寺 (Tera), dan 神社 (Jinja)!



Mungkin Teman-teman pernah mendengar istilah Tera dan Jinja? Jika diartikan dalam bahasa Inggris, Tera memiliki arti "temple", dan Jinja memilki arti "shrine". Dalam bahasa Indonesia, kedua kata ini sama-sama bisa diartikan "kuil", baik kuil Buddha dan kuil Shinto.

Lalu. sebetulnya apa perbedaan dari Tera dan Jinja?

寺 (Tera), dan 神社 (Jinja)!

Secara singkat, Tera adalah kuil Buddha dan umumnya ditandai dengan patung Buddha, serta biasanya ada biksu yang tinggal di dalamnya. Pengucapan untuk Tera bisa saja berubah sedikit, tergantung pada nama kuil Buddha dimaksud.


Contohnya: Pelafalan Tera yang berubah menjadi Dera pada Kiyomizu-dera, istilah Tera yang menjadi Ji pada Kinkaku-ji, maupun istilah In pada Byodo-in.

Sedangkan pada kuil Shinto terdapat berbagai kategori, dan dapat dikelompokkan lagi menjadi Jingu (神宮), Gu (宮), Dai-Jingu (大神宮), Taisha (大社), Jinja (神社), dan Sha (社).


Perbedaannya kurang lebih seperti ini:

Jingu mengacu pada kuil Shinto yang khusus ditujukan bagi orang-orang dengan status tertinggi. Di Jepang, kuil Jingu memiliki hubungan yang sangat erat dengan keluarga kekaisaran Jepang dan para dewa leluhur dari keluarga kaisar.


Contoh Jingu antara lain: Meiji Jingu (明治神宮) di Tokyo, Ise Jingu (伊勢神宮) di Prefektur Mie

Gu (宮) mengacu pada kuil Shinto bagi orang-orang berstatus tinggi, serta dinamai karena memiliki beberapa alasan khusus. Selain itu, Gu juga diberikan untuk mengabadikan orang yang meninggal, namun masih berkaitan dengan Kaisar Jepang atau Keluarga Kekaisaran.


Contoh Gu antara lain Nikko Tosho-Gu (日光東照宮) di Prefektur Tochigi, Dazaifu Tenman-Gu (太宰府天満宮) di Prefektur Fukuoka.

Dai-Jingu (大神宮) mengacu pada cabang dari Ise Jingu (伊勢神宮). Contohnya pada Tokyo Dai-Jingu (東京大神宮) di Tokyo.

Taisha (大 社) merujuk kepada kuil Shinto besar dengan status tinggi yang dikenal sebagai pusat agama Shinto di wilayah lokal Jepang.

Contohnya antara lain Izumo Taisha (出雲大社) di Prefektur Shimane, Kasuga Taisha (春日大社) di Prefektur Nara.



Sedangkan Jinja (神社) adalah tipe umum dari kuil-kuil Shinto, dan Sha (社) mengacu pada kuil-kuil Shinto yang berukuran lebih kecil, atau merupakan singkatan dari Jinja (神社).

Demikian sekilas penjelasan mengenai Tera dan Jinja di Jepang, pada kesempatan lain kami akan coba membahas tentang Sanmon dan Torii yang merupakan gerbang masuk dari Tera dan Jinja ⛩

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel