Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Tukad Unda Klungkung

Keindahan Tukad Unda Klungkung

Sudah pernahkah Anda mampir ke wisata Tukad Unda? Jika belum, sempatkanlah sekali-kali  berkunjung kesana menikmati segala sajian alamnya yang mengesankan dan menakjubkan. Kawasan Tukad Unda terletak di Kabupaten Klungkung berjarak kurang lebih  62 kilometer dari Bandara Udara Ngurah Rai menuju kearah timur. Tak sulit untuk menemukan Tukad Unda ini karena lokasinya sangat strategis dan terletak di jalan utama Kota Klungkung.

Meskipun tempatnya indah dan berkesan (terutama bagi pengunjung yang datang berniat untuk berbulan madu) namun untuk memasukinya tak memerlukan uang alias gratis. Ketika memasuki kawasan Tukad Unda ini pengunjung dijamin akan terbelalak matanya karena sajian sungai yang bertingkat dua dan mengalirkan airnya dengan tenang sehingga mampu merefresh suasana hati dan melupakan segala problematika hidup yang telah dihadapi.

Keindahan Tukad Unda Klungkung
Sejuk dan segar

Jangan bandingkan Tukad Unda dengan kota-kota besar di negeri ini yang sudah dipastikan berhawa panas, penuh polusi dan macet. Tukad Unda memiliki hawa yang sejuk dan segar. Batu-batu besar terdampar di hulu sungai. Kalau tak sedang turun hujan, air sungainya terlihat sangat indah dan jernih, terlebih sungai di Tukad Unda lain dari yang lain karena memiliki tingkat dua. Karena keindahan dan aliran airnya cukup deras dan aman, seringkali Tukad Unda dijadikan  sebagai wahana olahraga rafting atau arung jeram.

Biasanya kegiatan arum jeram tersebut dilakukan saat volume air tidak begitu besar. Ketika air hujan turun yang mengakibatkan volume sungai Tukad Unda menaik maka cukup bahaya digunakan olahraga arung jeram. Kawasan ini sering dijadikan lokasi arung jeram karena memiliki daya tarik dan tantangan yang bagus dan pas yang sangat disukai oleh para pelaku arung jeram.

Selain sebagai lokasi wisata, kawasan Tukad Unda kerap digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mandi dan mencuci atau memancing. Pasir sungai Tukad Unda juga rupanya menjadi nafkah  bagi warga sekitar sehingga seringkali ditambang. Keindahan alam dan aliran air di Tukad Unda sering juga menarik para photographer untuk melakukan sesi photo-photo baik itu sifatnya komersial atau pribadi.
Menuju ke Tukad Unda

Telah dijelaskan sekilas diatas bahwa untuk menemukan Tukad Unda bukanlah pekerjaan yang sulit karena lokasinya yang strategis dan satu arah jika menuju Goa Lawah. Tukad Unda terletak di Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Jarak dari Denpasar sekitar 62 kilometer, bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam saja.

Selamat berkunjung!

Post a Comment for "Keindahan Tukad Unda Klungkung"