Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ekspedisi Mata Uang Indonesia

Ekspedisi Mata Uang Indonesia

Selain menjadi alat tukar yang sah, uang menjadi media promosi wisata disuatu negara termasuk obyek wisata populer berikut ini melalui melalui mata uang rupiah Indonesia.

Pura Ulun Danu Beratan

Sebagai pembuka cobalah buka isi dompet dan mulailah perhatikan berbagai desain yang tercetak pada uang rupiah yang Anda miliki. Jika Anda cukup memperhatikan, mata uang rupiah memiliki desain yang istimewa karena terdapat visual para pahlawan, serta diantaranya menggambarkan kekayaan budaya khas Nusantara maupun pesona wisata yang terkandung di dalam negeri ini.  Dari banyaknya desain uang rupiah yang dirilis oleh pemerintah Republik Indonesia, Anda mungkin ingat pada para visual Pura Ulun Danu Beratan yang berada di kawasan Bedugul, Bali, pada cetakan IDR 50.000 keluaran tahun 2005 lalu.

Tergambar cukup jelas elok dan menawan, Pura Ulun Danu Beratan sendiri merupakan salah satu cagar budaya penting yang masih difungsikan sebagai peribadatan umat Hindu di Pulau Dewata. Menurut catatan sejarah Pura ini dibagun oleh I Gusti Agung Putu dari kerajaan Mengwi pada tahun Caka 1556 atau sekitar tahun 1634 Masehi. Selain dikelilingi danau air tawar serta perbukitan yang indah juga, lokasi Pura Ulun Danu Beratan juga berhawa sejuk dan dingin. Meskipun lokasinya jauh dari keramaian di Pulau Dewata, Pura Ulun Danu Beratan tetap dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara berkat panoramanya yang tidak biasa. Berdiri tepat di sebelah danau Beratan, pura ini juga memiliki atap meru bertingkat 11 (pelinggih meru) yang didedikasikan sebagai pemujaan tertinggi kepada Dewa Siwa dan istrinya Dewi Parwati. Selain dijadikan tempat wisata populer, warga setempat juga memanfaatkan danau ini sebagai sarana irigasi untuk segala aktivitas pertanian mereka.


Raja Ampat
Ekspedisi Mata Uang Indonesia

Siapa yang tidak terpikat dengan pesona Raja Ampat? Saking cantiknya, destinasi wisata yang berada di bagian timur Indonesia ini akhirnya diabadikan dalam mata uang rupiah pecahan IDR 100.000 keluaran tahun 2017 kemarin. Patutlah berbangga dengan Raja Ampat karena destinasi yang terletak di Papua Barat ini  memiliki kekayaan bahari yang tiada duanya.


Bagaikan kristal, perairan yang mengelilingi wilayah ini pun masih terhitung sangat asri dan sebagian besar wilayahnya belum terjamah manusia. Selain didominasi oleh terumbu karang beraneka jenis, Raja Ampat juga banyak menyimpan pesona diatas daratannya.

Bagi Anda pecinta petualangan, maka Raja Ampat bisa menjadi opsi terbaik saat libur menanti. Sedikit informasi tentang Raja Ampat memiliki luas wilayah 4,5 ha yang terbagi menjadi empat pulau besar seperti Misool, Waigeo, Batanta, dan pulau Salawati. Dan lebih dari 1000 pulau kecil yang nggak berpenghuni.

Post a Comment for "Ekspedisi Mata Uang Indonesia"