5 Wisata Menarik dan Bersejarah di Semarang - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

5 Wisata Menarik dan Bersejarah di Semarang

 

Selama ini daerah wisata yang populer di Jawa Tengah adalah Solo dan Yogyakarta. Namun ternyata ada juga satu kota di Jawa Tengah yang juga memiliki segudang wisata, yaitu Semarang.

Semarang sebagai ibu kota Jawa tengah, pasti sektor ekonominya lebih maju dibanding kota lainnya di Jateng. Kemajuan ekonomi Kota Semarang ini mungkin salah satu faktornya adalah bidang pariwisata.

Karena di Semarang banyak tempat-tempat wisata yang menarik dan bersejarah. Sehingga banyak menarik banyak pengunjung baik penduduk lokal maupun luar kota. 

Jika Anda sedang berjalan-jalan di Semarang atau melintasi kota ini alangkah baiknya mampir di tempat-tempat wisata menarik di kota ini. Berikut ini kami rekomendasikan 5 tempat wisata menarik di Semarang.

1. Lawang Sewu

Ketika kita berbicara tempat wisata di Semarang, Lawang Sewu adalah yang pertama kali muncul di kepala. Karena Lawang Sewu ini menjadi salah satu ikon tersendiri bagi Kota Semarang.

Masyarakat menyebut tempat ini dengan ’Lawang Sewu’ karena memang pintunya sangat banyak. Sedangkan arti Lawang Sewu adalah ‘Pintu Seribu’ atau ‘Seribu Pintu. 

Bangunan ini selain unik juga menyimpan sejarah, yang mana awalnya berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan kereta milik Hindia Belanda. Untuk alamatnya sendiri berlokasi di Jalan Pemuda, di Desa Sekayu, Semarang Tengah. Harga tiket masuknya mulai dari 10 ribu hingga 30 ribu. 

2. Grand Maerakaca

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga bersama anak-anak atau tour sekolah. Karena Grand Maerakaca adalah tempat wisata edukatif yang menampilkan replika dari berbagai rumah adat di seluruh Indonesia.

Selain itu ada juga hutan bakau dan Lumina yang menjadi daya tarik tersendiri. Di samping itu, tempat wisata ini juga menyuguhkan beberapa replika rumah dari berbagai negara, mulai dari Yunani, Arab Saudi, hingga AS.

Tentunya dengan berwisata di sini akan menambah wawasan Anda dan anak Anda tentang keragaman rumah adat di Indonesia dan dunia.

3. Kota Lama Semarang

Semarang adalah kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah, salah satunya adalah di Kota Lama Semarang. Di sana banyak sekali bangunan bersejarah yang masih terjaga dengan baik. 

Kota Lama ini dulunya adalah pusat perdagangan sekitar abad 19-20 di Kota Semarang. Keunikan dari tempat ini adalah banyaknya bangunan kuno yang arsitekturnya seperti bangunan-bangunan di Eropa.

Salah satu bangunan yang terkenal di tempat ini adalah bangunan Gereja Blenduk. Yang mana gereja tersebut dipercaya sebagai gereja tertua di Jateng. Gereja tersebut memiliki kubah yang cukup unik dan ikonik, seperti bangunan khas Eropa.

Masuk di Kota Lama Semarang ini tidak dikenakan tarif tiket. Anda bisa masuk dan berfoto sesuai hati Anda atau bersantai sambil menikmati suasana klasik Kota Semarang.

4. Museum Ranggawarsita

Tempat wisata bersejarah selanjutnya adalah Museum Ranggawarsita. Museum ini dikenal dengan koleksi benda antiknya yang lengkap serta gedungnya terawat dengan baik. 

Koleksi benda bersejarahnya sangat lengkap mulai dari yang berkaitan dengan perkembangan bumi, sejarah kemerdekaan Indonesia, budaya dan lain sebagainya. Sehingga membuat museum ini menjadi tempat wisata edukatif bagi anak-anak.   

Lokasinya terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh nomor 1, Desa Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kota Semarang. Adapun harga tiket masuknya 4 ribu untuk orang dewasa dan 2 ribu untuk anak-anak.

5. Masjid Agung Semarang

Rekomendasi tempat wisata unik di Semarang yang terakhir adalah Masjid Agung Semarang. Arsitekturnya yang unik dengan menyatukan gaya Timur Tengah, Yunani, dan Jawa membuat masjid ini menjadi salah satu objek wisata religi di Semarang.

Konon masjid ini merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah.  Salah satu hal unik dari masjid ini adalah memiliki 25 tiang di gerbangnya. Yang mana jumlah tersebut sebagaimana jumlah Nabi dan Rasul yang wajib diketahui.  

Selain itu, adanya 6 payung super besar yang dapat terbuka-tutup secara otomatis. Payung tersebut bentuknya sangat mirip dengan payung yang ada di Masjid Nabawi Madinah. 

Itulah lima tempat wisata yang menarik dan bersejarah yang ada di Semarang. Anda bisa mengunjunginya di hari-hari libur bersama anak dan keluarga Anda. Karena tempat-tempat tersebut sangat edukatif dan menambah wawasan.


Post a Comment