Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Buang Sampah di Jepang

Jadwal Buang Sampah di Jepang

Katanya buang sampah di Jepang susah ya?

Tidak juga, cukup mentaati peraturan umum yaitu buanglah sampah pada tempatnya saja kok. Yang perlu diperhatikan.adalah jika Anda tinggal di lingkungan Jepang, terutama perumahan atau apartemen di Jepang. Lalu, kapan saja jadwal buang sampah di Jepang? Dan apakah buang sampah, jenis sampah harus dibedakan?

Ada beberapa jadwal buah sampah yang harus diikuti dan jadwal ini tiap-tiap daerah biasanya berbeda. Untuk jenis sampah sendiri Anda harus memilah-milah jenis sampah yang akan Anda buang.

Bagi Anda yang tinggal di Jepang siap-siap mengikuti segala aturan lingkungan dan bahkan pekerjaan rumah tangga yang harus dijalani. Salah satunya adalah mengikuti peraturan cara buang sampah di Jepang. Mungkin telah menjadi kebiasaan orang Jepang membuang sampah dengan papi.

Sampah-sampah dapur dibungkus dengan plastik yang masing-masing daerah beda warna, kalau ditempat saya warnanya kuning.  Sampah kertas dibuang dalam wadah kertas, seperti kantong kertas belanjaan. Buku-buku, koran, kardus mereka ikat dengan baik. Botol-botol dicuci dulu sebelum dibuang, dan banyak lagi lainnya. Kebiasaan ini membuat tempat-tempat sampah di Jepang bebas dari bau.


Orang Jepang pengelompokan sampah-sampah mereka menjadi beberapa jenis, antara lain sampah rumah tangga dari sisa-sisa bahan makanan, kertas-kertas yang sudah kotor dan lain-lainnya. Sampah-sampah khusus seperti wajan penggorengan, televisi, kulkas, lemari, sofa, dan lainnya mereka membuangnya secara membayar, seperti membayar jasa orang.

Orang Jepang menetapkan jadwal membuang sampah setiap minggunya. Misalnya di beberapa tempat di Jepang, sampah rumah tangga dibuang dua kali dalam seminggu, seperti di daerah tempat saya tinggal yaitu setiap hari selasa dan jum’at  dan hari senin membuang sampah botol bekas, kaleng,kertas dan lainnya. Masing-masing dikelompokkan berdasarkan tempatnya.

Sementara setiap hari Kamis kedua dan keempat setiap bulan merupakan saat membuang alat-alat rumah tangga khusus. Hari Sabtu adalah dimana pembuangan sampah menikmati kebersihan alias tidak ada pembuangan sampah. Sampah-sampah tersebut dijadwalkan secara tertulis agar ditaruh di pembuangan sampah di rumah masing-masing dan setelah waktunya yaitu setiang minggu dua kali itu, baru dibuang ke tempat sampah yang sudah disediakan. Membuang sampah ini mulai dari pukul 8-11 pagi, setelah itu akan diangkut truk sampah dari daerah masing-masing.

Post a Comment for "Jadwal Buang Sampah di Jepang"