Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Cukup Hanya Mencakupankan Tangan, Mari Pelajari Sesungguhnya Bhatara Hyang Guru Kita di Merajan

Tidak Cukup Hanya Mencakupankan Tangan, Mari Pelajari Sesungguhnya Bhatara Hyang Guru Kita di Merajan
Bukannya saya meragukan saudara, jika kita Hindu kita wajib mengetahui/mempelajari tentang Bhatara Hyang Guru kita di Merajan. Jadi, nggak hanya memohon doa dan keselamatan saja, tapi tidak tau asal-usul Bhatara Guru kita. 

Disini di blog payanadewa.com saya sekaligus menulis dan belajar tentang budaya Bali, salah satunya hari ini menulis Tentang Bhatara hyang Guru. Bhatara Guru juga disebut dengan Hyang Pramesti Guru yang merupakan guru sejati. Di kutip dari situs cakepane.com Bahwa Bhatara Surya memberi gelar kehormatan "Bhatara Guru" sebagai ucapan terimakasih, karena sudah menjadi anak/muridnya Dewa Siwa, gelar itu diberikan kepada Beliau karena "Dewa Siwa" merupakan guru daripada para Dewa. 

Sedangkan di dalam "Lontar Sundarigama" bahwa saat Hari Pagerwesi merupakan Hari Payogan Sanghyang Pramesti Guru, kita wajib berdoa dan memohon kepada beliau agar hidup kita ini direstui beliau agar sentosa dan kemajuan balam hidup, dll...

Sedangkan didalam "Tutur Gong Besi" (kelompok naskah yang memuat ajaran Siwaistik) Bhatara Guru adalah Dewa Siwa itu sendiri dengan sebutan Ida Bhatara Dalem.

Ida Bhatara Dalem adalah Bhatara Guru sebagai Sanghyang Paramawisesa, karena semua rasa baik, rasa sakit, rasa sehat, rasa lapar dan sebagainya adalah beliau sumbernya.

Beliau adalah asal dari kehidupan, beliau memelihara alam semesta ini dan beliaulah penguasa alam kematian yang tidak ada melebihi beliau sehingga beliau juga disebutkan dengan Sanghyang Pamutering Jagat.

Karena kemahakuasaan beliau sebagai pencipta, pemelihara dan pelebur, beliau disebut dengan banyak nama, sesuai dengan fungsi dan tempat beliau berstana. Yaitu sebagai berikut:

  1. Di Pura Puseh, beliau dipuja sebagai Sanghyang Triyodasa Sakti
  2. Di Pura Desa, beliau dipuja sebagai Sanghyang Tri Upasedhana
  3. Di Pura Bale Agung, beliau dipuja sebagai Sanghyang Bhagawati
  4. Di perempatan jalan raya beliau dipuja sebagai Sanghyang Catur Bhuwana.
  5. Di pertigaan jalan raya beliau dipuja sebagai Sanghyang Sapu Jagat
  6. Di Kuburan atau Setra Agung beliau dipuja sebagai Bhatara Durga
  7. Di tunon / di pemuwunan (tempat pembakaran mayat) beliau dipuja sebagai Sanghyang Bherawi.
  8. Di Pura Pengulun Setra, beliau dipuja sebagai Sanghyang Mrajapati
  9. Di Laut, beliau dipuja sebagai Sangyang Mutering Bhuwana
  10. Di Langit, beliau dipuja sebagai Bhuwana Taskarapat
  11. Di Gunung Agung, beliau dipuja sebagai Sanghyang Giri Putri
  12. Di Gunung Lebah, beliau dipuja sebagai Dewi Danu
  13. Di Pancuran Air, beliau dipuja sebagai Sanghyang Gayatri
  14. Di Aliran sungai, beliau dipuja sebagai Betari Gangga
  15. Di Sawah, beliau dipuja sebagai Dewi Uma
  16. Di Jineng atau lumbung padi, beliau dipuja sebagai Dewi Uma
  17. Di Bejana (Tempat beras0, beliau dipuja sebagai Sanghyang Pawitra Saraswati.
  18. Di dalam priuk Nasi / makanan, beliau dipuja sebagai Sanghyang Tri Merta
  19. Di Kemulan, beliau dipuja sebagai Sang Hyang Atma, di ruang kanan Pelinggih Kamulan adalah bapa disebut Sang Hyang Paratma, di ruang kiri Kamulan adalah ibu disebut Sang Hyang Siwatma, di ruang tengah Kamulan raganta menjadi Brahmasebagai ibu dan bapa menjadi Sang Hyang Tuduh.
  20. Sanggah Kemulan adalah sebuah pelinggih dengan rong tiga sebagai wujud penyatuan Sanghyang Triatma dengan sumber dan asal-Nya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk saudara Hindu. Jika ada penjelasan yang kurang lengkap atau kurang tepat. Mohon dikoreksi bersama. Suksma…

Post a Comment for "Tidak Cukup Hanya Mencakupankan Tangan, Mari Pelajari Sesungguhnya Bhatara Hyang Guru Kita di Merajan "