Notifikasi

Loading…

Spot Surga Tersembunyi dari 10 Destinasi Wisata Prioritas

Wisata

Meski tidak sepenuhnya salah, tetapi spot indah di Indonesia tidak hanya ada di Bali. Masih banyak wisata tersembunyi di Indonesia yang tak kalah indah bak surga dunia. Sayangnya, tempat-tempat ini masih kurang populer. 

Hal inilah yang kemudian menjadi perhatian pemerintah dengan mencanangkan program destinasi wisata prioritas. Nah, apa saja destinasi wisata yang menjadi prioritas pemerintah? Berikut kami berikan daftarnya!

Daftar 10 Tempat Wisata Prioritas di Indonesia

Berikut adalah daftar 10 destinasi wisata Indonesia yang menjadi prioritas pemerintah. Tempat-tempat ini memiliki spot tersembunyi yang indah.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Wisata

Bagi masyarakat Indonesia, Danau Toba sangatlah familier berkat legendanya. Di Danau Toba, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti:

  • Mengenal sejarah Batak,

  • Berlayar ke Pulau Samosir,

  • Mengunjungi situs-situs masa lalu,

  • Berpartisipasi pada Festival Danau Toba yang merupakan hasil kerja sama dengan kementerian,

  • Berjumpa boneka Sigale-gale.

2. Tanjung Lesung, Banten

Wisata

Kawasan Pantai Tanjung Lesung tak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia timur. Menariknya, Tanjung Lesung tak hanya menghadirkan keindahan pantai saja, tetapi juga tersedia fasilitas edukasi, seperti:

  • Kebun binatang,

  • Badui Village,

  • Tanjung Lesung Leisure Park Flora dan Fauna

Selain itu, lokasinya yang strategis juga tekoneksi dengan kawasan anak Gunung Krakatau dan Ujung Kulon.

3. Mandalika, NTB

Wisata

Pantai Mandalika makin terkenal sejak dibangunnya jalur Moto GP. Terletak di Lombok, NTB, Pantai Mandalika bisa Anda kunjungi setelah singgah di Bali.

Daripada pantai-pantai yang lain, Pantai Mandalika masih menjadi yang terpopuler. Di sana, pemandangannya sangat cantik dan Anda juga bisa menikmatinya sambil berselancar. Untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli cinderamata yang tersedia di toko.

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wisata

Anda tak perlu lagi meragukan keindahan bawah laut Taman Nasional Wakatobi. Bahkan, di mata dunia, Wakatobi terkenal memiliki spesies ikan terbanyak dan menjadi ekosistem dari berbagai jenis karang laut.

Dengan cakupan wilayah mencapai 1,4 juta hektar, 900.000 hektar di antaranya merupakan batuan koral tropis dengan aneka warna yang menjadi tempat hidup berjuta-juta spesies laut.

5. Pulau Morotai, Maluku Utara

Wisata

Pulau Morotai terkenal sebagai “mutiara di bibir Pasifik” karena lokasinya berada di Pulau Halmahera bagian utara.

Hampir sama dengan Wakatobi, Pulau Morotai juga terkenal memiliki pesona bawah laut yang indah. Tak hanya itu, Pulau Morotai juga memiliki artefak sejarah PD II yang tersimpan secara apik. Hal ini karena pada saat itu, pertahanan udara yang menjadi rebutan Jepang dan Amerika berbasis di Morotai.

6. Kepulauan Seribu

Wisata

Anda bisa mengeksplorasi banyak pulau di Kepulauan Seribu. Ada Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan lainnya.

Selain memiliki pemandangan yang indah, di sana Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, di antaranya:

  • Snorkeling,

  • Berkeliling pulau,

  • Diving,

  • Menikmati sunset/sunrise

Soal fasilitas, Kepulauan Seribu terbilang menyediakan fasilitas yang komplit. Ada banyak penginapan/homestay dengan harga murah. Selain itu, akses transportasinya juga mudah.

7. Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Wisata

Tanjung Kelayang adalah pantai andalan Bangka Belitung dengan kondisi air yang masih sangat jernih. Pantai ini terletak 27 km dari Tanjungpandan.

Untuk saat ini, ada banyak perahu yacht yang terus berdatangan secara periodik dari mancanegara. Perahu-perahu ini banyak singgah untuk memeriahkan Sail Indonesia.

8. Borobudur, Jawa Tengah

Wisata


Menjadi salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur banyak menarik rasa penasaran wisatawan asing. Menjadi candi Budha paling besar di dunia, UNESCO pada tahun 1991 resmi menetapkan Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia.

Tak hanya melihat kemegahan Candi Borobudur, di sana Anda juga bisa menikmati bentang alam yang cantik yang ada di sekelilingnya. Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa lihat ritual umat Budha dengan acara puncak pelepasan lampion.

9. Bromo Tengger, Jawa Timur

Wisata

Buat yang suka berpetualang, tak ada salahnya ke Gunung Bromo. Kompleks Bromo Tengger Semeru punya danau yang sangat terkenal bernama Ranu Kumbono. Danau ini bisa Anda jumpai di ketinggian 2.400 mdpl.

Karena banyaknya pengunjung yang datang, pihak pengelola kerap melakukan pemulihan ekosistem secara berkala, sehingga banyak akses yang tertutup. Maka dari itu, sebaiknya cek pembaruan informasi di laman resminya terlebih dahulu.

10. Labuan Bajo, NTT

Wisata

Pamor Labuan Bajo memang makin melejit, sehingga banyak turis mancanegara yang datang. Labuan Bajo merupakan pelabuhan di Pulau Flores bagian ujung barat yang menjadi pintu masuk Taman Nasional Komodo. 

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana, seperti misalnya:

  • Berlayar,

  • Snorkeling,

  • Berenang, atau

  • Duduk santai menikmati pemandangan.

Nah, itulah 10 wisata prioritas Indonesia yang punya keindahan bak surga dunia. Jangan sampai Anda melewatkannya. Yuk, mulai rencanakan liburan Anda bersama keluarga dan teman-teman untuk mengunjungi beberapa tempat di atas!


Post a Comment