Notifikasi

Loading…

Rekomendasi Tempat Wisata Yang Cocok Pas Tahun Baruan 2023



Malam Tahun Baru tinggal beberapa Minggu lagi. Sudahkah Anda memilih tempat wisata untuk menjembatani ayunan itu? Ada beberapa destinasi wisata di Indonesia yang layak untuk dikunjungi. Daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Pulau Sumatera menawarkan pemandangan yang eksotis.

1. Bukit Bintang

Bukit Bintang terletak di Desa Buntis Bongor, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Awalnya, Bukit Bintang adalah hutan pinus, yang kemudian "dikonversi" menjadi resor wisata yang terletak di ketinggian 1.442 meter di atas permukaan laut (mdpl). Udaranya sejuk, kamu juga bisa melihat indahnya pemandangan kota Bandung di atas perbukitan. Apalagi saat pergantian tahun, Bukit Bintang menjadi tempat yang bagus untuk dikunjungi.

2. Lapangan Gasibu

Tentunya warga Bandung tidak asing dengan Lapangan Gasibu yang terletak di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat atau persis di seberang Gedung Negara. Umumnya Lapangan Gasibu digunakan untuk olahraga, tempat berkumpulnya masyarakat untuk beberapa event besar tahunan yang biasa diadakan. Maka lapangan Gasibu tidak pernah sepi di malam tahun baru, lho. Penduduk lokal dari luar kota datang ke tempat ini untuk melihat kembang api dan konser. Namun sayang, kembang api dan konser atau kegiatan lain yang melibatkan banyak orang harus dibatasi selama pandemi.

3. Alun-alun Bandung

Belum lengkap rasanya, jika berkunjung ke Bandung sebaiknya tidak mampir ke Alun-Alun Bandung. Tempat liburan yang populer, terutama bagi keluarga di pergantian tahun. Lokasinya di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat. Anda bisa bersantai di tengah rerumputan buatan di Alun-Alun Bandung, dan juga di area yang sama dengan Masjid Raya Bandung. Selain itu, terdapat juga tempat wisata menarik lainnya di dekat alun-alun, seperti Museum Konferensi Asia Afrika, Majestic Theatre, Gedung Merdeka, Braga, dan pusat perbelanjaan.

4. Atraksi air mancur menari

Jika Anda berwisata ke Surabaya, kunjungilah objek wisata Air Mancur Menari di Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. Bisa juga jadi rekomendasi tempat wisata di tahun baru. Sepanjang 800 meter ini, yang berada di pantai Kenjeran Kenjeran, terdapat dekorasi air mancur warna-warni. Permainan cahaya membuat air mancur seolah menari mengikuti lagu. Tempat ini menjadi destinasi baru di Surabaya. Pengunjung dapat menikmati keindahan objek wisata air mancur yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Surabaya.

5. Jembatan Suramadu

Lalu ada Jembatan Suramadu, jembatan yang melintasi Selat Madura dan menghubungkan pulau Jawa dan Pulau Madura, Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini kini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian, yaitu jembatan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Biasanya, Jembatan Suramadu sering dikunjungi banyak orang di malam tahun baru. Dimana kembang api akan menghiasi langit Jawa Timur.

6. Batu Persegi

Terletak di Malang, Jawa Timur. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda dan keluarga kunjungi, termasuk Alun-Alun Kota Batu. Alun-alun kota Batu sangat berbeda dengan alun-alun kota lainnya. Semua atraksi lengkap di sini, mulai dari wahana permainan hingga fasilitas edukasi untuk balita. Saat liburan tahun baru, Batu Town Square menjadi tempat yang populer untuk berlibur, terutama bagi Anda yang berencana membawa keluarga.

7. Taman Fatahillah

Taman Fatahillah terletak di kawasan kota tua Jakarta Barat. Berbeda dengan taman lain yang biasanya dikelilingi pepohonan. Di sini Anda bisa melihat bangunan tua bersejarah peninggalan Belanda. Sebelum pandemi tahun baru, wisatawan dari dalam dan luar negeri biasanya berkumpul di Taman Fatahillah. Apalagi di malam hari, indahnya kembang api yang menghiasi Jakarta menjadi pemandangan yang indah.

8. Monas

Taman Monas (Monumen Nasional), tempat paling populer dan menarik untuk menghabiskan malam tahun baru. Seperti diketahui, Monas sendiri merupakan tempat bersejarah dan ikonik di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang sejarah Indonesia di tempat wisata yang satu ini. Nah, Monas ini memiliki taman yang sangat luas. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di taman ini. Juga pada Hari Baru, sebelum pandemi, konser dan kegiatan keagamaan lainnya biasanya diadakan di sini.

9. Bukit Kucing Reban

Destinasi wisata ini sering disebut sebagai Reban Kucing "negeri di atas awan". Bukit ini diselimuti kabut dan awan tipis yang membuat pemandangannya terlihat begitu menakjubkan. Tak hanya itu, hamparan lembah yang diselimuti awan terlihat seperti lautan luas. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat keindahan desa Reban Kucing di kecamatan Pasemah Air Keruh secara sekilas. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi ini adalah di pagi hari dan saat matahari terbenam. Tak kalah menarik, gol ini gratis alias gratis!

10. Situ Gunung Suspension

 Salah satu tempat wisata alam yang paling populer di Sukabumi saat ini adalah Jembatan Gantung Situ Gunung. Jembatan gantung ini merupakan yang terpanjang di Asia Tenggara dan terletak di tengah hutan, tepat di kawasan Situ Gunung. Dengan panjang 243 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 121 meter, tentu akan sedikit menguji adrenalin Anda.

 Namun, jembatan ini sudah teruji keamanan dan kenyamanannya. Wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan hijau yang masih asri, udara sejuk, kicau burung dan yang cukup menarik, sekali lagi lutung atau monyet sebagai penghuni asli hutan.


Tak hanya jembatan, di kawasan tersebut juga tak jauh dari sana atau danau Curug Sawer yang akan semakin melengkapi perjalanan traveler. Situs ini terletak di Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Post a Comment