Jenis-jenis Pis Gobogan Yang Langka


Jenis-jenis Pis Gobogan Yang Langka
Berbagai Jenis Pis Gobogan Bali, Jepang, Vietnam, Palembang dan lainnya

Pis Bolong ini ditaksir ada pada tahun 1769 Masehi-1860 Masehi, Uang Kepeng Kuno / Pis Gobogan ini sangat langka, dimana permukaannya identitas huruf Jepang kuno dan permukaan di sebelahnya ada yang kosong atau berisikan huruf, yang di Bali disebut Pis Jaring.

Uang Kepeng / Pis Bolong Gobogan ini saya dapatkan di Jepang daerah desa Yamato, Kanagawa tempatnya di area kuil, dimana proses dalam menemukannya tidak kesengajaan. Dimana pis Gobogan / Pis jaring ini  merupakan yang dicari-cari oleh kalangan para pecinta koin kuno, karena khasiatnya dan daya magisnya begitu kuat, dan dipercaya untuk keberuntungan dan melancarkan rezeki. Selain Pis Bolong Gobogan jaring ada juga jenis-jenis Pis Bolong Gobogan langka lainnya yaitu:

Pis Lumrah

Kata Lumrah berasal dari bahasa Bali yang artinya sudah biasa digunakan atau diperlukan dari masa ke masa. Jadi Pis ini diberi nama  pis biasa atau pis lumrah, karena peredarannya bersamaan dengan uang logam Hindia Belanda. Ciri-cirinya berwarna kehitaman, ada yang kebiruan dan ada pula yang kekuningan.

Pis Koci

Kata Kuci atau Koci yang dikenal dalam bahasa Bali menurut VanDer Tuuk berasal dari bahasa Cochin China, tetapi beberapa daerah di Bali Pis Koci juga disebut dengan nama Pis Jepang. Ciri-ciri Pis Koci tidak terdapat huruf pada permukaan belakangnya. Koin ini agak kecil dengan yang biasanya dan ada menggunakan pinggiran ada juga tidak. Lubang tengahnya berbentuk bujur sangkar.

Pis Koci ini di produk pada zaman Majapahit Kalau di Jepang pada zaman Tokugawa. Pid Koci ini banyak digunakan untuk sarana upacara di Bali, terutama sebagian digunakan untuk bahan Archa pemujaan yang disebut ‘Rambut Sedana’, dan ditemukan jenis Pis Koci juga ditemukan juga Pis Koci yang pada permukaannya bergambar tokoh-tokoh yang berwatak kebenaran dari tokoh-tokoh dunia pewayangan baik itu Ramayana, Mahabarata, dan Baratayuda. Uang kepeng jenis ini dianggap memiliki kekuatan gaib dan disebut Pis Jimat.

Pis Lembang

Kata Lumbar dalam bahasa Bali adalah lebar atau luas. Kata Lembang berasal dari kata lebar dan digunakan untuk memberi nama kepada jenis uang kepeng / pis bolong yang ukurannya paling besar diantara jenis uang kepeng kuno ini. Menurut Arjan Van Aelst uang kepeng ini berasal dari dinasti Qing (1746 Masehi-1795 Masehi), Jepang, Vietnam, dan Palembang.
Ciri-cirinya lebih besar dari ukuran uang kepeng / pis bolong biasanya, warnanya kuning keemasan.

Pis Wadhon

Wadgon artinya perempuan atau wanita, orang Bali menyebutksn uangkrpekg jenis ini fengan nama Pis Wadhon Sari atau Wadhon Sangka (Wadhon Kangka), fi perkirakan ada pada tahun 841 Masehi-846 Masehi. Karena jumlah produksi jenis uang kepeng ini sangat sedikit, maka termasuk kategori sangat langka. Uang kepeng ini jarang sekali ditemukan dan otomatis harganya pun sangat selangit. Uang ini biasanya digunakan oleh Umat Hindu di Bali untuk Upakara atau Upacara keAgamaan, karena uang ini merupakan yang tertua dari jenis uang kepeng lainnya, karena bahannya dari tembaga dan bercampur timah yang berwarna kehitaman. Untuk itu, saya sendiri belum pernah menemukan uang kepeng ini.

Pis Rerajahan, Pis Paica, Pis Pretima

Jenis-jenis pis atau uang kepeng anggap sebagai uang sakral, karena dianggap memiliki kekuatan magis dan religius.

Pis Rerajahan adalah uang sakral yang sengaja di rajah (di gambar) dengan pola gambaran tertentu yang dianggap menimbulkan atau memberikan kekuatan magis kepada orang yang memilikinya.  Pis rerajahan ini dibuat dari bahan perunggu, tembaga atau kuningan ada yang berbentuk lempengan bulat dan bujur sangkar. Dari caranya merajah (di gambar) yaitu dipahat dengan sistem cor setelah itu dilakukan upakara pasupati (di sesajen kan untuk dihidupkan). Dari pengalaman saya Pis Rerajahan ini dari kekuatan magisnya tidak bisa dipertahankan lama dan biasanya memiliki kekuatan sementara saja, dimana juga terdapat pantangan-pantangan yang tidak boleh dilanggar yang bisa menyebabkan kepunahan daya magis dari pis rerajahan tersebut.

Pis Paica adalah Jenis Uang Kepeng Bolong yang di dapat dari melakukan pesamedhian fi tempat-tempat di anggap suci dan keramat. Uang kepeng ini sangat dikuduskan dan selalu dikaitkan dengan kepercayaan dengan makhluk gaib. Dari pengalaman saya Pis Paica banyak berbentuk uang kepeng bergambar tokoh-tokoh Ramayana, Mahabarata, Baratayuda, dan sebagainya.

Pis Pretima adalah jenis uang kepeng yang dikuduskan (di upacarai) sebagai simbol untuk memuja Tuhan dalam bentuk manifestasinya.

Jenis-jenis biasanya banyak kita jumpai di Bali pada tempat-tempat suci seperti Pura dan sebagainya.

Itulah Jenis-jenis uang kepeng kuno / pis bolong yang bisa saya paparkan berdasarkan buku dan pengalaman saya pribadi. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Nama-nama yang diberikan terhadap jenis-jenis uang kepeng di atas sepenuhnya berdasarkan atas nama yang telah mentradisi dalam masyarakat Bali, jika pun ada informasi uang kepeng yang lainnya silahkan komen di bawah.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel