Notifikasi

Loading…

Wisata Candi Borobudur: Tiket Masuk, Lokasi, dan Keunikan

Candi Borobudur

Candi Borobudur tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan internasional. Bahkan, para pelancong yang sebenarnya berlibur ke Jogja banyak yang sengaja datang ke Magelang untuk menikmati keindahan bangunan candi ini.

Memangnya seberapa unik dan menarik bangunan bersejarah ini sampai Anda harus berlibur ke sini? Dalam ulasan ini, kita akan membahas tentang Candi Borobudur, mulai dari rute, fasilitas, harga tiket masuk, dan keunikannya. Simak sampai habis, ya!

Keunikan Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur

Kemegahan Candi Borobudur memang mengundang decak kagum para wisatawan. Selain itu, salah satu candi terbesar di wilayah Asia ini juga punya berbagai berbagai keunikan yang meliputi:

1. Menggunakan 2 Juta Buah Material Batu

Proses pembangunan Candi memanfaatkan bebatuan yang berasal dari sungai sekitar Candi Borobudur. Seluruh batu ini memiliki volume total 35.000 meter kubik, atau jika kita kalkulasi kan akan menjadi sekitar 2 juta potong batu.

Bangunan terdiri dari susunan 9 teras berundak dengan teras berdenah persegi dan tiga teras dengan denah lingkaran.

2. Ditinggalkan Pasca Letusan Gunung Merapi

Pada abad ke-18, candi yang mulanya merupakan tempat beribadah umat Budha ini sudah tidak digunakan lagi akibat letusan gunung Merapi yang cukup dahsyat. Sejumlah ahli memang memperkirakan letusan gunung Merapi tahun 1006 Masehi menjadi penyebab utama tidak digunakannya Candi ini pada abad ke-18.

3. Pemindahan Arca Candi Borobudur ke Museum

Selain tentang kemegahan Candi dengan ratusan stupa ini, tahukah Anda jika ternyata banyak pemburu artefak tertarik untuk mengoleksinya. Salah satunya seperti objek patung kepala arca. Oleh sebab itulah, tak mengherankan jika saat ini banyak patung Budha tanpa kepala.

Bahkan, berbagai arca yang terdiri dari 5 patung Budha beserta 30 batu relief arca penjaga, 2 patung singa, batu bentuk tangga, dan beberapa arca lainnya bisa kita temukan di Thailand. 

Maraknya pencurian membuat kepala inspektur artefak budaya memberikan saran untuk pembongkaran Borobudur seluruhnya pada tahun 1882. Termasuk pemindahan seluruh relief ke museum. 

Kebayang bagaimana jadinya jika rencana itu terealisasi? 

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur

Banyak orang mengira jika Borobudur terletak di Yogyakarta (Jogja) seperti Candi Prambanan. Padahal, Candi Borobudur terletak di kawasan Magelang Jawa Tengah. Lebih tepatnya, Candi Borobudur letak ada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Jika saat ini Anda sedang berlibur ke Jogja, Anda bisa berkunjung ke Candi Borobudur melalui rute Yogyakarta dengan jarak tempuh 36-40 km atau sekitar 1,5 jam berkendara.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur

Harga tiket masuk di Candi Borobudur terbaru tidaklah sama. Candi borobudur HTM terbagi dalam beberapa kategori yang meliputi:

  • Turis lokal anak 3-10 tahun: Rp25.000

  • Turis lokal dewasa: Rp50.000

  • Turis asing anak 3-10 tahun: Rp250.000

  • Turis asing dewasa: Rp300.000-Rp400.000

Candi Borobudur Jam Buka

Candi Borobudur sendiri terbagi menjadi berbagai spot dan setiap lokasi atau spot memiliki jam operasional yang berbeda. Berikut ini pembagian jam operasional Candi Borobudur:

  • Pelayanan operasional tiket: Pukul 09.30-17.30 WIB

  • Jam istirahat loket Candi Borobudur: Pukul 15.00-15.15 WIB

  • Jam buka loket Candi Borobudur: Pukul 07.30-16.00 WIB

  • Halaman atau pelataran Candi Borobudur: Pukul 9 30-17.00 WIB

  • Zona 1 pelataran Candi Borobudur: Pukul 08.30-15.30 WIB

  • Zona 2 taman wisata Candi Borobudur: Pukul 07.30-17.00 WIB

Fasilitas Penunjang Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur

Ingin berwisata ke Candi Borobudur tapi khawatir dengan berbagai hal termasuk fasilitasnya? Tenang saja, pengelola setempat memberikan berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk para wisatawan.

Fasilitas yang tersedia meliputi:

  • Area parkir

  • Restoran

  • Toilet

  • Akses kursi roda

  • Ruang ibadah

  • Wi-fi

  • Ruangan menyusui.

Puas berfoto dan menikmati keindahan Candi Borobudur? Kini saatnya Anda berburu berbagai kuliner di Magelang. Beberapa kuliner khasnya pasti belum pernah Anda coba sebelumnya. 

Mulai dari kupat tahu, sego godog, bubur blendrang, dan masih banyak lagi kuliner khas yang unik lainnya. Anda bisa menikmati kuliner khas Magelang di sekitar Candi Borobudur.


Post a Comment