10 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia - Payana Dewa
Notifikasi

Loading…

10 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia


Beberapa masjid yang ada di Indonesia ternyata tidak hanya didesain sebagai tempat ibadah saja. Untuk memberikan pengalaman dan kesan lebih saat mengunjungi masjid maka, tampilan masjid dibuat lebih indah dan unik.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke masjid yang menonjolkan keindahan dan keunikan arsitekturnya. Berikut Kami bagikan daftar masjid yang bisa jadi pilihan wisata religi Anda bersama keluarga.

1. Masjid Al-Irsyad di Bandung

Masjid pertama yang terbilang unik berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Masjid unik di Indonesia ini arsitekturnya terlihat dari tampilan luarnya yang berbentuk kotak.  

Di bagian mihrab dan mimbar Anda bisa melihat langsung pemandangan di luar masjid yang asri dengan hiasan bola beton berukuran besar yang bertuliskan lafaz Allah. Menunaikan shalat di Masjid unik di Bandung ini bikin hati adem dan tentram. 

2. Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya

Masjid unik berikutnya yaitu Masjid Cheng Ho yang kental dengan bentuk bangunan masjid mirip kelenteng. Warna merah yang khas dari bangunan kelenteng dengan atap berbentuk segi delapan khas bangunan Tionghoa ini sungguh unik.

Pembangunan masjid ini sebagai bentuk penghargaan pada perjuangan Laksamana Cheng Ho, muslim Tionghoa pada abad ke-15. Ini menjadi penanda pentingnya asimilasi budaya Islam dan China.

3. Masjid Agung An Nur di Pekanbaru

Masjid yang terinspirasi dari bangunan Taj Mahal ini memiliki arsitektur yang indah sekaligus unik. Selain menonjol dengan arsitektur bangunan India, arsitekturnya juga memiliki sentuhan Melayu.

Ini terlihat dari pemilihan warna hijau pada bangunan masjid dan adanya beranda untuk tempat berkumpul dan berkegiatan masyarakat sekitar. Paduan warna hijau dan emas menambah keindahan masjid ini.

4. Masjid Agung Tuban di Jawa Timur

Masjid unik di deretan keempat ada Masjid Agung Tuban. Dari luar masjid, bangunannya unik yang akan mengingatkan Anda pada gaya arsitektur Arab. Dominasi warna terang seperti biru dan kuning dengan banyak tiang penyangga dan pola lengkungan semakin menambah keindahan masjid ini.

Walau demikian sentuhan gaya arsitektur masjid Jawa tidak ketinggalan. Terlihat dari ukiran pada pintu dan mimbar yang berbahan kayu. 

6. Masjid Raya Sumatera Barat di Padang

Kita menyeberang ke Pulau Sumatra dimana Masjid Raya Sumatera Barat berada. Arsitektur khas tanah Minang yaitu Rumah Gadang. 

Pada bagian atapnya meruncing di bagian ujungnya jadi keunikan masjid kebanggaan masyarakat Padang. Terdapat pula ukiran khas Minang beserta kaligrafi di beberapa bagian dinding. 

7. Masjid Dian Al-Mahri di Depok, Jakarta

Arsitektur masjid unik di Jakarta ini mengadopsi gaya masjid yang ada di Timur Tengah.  5 kubah masjid yang dilapisi dengan emas 24 karat ini sangat indah di siang hari. 

Belum lagi bagian dalam masjid terutama di bagian pilar serta dekorasi di langit-langit masjid yang dipercantik dengan penggunaan emas asli.

8. Masjid 99 Kubah di Makassar

Di Sulawesi Selatan terdapat Masjid 99 Kubah kebanggaan warga Makassar. Sesuai namanya, masjid ini punya 99 Kubah yang jumlahnya sama dengan Asmaul Husnah

Tampilan masjid ini semakin cantik karena terletak di pinggiran pantai tepatnya di kawasan Center Point of Indonesia yang berdekatan dengan pantai ikonik Makassar yaitu Pantai Losari.

9. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid ikonik di Ibu Kota Jakarta, apa lagi kalau bukan masjid Istiqlal. Pada arsitektur bangunannya tersisip unsur Islami yang kental dan unsur kemerdekaan Indonesia.

5 lantai dari masjid ini melambangkan rukun Islam, 12 tiang besarnya melambangkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Diameter kubah masjid 45 melambangkan kemerdekaan Indonesia di tahun 1945.

9. Masjid Menara Kudus

Menonjol dengan bangunan menara yang tepat berada di depan masjid. Uniknya, menara ini memiliki bentuk yang mirip dengan pendopo yang menggunakan material batu merah.

Selain itu, di bagian atas menara terdapat bedug yang menghadap ke Utara dan Selatan. Semakin unik dengan tampilan gerbang masjid yang mirip bangunan candi.

10. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Tampilan depan masjid ini sangat cantik keberadaan kolam di bagian tengah. Ditambah lagi dengan adanya 12 payung raksasa yang terletak di bagian Utara dan Selatan masjid.

Bangunan masjid yang didominasi dengan warna putih ini bikin suasana masjid adem dan nyaman. Jadi, pastikan Anda mampir saat berkunjung ke Aceh.

Mengunjungi masjid yang memiliki arsitektur unik bisa menjadi pilihan terbaik untuk wisata religi Anda. Mengagumi keindahan masjid bisa membuat Anda lebih rajin beribadah dan mengingat Sang Maha Pencipta.


Post a Comment