Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan dan Kekurangan Wordpress yang Harus Diketahui

Bagi Anda seorang blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya platform wordpress. Akan tetapi bagi mereka blogger pemula atau yang baru mengenal blog, mungkin akan terdengar asing ketika istilah wordpess disebut.
Wordpress merupakan suatu content management system atau CMS yang sangat digemari dan populer di kalangan blogger baik di dalam negeri atau di luar negeri. Dengan wordpress, pengguna dapat membuat blog mereka sendiri sesuai yang diinginkan. Dikatakan bahwa Wordpress lebih terkesan professional dibandingkan platform blogger lainnya. Namun tetap saja, wordpress memiliki keuntungan dan kekurangan. Berikut keuntungan dan kekurangan wordpress yang Anda harus tahu!
Image result for wordpress vs blogger ilustrasi
Source: whinesaga.blogspot.com

Keuntungan dan Kekurangan Wordpress

Disini kita akan kupas secara lebih detail apa saja yang menjadi keuntungan dan kekurangan wordpress. Kelebihan atau keuntungan wordpress diantaranya :
  • Dapat digunakan secara offline dengan web server yang sudah terinstalasi secara lokal.
  • Menyediakan berbagai macam template dan plugin.
  • Pembuatan kategori dan sub kategori yang banyak.
  • Mampu diinstal pada suatu web hosting yang sudah mendapat dukungan PHP dan MySQL.
  • Dapat dicustom dengan jauh lebih mudah.
  • Dapat memanfaatkan interface xml roc/ remote procedure cell.
  • Dapat diintegrasikan post dengan email
  • Support dengan tema dan plugin
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam mengimpor data
  • Mudah dalam melakukan proses administrasi dan perawatan blog, tanpa perlu memiliki pengalaman ngeblog.
  • Bisa searching dengan nyaman dan multi bahasa
  • Memiliki banyak fitur serta susunan panel administrasi dengan baik
  • Memiliki suatu link manager
Namun ketika Anda menggunakan wordpress, selain memiliki keuntungan juga memiliki kekurangan khususnya jika wordpress yang Anda gunakan adalah wordpress gratis tanpa Anda memiliki hosting sendiri. Beberapa kekurangan tersebut meliputi :
Tidak dapat mengatur halaman hosting
Jika wordpress bersifat free atau gratis didalamnya sudah tersedia layanan hosting secara gratis dan Anda tidak bisa mengakses panel hosting tersebut. Jika memang Anda membuat script php sendiri, tentu tak akan bisa Anda lakukan hal tersebut. Lebih spesifiknya bahwa kebebasan Anda untuk memaksimalkan blog seperti blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri tidak berbayar maka Anda tidak akan bisa melakukan hal tersebut.
Konten tidak mutlak milik sendiri
Mengingat hostingnya bukan milik sendiri, maka tentu saja seluruh konten dan kepemilikan hanya bersifat semu. Akan tetapi berbeda ketika Anda menggunakan wordpress berbayar dengan hosting yang Anda sewa sendiri maka kepemilikan blog wordpress berbayar tersebut adalah murni milik Anda dengan biaya sewa yang sudah Anda bayarkan.
Kurang leluasa dalam menata tampilan
Pada halaman css, halaman yang paling penting untuk melakukan edit html dengan tujuan menata blog. Akan tetapi didalam wordpress yang free atau gratis maka Anda tidak dapat menggunakan fitur tersebut melainkan harus dengan yang berbayar, baru Anda bisa menggunakannya.
Tidak dapat menerima bisnis dari google adsense
Sudah menjadi hal yang sangat lazim jika di dunia blogging sudah banyak yang menjadikan blog sebagai suatu ajang bisnis. Kebanyakan bisnis yang dilakukan dengan operasional secara online melalui blog, mereka menggunakan sebuah iklan dengan memanfaatkan iklan google adsense yang sampai saat ini populer dimana untuk menampilkannya Anda juga harus memasukkan bahasa code atau script ke dalam wordpress. Sampai saat ini bahkan suatu blog wordpress tidak dapat dimasukkan code bahasa atau suatu script iklan dari google adsense, itulah salah satu kekurangannya.
Demikian informasi selengkapnya untuk Anda tentang keuntungan dan kekurangan wordpess yang Anda harus tahu. Dianjurkan jika memang Anda ingin mendapatkan tampilan blog professional, Anda perlu memanfaatkan wordpress berbayar dengan hosting pribadi.