Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Museum Yang Bisa Jadi Sarana Edukasi keluarga Di Bandung

 Kota Bandung dan sekitarnya merupakan salah satu tujuan wisata yang populer bagi penduduk Jabo de Tabek. Tak heran jika setiap akhir pekan dan hari libur, Kota Kembang penuh dengan mobil dan turis. Terkenal dengan banyak objek wisata yang berhubungan dengan alam, ada juga destinasi wisata di Bandung yang memiliki misi edukasi. Contohnya adalah beberapa museum yang ada di kota Bandung.


Mengunjungi museum-museum ini akan memperdalam pengetahuan dan wawasan Anda. Beberapa museum mengoleksi benda-benda bersejarah dan tempat-tempat yang penuh dengan perjalanan kolonial Indonesia.



Berikut adalah beberapa tempat wisata Bandung yang dapat membantu dengan mengunjungi empat daftar museum ini.


1. Museum Geologi


Nama Museum Geologi adalah sebuah monumen sejarah kota Bandung yang dibangun pada tanggal 16 Mei 1928.


Alasan dibangunnya museum yang didokumentasikan secara sejarah ini terkait dengan zaman penjajahan Belanda di Indonesia.


Saat itu, para ahli geologi dari Eropa Tengah berkunjung untuk menyelidiki sumber daya mineral Indonesia, khususnya Bandung.


Dengan demikian, Museum Geologi yang dilindungi pemerintah telah mengalami beberapa kali renovasi.


Museum Geologi yang didirikan oleh Dinas Pariwisata Kota Bandung ini memiliki tiga ruangan yang menyimpan pertunjukan animasi, sejarah fosil, dan bumi tata surya. Ada juga informasi tentang geologi Indonesia, termasuk wilayah Jayapura.


Ada juga koleksi Museum Geologi lainnya, antara lain museum 3D, penggalian fosil untuk anak-anak, taman batu, auditorium, ruang pendidikan, toko suvenir, poliklinik, dan masjid.


Museum Geologi terletak di Jl. Diponegoro Cihaur Geulisno.57. Hanya dengan Rp 2000-10.000, wisatawan sudah bisa mengunjungi sudut-sudut sepuasnya.


Museum Geologi Bandung buka dari hari Senin hingga Kamis pukul 08.00-16.00 dan Sabtu hingga Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, namun Anda dapat mengubahnya sewaktu-waktu.


Jika Anda sedang mencari wahana pendidikan keluarga, Anda bisa memilih Museum Geologi sebagai salah satu tempat wisata di Bandung.

2. Museum Gedung Sate

Saat ini, Museum Gedung Sate adalah salah satu atraksi yang wajib dikunjungi di Bandung. Tidak ada yang tahu, tapi jalan-jalan di tempat ini sudah menjadi ikon ibu kota Jawa Barat.


Museum Gedung Sate yang dipromosikan oleh pemerintah dengan nama Smart Museum ini berbeda dengan tempat wisata di Bandung lainnya.


Perhatikan bahwa Museum Gedung Sate memamerkan sejarah konstruksi bangunan menggunakan platform digital terbaru.


Di dalam Museum Gudungsate terdapat foto-foto sejarah kota Bandung dari zaman penjajahan hingga saat ini. Di sisi lain, ada audiovisual selain proyeksi 4D, teater yang diperluas, dan realitas virtual.


Tentunya fasilitas yang berbeda dengan museum lainnya membuat penasaran dengan isi Museum Gudungsate.


Di sisi lain, di sekitar Museum Gedung Sate juga terdapat teater-teater pendek, namun informasi ini bisa didapatkan setelah mengunjungi tempat wisata di Bandung ini.


Alamat Museum GedungSate berada di Jl. Diponegoro, Citarum, Bandung. Museum Gedung Sate buka dari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09:30 hingga 16:00 WIB.


Wahana edukasi keluarga Museum Sate Gedeung merupakan salah satu objek wisata Bandung dan wajib masuk dalam daftar.


3. Museum Kota Bandung

Dari dua tempat wisata di Bandung sebelumnya, salah satu destinasi kami kali ini adalah Museum Kota Bandung.


Museum Kota Bandung adalah tempat wisata di Bandung dan tempat edukasi sejarah kota.


Secara historis, TK "Frobelschool" milik Loge Sint Jan, didirikan pada tahun 1880-an. Sejak tahun 1950, bangunan pendahulu Museum Kota Bandung sudah dalam kondisi baik.


Museum Kota Bandung tampil dengan konsep masa lalu yang mirip dengan karakter Dewi Sartika dan Emma Poeradiredja.


Gambar Walikota Bandung sewaktu-waktu dipajang di isi Museum Kota Bandung. Sementara itu, kota ini memiliki sejarah perkembangan sejak tahun 1841 hingga berdirinya Gedung Merdeka pada tahun 1895.


Diluncurkan oleh Dinas Pariwisata Bandung, itu juga akan diperbaharui dengan artefak, benda-benda bersejarah dan teknologi digital.


Alamat Museum Kota Bandung berada di Jl. Aceh No. 47, Baba Cancia Nona. Jam kerja adalah 10.00-16.00WIB dari Selasa hingga Minggu.


Jika Anda sedang mencari wahana pendidikan keluarga, Anda bisa memilih Museum Kota Bandung sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi.

4. Museum Konferensi Asia-Afrika

Awalnya, Museum Konferensi Asia-Afrika bernama Museum Konferensi Asia-Afrika untuk memperingati peristiwa Konferensi Asia-Afrika. Omong-omong, ini adalah acara yang memotivasi negara-negara Asia dan Afrika untuk bekerja sama.


Perlu diketahui bahwa Museum Konferensi Asia Afrika dibangun oleh Pemerintah Republik Indonesia dan berada di bawah yurisdiksi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.


Sedangkan pengendaliannya berada di bawah koordinasi Kementerian Luar Negeri dan Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Barat.


Isi Museum Konferensi Asia-Afrika adalah beberapa pameran permanen, termasuk benda-benda 3D dan dokumen dari Konferensi Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan acara Konferensi Asia-Afrika 1955.

Hasil konferensi juga tersedia, bersama dengan profil negara-negara peserta konferensi Asia-Afrika yang dipublikasikan dalam multimedia.


Ruangan lain juga memiliki perpustakaan yang berisi majalah, surat kabar, dan beberapa dokumen yang berkaitan dengan Museum Konferensi Asia Afrika.


Selain itu, ada film dokumenter yang memperkenalkan situasi dunia dan peristiwa penting Konferensi Asia-Afrika.


Alamat Museum Konferensi Asia Afrika berada di Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika Nomor 65.


Tanggal merah tidak diungkapkan untuk pengoperasian Museum Konferensi Asia-Afrika, yang akan diadakan dari pukul 09.00 hingga 16.00 pada hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu.


Dari beberapa wahana edukasi keluarga di atas bisa menjadi tempat wisata di bandung untuk menambah pengetahuan

Post a Comment for "4 Museum Yang Bisa Jadi Sarana Edukasi keluarga Di Bandung"