Notifikasi

Loading…

5 Karya Seni dan Kerajinan Khas Bali yang Cocok untuk Oleh-Oleh

Liburan tanpa membawa oleh-oleh pasti terasa ada yang kurang. Jika Anda berlibur ke Bali, ada banyak karya seni dan oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Selain terkenal dengan pantai, klub, dan tempat liburan yang asyik, Bali juga terkenal dengan produk seni dan kerajinannya yang sangat unik.

Awalnya, karya seni dan  kerajinan khas Bali ciptakan sebagai karya religius untuk menghiasi candi dan patung dewa-dewi di wilayah tersebut. Lambat laun, para seniman Bali mulai berinovasi dengan menciptakan karya seni yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern, baik untuk tujuan koleksi atau komersial.

Karya Seni dan Kerajinan Khas Bali

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Bali dan bingung mencari oleh-oleh apa yang berkesan, ada banyak karya seni dan kerajinan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Berikut rekomendasi karya seni dan kerajinan khas Bali yang cocok untuk oleh-oleh:

1. Topeng khas Bali

Salah satu karya seni khas Bali yang menjadi incaran banyak orang adalah topeng ukir khas Bali. Bali memang terkenal dengan seni ukirnya. Selain ukiran kayu. Anda juga bisa menemukan batu yang berhasil disulap menjadi karya seni bernilai tinggi. 

Seni ukir tradisional Bali umumnya menggambarkan sosok dewa-dewi yang sakral. Seiring berjalannya waktu, seniman Bali juga menciptakan berbagai bentuk ukiran, seperti kuda, penari, dan wajah penuh ekspresi.

Nah, Anda bisa menjadikan topeng ukir khas Bali sebagai buah tangan untuk keluarga atau sahabat tercinta. Topeng ukir khas bali ini bisa Anda temukan dengan mudah, baik di pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh daerah Kuta dan Seminyak.

2. Perhiasan perak

Salah satu seni dan kerajinan khas Bali lainnya yang cocok untuk oleh-oleh adalah perhiasan perak. Anda bisa mendapatkannya di Desa Celuk yang menjadi pusat emas sekaligus peralatan makan perak di Bali. 

Kreasi perak di Bali biasanya lebih rumit dan penuh dengan dominasi. Perhiasan perak yang dihasilkan juga didominasi oleh perak putih. Anda bisa menemukan aneka perhiasan perak di desa ini, mulai dari kalung, cincin, hingga gelang.

Meski dibuat dengan gaya modern, perhiasan perak khas Bali masih mengutamakan jiwa kesenian asli daerah tersebut. Selain di Desa Celuk, Anda juga bisa menemukan kerajinan perak ini di beberapa toko perhiasan. Bahkan, ANda bisa memesan perhiasan dengan desain khusus sesuai selera Anda.

3. Kain Tenun Bali

Sarong Bali merupakan produk terkenal Bali yang memiliki material ringan dan diproses menggunakan teknik ikat celup. Banyak turis menggunakan sarong Bali saat berada di Pantai.

Selain sarong Bali, Pulau Dewata juga terkenal dengan berbagai jenis kain, mulai dari kain pantai, batik, hingga kain tenun yang mulai langka. Kain tenun khas Bali dikenal dengan nama “ndek”. Seni dan kerajinan khas Bali ini penuh nilai budaya sehingga menjadi jenis kain yang mahal.

Salah satu kain tenun Bali yang terkenal diproduksi oleh Desa Tenganan. Kain tenun di daerah ini diproduksi menggunakan metode ikat ganda. Satu kain tenun dari Desa Tenganan ini bahkan memerlukan proses pembuatan hingga satu tahun. Maka tak heran jika harganya tergolong fantastis. Nah, jika Anda ingin membawa seni dan kerajinan khas Bali ini sebagai buah tangan, sebaiknya siapkan budget khusus.

4. Perabotan rotan

Seni dan kerajinan khas Bali ini sangat mudah Anda temukan di pinggiran jalan. Yah, salah satu tradisi bali adalah memberikan persembahan pada dewa-dewi menggunakan wadah dari anyaman rotan. Oleh karena itu, kemampuan menganyam rotan sudah diajarkan pada masyarakat Bali sejak anak-anak.

Produk kerajinan rotan khas Bali sangat kreatif dan memiliki detail yang tinggi. Anda bisa menemukan aneka barang dari rotan, mulai dari tas, topi, keranjang, hingga sandal. Salah satu sentra kerajinan rotan terkenal di Bali bisa Anda temukan di daerah Gianyar.

5. Lukisan Bali

Bali memang terkenal sebagai pulau para seniman karena memiliki ragam kerajinan tangan dan kesenian yang unik. Nah, salah satu seni dan kerajinan khas Bali yang menjadi incaran banyak orang adalah lukisan.

Lukisan khas Bali memiliki karakteristik unik. Umumnya, lukisan Bali memiliki nilai spiritual karena pada awalnya digunakan sebagai simbol keagamaan. Namun, sekarang Anda bisa menemukan banyak karya seni lukis modern di Bali. Anda bisa menemukan berbagai lukisan unik di galeri seni Ubud. 

Seni dan kerajinan khas Bali memang sangat unik sehingga banyak orang yang ingin memilikinya, entah sebagai koleksi atau dijual kembali. Nah, jika Anda ingin memberikan orang tersayang oleh-oleh khas Bali, rekomendasi seni dan kerajinan tersebut bisa menjadi pilihan.

Post a Comment