Notifikasi

Loading…

Panduan Wisata Bandung untuk Turis yang Baru Pertama Kali

Informasi dan panduan wisata Bandung akan membuat banyak orang merasa terbantu. Para turis yang baru pertama kali berkunjung akan menjadi yang paling membutuhkan informasi seperti ini. Lantas, apa saja informasi penting yang sebaiknya para wisatawan tahu?

Lengkap akan wisata kuliner, kemudahan keliling kota, penuh tempat sejarah, kesenian yang unik, budaya, hingga belanja, semua ini lengkap di Bandung. Dengan menyempatkan waktu ke Bandung, Anda akan merasakan sendiri apa saja yang dibutuhkan untuk refreshing.

Secara natural, Bandung selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tidak peduli di bagian mana Bandung yang dimaksud, tetapi hampir di setiap daerah memiliki tempat yang pantas untuk menjadi target wisata. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk ke Bandung?

Namun harus ingat kalau saat ini Bandung sedang menerapkan PPKM level 3 sehingga untuk para calon wisatawan sebaiknya sudah tahu apa saja yang harus dilakukan. Ini bertujuan agar tujuan ke Bandung dapat tercapai dengan merasa puas dan kunjungi tempat tepat juga.



Panduan Wisata Bandung – Kebijakan Kunjungan Turis

Saat ini, dengan kasus Covid yang masih belum usai di Bandung, maka pemkot telah adakan kembali PPKM level 3 yang lebih banyak menyasar ke sektor wisata dan hiburan. Sehingga ini bisa saja membuat kegiatan para turis terbatasi jika tidak memenuhi syarat yang ada.

Yang wajib diketahui adalah, Anda dan para wisatawan lain wajib memiliki aplikasi Peduli Lindungi untuk kegiatan keluar masuk tempat wisata. Panduan wisata Bandung ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan jumlah kunjungan berkurang.

Di beberapa tempat wisata bahkan hanya diberi batasan hingga 25% saja dari kapasitas normal. Setiap pengunjung tempat wisata juga hanya bisa menghabiskan 2 jam maksimal berada di tempat tertentu. Karena area publik dibatasi dari jam 10.00 -- 18.00 saja.

Pengunjung juga wajib sudah menerima suntikan vaksin 2 kali. Ini adalah kewajiban dan yang dapat dilihat juga dari aplikasi Peduli Lindungi. Panduan wisata Bandung juga tidak hanya berlaku untuk para wisatawan lokal, turis asing juga memiliki kebijakan kunjungan.

Dengan merebaknya kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia, para tamu yang akan masuk ke provinsi mana saja harus transit ke Jakarta dulu. Mereka akan menjalani karantina hingga 7 hari baru boleh ke tempat yang dituju. Nanti akan ada juga rangkaian tes Covid-19.

Panduan Wisata Bandung – Waktu Kunjungan yang Paling Tepat

Pertanyaan yang sering ditanyakan lagi adalah tentang kapan waktu yang tepat untuk datang kunjungi Bandung. Dengan kondisi saat ini, waktu kunjungan yang tepat bisa atas 2 jenis pertimbangan, pertama soal waktu cuaca terbaik, dan satu lagi waktu yang tidak ramai.

Melihat kondisi Indonesia yang hanya memiliki 2 musim, musim penghujan dan musim panas, maka panduan wisata Bandung mengenai waktu terbaiknya adalah di musim panas. Bandung memiliki iklim yang tidak terlalu panas, sehingga tidak akan masalah di musim panas.

Tetapi jika sudah sampai di musim penghujan, wisata Bandung yang didominasi oleh kegiatan luar ruangan akan membuat Anda kesulitan menjalankan aktivitas. Hujan deras akan turun dan bahkan dalam banyak kasus, terdampak Banjir. Bulan Juni adalah yang paling tepat.

Bulan Juni hingga September dikatakan adalah waktu yang paling pas untuk Anda yang ingin datang kunjungi Bandung. Saat hari sedang panas, para wisatawan tetap bisa menikmati. Tidak seperti kota-kota besar yang saat siang hari akan merasa terlalu panas dan gerah.

Menurut statistik juga saat bulan Juni hingga September, curah hujan Bandung berada di kondisi paling rendah. Sebatas panduan wisata Bandung aja, ini akan menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi kota Bandung. Soal jam, pilih saja diantara jam 9-11 atau 2 sore.

Panduan Wisata Bandung – Cara Traveling ke Bandung dari Provinsi Terdekat

Jika turis menghabiskan waktu ke tempat lain dulu, maka akan mencari cara agar bisa sampai Bandung lewat beberapa provinsi terdekat. Bagi Anda yang berasal dari DKI Jakarta, Jogja, dan Bali, maka ini adalah panduan wisata Bandung lewat moda transportasi yang ada:

  1. Dari DKI Jakarta

Bagi Anda yang ingin datang ke Bandung setelah menjalani waktu yang padat di kantor Jakarta, maka Anda bisa mengambil beberapa aomodasi. Jika menggunakan pesawat, maka bisa sampai ke Bandung dalam waktu kurang dari 30 menit hingga 1 jam.

 

Jika harga tiket dirasa tidak pas, Anda bisa menggunakan kereta api di harga 90 ribu sampai 200 ribu dari Gambir (Jakarta) ke Bandung. Ama perjalanan dengan kereta api sekitar 2,5 jam. Panduan wisata Bandung lewat bus bisa ditempuh sekitar 3 jam.

 

  1. Dari Yogyakarta

Sedangkan bagi Anda yang ingin mengunjungi Bandung dari Jogja, ada juga akomodasi pesawat dari bandara Adisucipto ke Husein Sasranegara dengan lama penerbangan sekitar 1 jam lebih. Namun jika menggunakan kereta api, waktunya lebih lama.

 

Dari Yogyakarta ke Bandung, lama perjalanan bisa sampai 8 jam dengan tiket berkisar darri 195 ribu untuk kelas ekonomi dan 385 ribu di kelas eksekutif. Hingga saat ini, belum ada panduan wisata Bandung yang menyediakan akomodasi lewat bus.

 

  1. Dari Bali

Bagi yang berasal dari Bali dan ingin mengunjungi Bandung, maka harus siap untuk ikuti jadwal transit dulu. Hampir semua penerbangan dari Bali ke Bandung itu singgah ke Surabaya atau Jakarta, setelah itu baru para turis melanjutkan perjalanan.

Panduan Wisata Bandung – Tempat yang Wajib Dikunjungi

Setelah tiba di Bandung dari beberapa tempat lain, maka Anda pasti akan segera merasakan mana saja tempat wajib yang ada di Bandung. Tetapi jangan terburu-buru dulu, pastikan kalau protokol kesehatan dipatuhi. Jika sudah lengkap, maka ini tempat yang bisa dikunjungi.

  1. Kawah Putih

Pesona alam masih menjadi nilai paling unggul dari Bandung. Rekomendasi sekaligus panduan wisata Bandung dari kami adalah Kawah Putih. Saat kunjungi Kawah Putih, pastikan membawa jaket karena suhunya bisa sampai 8 derajat celcius.

 

  1. Cimanggu, Pemandian Air Panas

Jika tadi adalah tempat yang dingin, yang akan kami rekomendasikan selanjutnya ialah Cimanggu, sebuah tempat pemandian air panas. Sumber air dari Gunung Patuha membuat objek wisata ini wajib untuk Anda sempatkan waktu dan kunjungi.

 

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan legenda Tangkuban Perahu. Dan ini juga panduan wisata Bandung selanjutnya dari kami. Gunung Tangkuban Perahu, sebuah gunung yang menyerupai perahu yang dibalik dengan banyak kekayaan alam.

 

  1. Curug Dago

Air terjun yang memiliki cerita unik juga adalah Curug Dago. Ini adalah sebuah tempat penuh sejarah dengan banyaknya prasasti di sepanjang jalan setapak dengan panjang 1,2 km. Maka dari itu, ada juga yang menganggap ini sebagai tempat suci.

 

  1. Situ Patenggang

Anda belum kunjungi Bandung jika masih belum mengunjungi tempat wisata Situ Patenggang. Objek alam ini adalah sebuah danau dengan perahu yang siap membawa Anda melihat pinggiran danau yang seperti dibentengi oleh bukit yang indah.

Berkunjung ke Bandung tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi semua tempat wisata yang dikatakan wajib untuk dikunjungi. Selain itu, akses yang sangat mudah membuat Bandung banyak menjadi pilihan destinasi wisata. Tetapi Anda perlu panduan wisata Bandung.

 

 


Post a Comment