Cara Membuat Onigiri Khas Jepang

Sukan makan makanan khas Jepang? Sudah tahu belum dengan makanan satu ini, yakni onigiri?
Cara Membuat Onigiri Khas Jepang

Onigiri adalah salah satu jenis makanan khas Jepang yang bisa dibilang cukup digemari oleh banyak orang, khususnya di Indonesia. Onigiri ini sendiri merupakan sejenis nasi kepal yang dipadatkan, lalu dibentuk menjadi segitiga dan dibungkus dengan nori.
Selain itu, onigiri juga diberi isian berupa ikan, daging, sayuran, telur, dan lain sebagainya. Untuk bisa mencicipi makanan khas Jepang tersebut, sudah pasti Anda tak perlu lagi jauh – jauh terbang ke Jepang, sebab di Indonesia ada banyak sekali kedai – kedai makanan Jepang yang menyediakan makanan khas Jepang tersebut.
Tapi, jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah juga tidak jadi masalah, sebab pada artikel berikut ini juga akan kami informasikan cara membuat onigiri khas Jepang yang mudah. Simak langkahnya di bawah ini, yuk!

Cara Membuat Onigiri Khas Jepang

Cara Membuat Onigiri Khas Jepang

Tidak sama seperti kebanyakan makanan khas Jepang pada umumnya, onigiri ini ternyata bisa dimakan secara langsung tanpa menggunakan sumpit, alias dengan tangan kosong. Kabar baiknya lagi, ternyata untuk membuat onigiri juga bisa dilakukan dengan tangan kosong tanpa alat memasak khusus.
Agar nasinya bisa menempel dengan baik, onigiri biasanya dibuat dari beras Jepang yang memang terbilang cukup lengket sekali, bahkan mirip seperti nasi ketan.
Jenis onigiri yang paling sering ditemukan di kedai – kedai Jepang di Indonesia adalah yang dibuat dengan bentuk segitiga sama sisi. Tetapi ada pula bentuk yang lain, seperti bentuk silinder, segi empat, bulat, dan bulat agak gepeng.
Onigiri khas Jepang biasanya hanya diberi isian berupa daging ikan salmon yang dipanggang, atau umeboshi. Tetapi kini sudah ada banyak varian bahan isian lainnya, seperti berikut ini.
  • Ikan – ikanan, seperti ikan tuna, salmon, dan ikura
  • Gorengan, seperti hamkatsu, menchikatsu, dan kroket
  • Acar – acaran, seperti kimchi, umeboshi, acar wasabi, dan acar timun
  • Tumisan, seperti tsukudani, sayuran, dan lainnya

Bahan untuk membuat onigiri

  • Nasi yang dicampur bersama ketan atau nasi khusus seperti yang biasanya dipakai untuk membuat sushi
  • Telur dada, potong menjadi bentuk kecil – kecil
  • Garam secukupnya
  • Nori atau rumput laut secukupnya


Cara membuat onigiri

  • Pertama, silakan Anda masak terlebih dulu nasinya sampai matang sempurna, lalu diamkan beberapa saat sampai menjadi hangat
  • Cuci tangan Anda agar bersih, sebab semua proses pembuatan makanan khas Jepang ini akan menggunakan tangan kosong. Jika sudah, basahi kedua telapak tanganmu dengan air matang. Tujuannya adalah agar nasi tidak mudah menempel di tangan saat Anda mulai membentuknya.
  • Ambil garam secukupnya dan oleskan di sekitar telapak tanganmu. Agar garamnya bisa merata sempurna, gosokan kedua telapak tanganmu seperti gerakan mencuci tangan. Pemberian garam ini berguna untuk memberikan rasa asin pada makanan khas Jepang tersebut.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengambil satu kepal nasi dan isi bagian tengahnya dengan telur dadar yang sudah Anda potong – potong tadi. Bentuk nasi tersebut sampai menjadi bentuk segitiga, atau jika mau Anda bisa membentuknya jadi bentuk yang lain. 
  • Apabila sudah terbentuk, tempelkan lembaran nori atau rumput laut pada onigiri tersebut. Berikan tekanan sedikit saja agar nori bisa menempel pada nasinya dengan baik. 
  • Tara, sekarang onigiri khas Jepang sudah siap untuk disantap.


Cara Membuat Onigiri Khas Jepang

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara membuat onigiri khas Jepang. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Onigiri Khas Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel