetahui mengenai jajanan khas Bali, foodies tentu saja harus beburu oleh-oleh manis khas Bali untuk buah tangan. Sebagai panduan wisata kuliner Bali yang manis, berikut rekomendasi oleh-oleh manis khas Bali.

Pie Susu

Pada dasarnya pai susu merupakan kue yang berasal dari barat (western food), namun di Bali terdapat sentra pie susu yang cukup terkenal.

Tak jarang pie susu menjadi oleh-oleh setelah berwisata di Bali. Pie susu memilki rasa manis dan gurih.

Pisang Rai

Olahan pisang satu ini merupakan makanan khas Bali. Bahan dasar dari pembuatan pisang rai ini adalah pisang tanduk.

Rasa dari pisang rai ini adalah kombinasi dari rasa pisang yang legit, manis di campur dengan parutan kelapa yang memilki rasa gurih.

Laklak

Laklak merupakan kue khas Bali yang terbuat dari tepung beras, kapur sirih dan kayu sugih. Bentuk dari kue ini adalah bundar dan cenderung mirip serabi, karena sisinya berwarna putih.
Laklak disajikan dengan tambahan gula merah serta parutan kelapa.

Kaliadrem

Kue khas Bali ini terbuat dari tepung beras merah. Jajanan ini berbentuk segitiga yang berlubang. Rasa dari kaliadrem ini cenderung gurih manis.

Cerorot

Cerorot adalah kueh khas Bali. Cerorot memiliki bentuk seperti terompet.

Cerorot merupakan salah satu kue yang selalu hadir dalam setiap upacara adat. Meskipun demikian cerorot sangat digemari oleh anak-anak di Bali karena rasanya tang manis dan teksturnya yang empuk.

Abugsari

Abugsari merupakan jajanan khas Bali. Abugsari berbahan dasar tepung ketan. Kue khas Bali ini didalamnya terdapat gula merah. Dalam penyajianya, abugsari menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya.

Selain sebagai bungkus, daun pisang juga berfungsi sebagai pengawet bagi abugsari, serta sebagai penambah aroma jajanan.

Jaje Klepon

Jaje klepon termasuk dalam kue basah khas Bali. Bahan utama dari jaje klepon adalah tepung ketan.
Dalam pembuatanya tepung ketan diberi pewarna hijau. Setelah berbentuk adonan, jeje klepon di bentuk oval dan isiannya dimaskan gula merah, kemudian di kukus sampai matang. Dalam penyajiannya jaje klepon ditaburi oleh kelapa parut.

Setelah mengetahui berbagai jajanan manis khas Bali, kini kita tidak usah khawatir lagi untuk mencari oleh-oleh manis bagi teman dan kolega kita setelah pergi ke Bali. Yuk wisata ke Bali!

Post a Comment