Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara-cara Untuk Tetap Bahagia di Hari Tua



HARAPAN DIHARI TUA

OM SWASTYASTU

Kalau Anda terlalu sibuk mengeluhkan pertambahan usia, Anda justru tidak bisa menikmati waktu yang Anda punya. Berikut cara-cara untuk tetap bahagia di hari tua.

Saat remaja, Anda selalu menyambut ulang tahun dengan riang gembira. Bertambahnya usia tak hanya berarti saatnya bersenang-senang mentraktir teman-teman makan di restoran favorit, tapi juga semakin dekatnya saat Anda untuk bisa menyetir kendaraan sendiri, bisa pulang lebih malam, atau menentukan pilihan sendiri. Saat remaja, bertambahnya usia bisa diasosiasikan dengan kebebasan yang lebih luas.

Tapi ketika angka 29 berubah menjadi 30, atau 39 berubah jadi 40, bisa jadi pandangan ini berubah. Tahun demi tahun, perubahan yang terjadi akan semakin banyak. Fisik juga Anda akan berubah. Daya tahan dan metabolisme tubuh tak lagi sama. Masalah kesehatan pun menghantui. Akibatnya, kalau saat remaja Anda mengasosiasikan pertambahan usia sebagai bertambahnya kebebasan, kini mungkin Anda justru merasa kebebasan Anda akan semakin berkurang saat usia Anda bertambah, karena keterbatasan fisik yang mungkin mulai Anda miliki.

Tentu saja Anda tidak dapat melawan waktu. Kalau Anda terlalu sibuk mengeluhkan pertambahan usia Anda, Anda justru tidak bisa menikmati waktu yang Anda punya. Ingat, tidak semua orang mendapat berkah umur yang panjang. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menerima pertambahan usia Anda dengan bijak.

1. Tetap aktif dalam hal yang Anda sukai

Jangan batasi hidup Anda dengan karier, pernikahan, dan keluarga Anda saja. Lakukan juga hal lain yang Anda sukai,semasih dalam batas kewajaran... sehingga Anda dapat tetap mengekspresikan diri Anda. Kemampuan mengekspresikan diri ini juga akan memengaruhi perasaan puas terhadap diri sendiri dan memicu munculnya perasaan bahagia. Asal tahu saja, kebahagiaan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi stres, sehingga menjaga kelancaran peredaran darah serta detak jantung. Jadi, sehat adalah salah satu efek positif bahagia.

2. Coba sesuatu yang baru

Anda tidak pernah terlalu tua tetap ceria dan bersahaja partisipasi ikut ngayah atau baksos atau perkumpulan hoby atau bercocok tanam atau memelihara hewan atau ternak mengisi waktu memasuki usia senja

3. Menjaga kehidupan sosial

Salah satu perasaan yang muncul di usia tua adalah merasa tidak berguna karena tidak lagi mampu melakukan berbagai hal yang dulu bisa Anda lakukan dengan mudah. Tapi menjaga hubungan dengan teman-teman lama akan membantu Anda melupakan perasaan tersebut. Anda tidak hanya memiliki teman untuk merayakan saat-saat bahagia.

4. Tetap berolahraga

Poin yang ini pasti sudah Anda ketahui, tapi tak jarang yang sulit untuk melakukannya. Olahraga rutin membantu Anda menjaga kesehatan sekaligus membuat Anda lebih bahagia. Siapa sih yang suka kalau harus berbaring di tempat tidur karena sakit?

5. Jangan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tidak semua orang bisa terlihat seperti berusia 25 tahun di usia 40. Kalau Anda terus menerus membandingkan diri dengan masa muda Anda, Anda bisa jadi malah merasa tertekan. Yang penting adalah Anda tetap sehat dan tampil sebaik mungkin.

Perubahan fisik saat Anda bertambah tua memang tidak bisa dihindari. Tapi bukan berarti jiwa Anda juga harus berubah, kan? Anda bisa tetap merasa bahagia dan produktif bahkan di usia tua. Kebahagiaan Anda malah akan terpancar di wajah Anda dan membuat Anda terlihat lebih menarik. Sebaliknya, kalau Anda melewati masa tua Anda dengan ketidakbahagiaan, hal itu juga akan terlihat di kehidupan Anda sehari-hari.

Untuk masa tua mengatur keuangan adalah hal sulit untuk dilakukan oleh semua orang, terutama bagi yang tidak memiliki komitmen dan juga disiplin yang tinggi dalam hal ini. Berbagai kebiasaan buruk yang sering di lakukan dapat membuat keuangan menjadi kacau dan tidak bisa berjalan dengan baik sebagaimana harapan Anda.

Tentu bukan sebuah perkara yang mudah untuk bisa mengubah berbagai kebiasaan tersebut, apalagi jika ternyata pengetahuan Anda mengenai keuangan sangatlah kurang...

Sementara di lain sisi, cara mengelola keuangan akan berdampak secara langsung pada kualitas hidup yang di jalani selanjutnya. Anda tentu paham dan pernah menemukan, bagaimana seseorang mengalami masa tua yang tidak sejahtera, sementara di masa muda karir dan keuangannya cukup cemerlang?

Hal-hal seperti ini bisa saja terjadi karena rapuhnya fondasi keuangan dan minimnya pengetahuan seseorang terhadap pentingnya keuangan itu sendiri.

Cara mengelola keuangan Anda saat ini, akan menjadi salah satu penentu sejahtera atau tidaknya di masa tua nanti. Jika memiliki sejumlah kebijakan yang tepat dan efektif di dalam keuangan, maka besar kemungkinan kesejahteraan di masa tua akan lebih terjamin.

Namun sebaliknya, jika saat ini saja Anda tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, maka hal tersebut juga akan berlangsung hingga tua nanti, di mana keuangan tidak terjamin dengan baik. Anda tentu tidak ingin melarat di masa tua nanti, bukan?

Memperbaiki keuangan bisa dilakukan dari sekarang, di mana Anda memang masih memiliki penghasilan dan juga sejumlah upaya yang dapat diandalkan untuk hal tersebut. Tidak perlu sulit, Anda bisa memulainya hal ini dengan menjalankan beberapa kebiasaan baik di dalam keuangan itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa nasihat keuangan yang penting untuk dipahami dan jalankan di dalam keuangan, agar hari tua Anda menjadi sejahtera:

1. Kelola keuangan dengan tepat
Berapapun usia dan berapapun jumlah pendapatan saat ini, sangat penting untuk bisa mengelola keuangan dengan bijak. Jumlah pendapatan akan selalu cukup, jika bisa mengolah dan mengendalikan keuangan dengan tepat. Beberapa kebijakan harus diterapkan dalam keuangan, sehingga semua berjalan dengan efektif dan sesuai dengan kebutuhan serta jumlah pendapatan selama ini.

Jangan sungkan untuk meninggalkan gaya hidup yang selalu berujung pada pemborosan, di mana Anda harus mengeluarkan sejumlah uang yang besar untuk menjalankannya. Lakukan hal tersebut sejak sekarang, agar menjadi kebiasaan dan berdampak baik pada kondisi keuangan. Kelola dengan tepat dan terapkan berbagai kebijakan yang diperlukan di dalamnya.

2. Miliki Anggaran yang efektif
Anda juga harus memiliki anggaran yang efektif, di mana semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik, termasuk berbagai hal lainnya yang wajib dimiliki di dalam keuangan. Jangan menyusun sebuah anggaran yang aneh-aneh dan pada akhirnya tidak bisa dijalankan dengan baik di dalam keuangan.

Susunlah sebuah anggaran yang masuk akal dan sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki sekarang. Lakukan hal ini dengan teliti, agar semua kebutuhan terpenuhi dengan tepat dan baik.

3. Buat Tujuan Keuangan yang Jelas
Setiap orang harus memiliki tujuan keuangan, termasuk Anda, sebab hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hidup yang berkualitas di masa depan. Tentukan tujuan keuangan sekarang dan mulailah mengarahkan perhatian kepada tujuan tersebut.

Setidaknya, Anda harus memiliki tujuan keuangan untuk 5-7 tahun ke depan, sehingga bisa mendapatkan beberapa perbaikan di dalam keuangan dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini tentu akan secara langsung memperbaiki kualitas kehidupan, sebab keuangan lebih terarah dan akan terkendali dengan sendirinya. Selanjutnya, menentukan tujuan keuangan jangka panjang (10-20 tahun ke depan)

4. Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini
Masih muda dan ingin memiliki masa tua yang sejahtera? Mulailah mempersiapkan dana pensiun sejak sekarang. Bukan nanti, namun saat ini. Sisihkan secara rutin sekian persen dari pendapatan setiap bulannya, alokasikan uang ini sebagai dana pensiun.

Anda bisa menyimpannya di dalam rekening khusus, atau bahkan membuka tabungan pensiun yang saat ini banyak ditawarkan oleh pihak bank yang dijamin oleh negara. Jika memang telah memiliki sejumlah dana pensiun yang cukup banyak, maka bisa mengalokasikannya ke dalam berbagai instrumen investasi pribadi yang lebih menguntungkan.

Ini akan membantu mengatasi inflasi yang terjadi, sehingga nilai dana tersebut tetap tinggi di masa yang akan datang. Gunakan investasi pribadi dengan tingkat risiko yang rendah seperti deposito, agar dana pensiun tetap aman dan terjamin.

5. Menabung secara teratur
Memiliki cita-cita sejahtera di masa depan tanpa membuat tabungan adalah hal yang terbilang sedikit "aneh dan mustahil", mengingat untuk bisa bebas keuangan akan membutuhkan sejumlah dana serta investasi pribadi yang tidak sedikit. Lalu bagaimana Anda akan mewujudkannya jika tidak menabung sejak sekarang?

Penting dan wajib untuk selalu menabung, meskipun Anda sudah mapan saat ini. Sejumlah tabungan akan membantu Anda menuju titik aman di dalam keuangan, atau bahkan mencapai berbagai tujuan keuangan yang telah ditetapkan sejak awal. Menabunglah secara teratur, baik itu tabungan harian, mingguan, atau bahkan bulanan.

Tabungan ini akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan keuangan, misalnya: investasi, dana pensiun, atau bahkan memulai sebuah bisnis yang baru setelah masa pensiun nanti.

6. Berinvestasi pribadi dari sekarang (uang lebih). Untuk sejahtera di masa tua, Anda harus memiliki sejumlah investasi pribadi, apapun bentuknya. Untuk itu, hal ini juga menjadi poin yang wajib ada di dalam rencana keuangan. Pilih instrumen investasi pribadi yang paling tepat dan menguntungkan, sehingga nilainya akan bertambah dan tidak tergerus oleh inflasi.

Untuk bisa berinvestasi pribadi dengan baik, maka Anda juga wajib memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan hal tersebut, mengingat beberapa instrumen investasi pribadi juga mengandung sejumlah risiko yang cukup besar.

Amankan keuangan dengan investasi, namun jangan lupa untuk belajar secara detail mengenai instrumen investasi yang akan dibeli nanti. Ini akan membuat keuangan lebih aman di masa yang akan datang, sebab Anda paham dan bisa mengambil berbagai keputusan yang tepat terkait dengan investasi yang Anda lakukan. Jangan lupa juga belajar dari orang-orang yang sudah ahli di bidang investasi

7. Lakukan evaluasi pada rencana keuangan
Ada kalanya semua rencana tidak berjalan dengan baik, begitu juga di dalam keuangan. Hal seperti ini sangat mungkin terjadi, meskipun Anda merasa telah melakukan semua yang terbaik di dalam keuangan. Biasakan untuk mengevaluasi keuangan secara berkala, sehingga bisa mengetahui ke mana dan bagaimana uang mengalir setiap bulannya. Jika dibutuhkan, lakukan perbaikan pada berbagai kebijakan yang diterapkan di dalam keuangan, agar semua bisa berjalan dengan baik dan lancar

8. Terapkan Hidup Hemat
Ini mungkin akan sulit untuk dijalankan, namun akan sangat berdampak baik bagi keuangan secara keseluruhan. Mulailah gaya hidup hemat di dalam diri, di mana Anda membelanjakan uang hanya untuk berbagai kebutuhan yang sangat penting saja.

Hindari hura-hura dan membelanjakan uang tanpa sebuah perencanaan yang matang, sebab ini adalah bentuk pemborosan yang akan membuat keuangan menjadi berantakan. Atur pengeluaran dengan tepat, sehingga keuangan tetap seimbang dan berjalan dengan lancar.

Dalam mengelola keuangan, seringkali kita terlena dan melupakan betapa pentingnya mengelola keuangan untuk masa depan. Ubahlah berbagai kebiasaan tersebut, sebab hal ini akan mempengaruhi kesejahteraan masa tua nanti.
Agar keuangan anda berjalan dengan baik dimasa tua anda, semoga bermanfaat

OM SHANTI SHANTI SHANTI OM

Post a Comment for "Cara-cara Untuk Tetap Bahagia di Hari Tua"