Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Pulau Derawan Kalimantan Timur

Pesona Pulau Derawan Kalimantan Timur

Pulau Derawan merupakan salah satu pulau yang berada di kepulauan Derawan, sebuah pulau yang berada di Kabupaten  Berau Provinsi Kalimantan Timur. Daya tarik utamanya adalah pesona bawah lautnya. Setidaknya ada empat pulau yang terkenal dari tiga puluh satu pulau yang berada di kepulauan Derawan yaitu pulau derawan, pulau maratua, pulau sangalaki, dan pulau kakaban. Kekayaan alam bawah laut di Pulau Derawan membuatnya menjadi salah satu tujuan bawah laut terbaik di dunia. Para penyelam kelas dunia pun tak mau ketinggalan untuk berkunjung kesana, bagaimana dengan Anda?   

Pulau Derawan Berau Kalimantan

Pulau Derawan juga disebut-sebut dengan kerajaan penyu yang menawan. Disini anda bisa menemukan penyu hijau dan penyu bersisik. Jika penasaran dengan kehidupan penyu di Pulau Derawan anda pun bisa melihat penyu tatkala sedang bertelur di pasir. Masih ada lagi, anda juga bisa melepas tukik (anak-anak penyu) ke lautan. Selain itu Pulau Derawan ini juga kaya dengan kehidupan hayatinya. Setidaknya anda bisa menyaksikan 460 jenis terumbu karang dan menjadi terbanyak kedua setelah alam bawah laut Raja Ampat. Ratusan jenis ikan pun menjadi penghuni alam bawah laut derawan misalnya seperti kuda laut, ubur-ubur, dan ikan-ikan yang kiji dilindungi yakni pari manta.

Pesona Pulau Derawan Kalimantan Timur

Keindahan Bawah Laut Kepulauan Derawan Berau

Berenang,snorkeling, diving, maupun hunting foto keliling pulau derawan dengan banana boat itulah aktivitas yang bisa anda lakukan ketika berada di Pulau Derawan Kalimantan Timur. Melihat alam bawah laut dengan diving adalah hal terbaik untuk menikmati keindahan bahari derawan. Setidaknya ada 28 titik tempat penyelaman yang sangat mempesona di sana. Untuk melakukan aktivitas diving, anda bisa menyewanya, disana sudah ada tempat-tempat penyewaan peralatan diving dan juga struktur pastinya. Misalnya di di resort derawan. Lumba-lumba, ikan pari manta, penyu, ubur-ubur, barakuda dan terumbu karang yang mempesona itulah yang bisa anda temukan di kehidupan bawah laut derawan.   

Pesona Pulau Derawan Kalimantan Timur

Transportasi menuju Pulau Derawan

Memang tidak membutuhkan dana yang sedikit terutama bagi anda yang berdomisili di luar Pulau Kalimantan. Jika anda ingin sedikit berhemat untuk menuju pulau derawan cobalah pilih pesawat menuju tarakan. Tiket menuju tarakan ini lebih murah dibandingkan tujuan  Berau. Dari Sini anda bisa menggunakan speed boat dengan jumlah sepuluh orang menuju Derawan. Kuncinya adalah anda harus pintar-pintar menawar harga tiket speed boat tersebut. Perjalanan menggunakan speed boat tersebut dari tarakan menuju derawan membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Untuk masalah akomodasi di Pulau Derawan anda bisa menginap di bungalow atau juga bisa menyewa kapal yang sudah tersedia tempat tinggal.

Post a Comment for "Pesona Pulau Derawan Kalimantan Timur"