Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gili Trawangan

Gili Trawangan

Lombok memiliki berjuta pesona alam yang luar biasa yang tak kalah indah dengan pesona keindahan alam yang ada di Bali. Selain objek darat yang mempesona seperti gunung rinjani, padang davana, air terjun dan lainnya, Lombok juga memiliki pesona alam berupa pantai yang sangat indah. Sebut saja sebuah pulau kecil di pinggiran utama pulau lombok yang megah, Gili Trawangan.

Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil yang termasuk dalam daerah kepulauan Lombok. Disampingnya juga terdapat dua pulau kecil lainnya yakni Pulau Gili Meno, dan Gili Air. Ketiga pulau tersebut memiliki keindahan alam yang sama-sama membuat mata Anda menjadi terpukau. Namun yang paling dikenal oleh para wisatawan adalah Gili Trawangan. Mungkin karena lokasinya yang paling dekat dengan Bali sehingga Gili Trawangan menjadi destinasi pilihan bagi  para wisatawan yang ada di Bali.

Apa saya yang bisa dilakukan di pulau kecil ini? Dan apa saja destinasi wisata yang ada di sana? Yuk simak artikel ini.

Gili Trawangan Pesona Alam Lombok Yang Menakjubkan

Setiap harinya, ada saja wisatawan yang berkunjung kesini. Namun secara umum, para wisatawan yang datang kebanyakan adalah wisatawan mancanegara. Jarang ada wisatawan lokal yang berkunjung ke Gili Trawangan, akan tetapi jarang disini tidaklah sangat jarang, namun bisa dibilang persentase untuk turis asing dan lokal sebanyak 80/20%.

Destinasi wisata yang terkenal di pulau ini adalah wisata pantai, karena memang pulau ini cukup kecil dengan panjang 3 kilometer dan lebar hanya 2 kilometer. Cukup dengan hanya berjalan kaki 2 jam, Anda sudah bisa mengelilingi pulau ini. Namun jika dibandingkan dengan 2 pulau lain yang ada di sebelahnya, Pulau Gili Trawangan memiliki luas yang paling besar.

Dengan pantai pasir putihnya yang menawan, Anda bisa bersantai-santai di bawah teriknya matahari atau bisa juga duduk dibawah tenda yang sudah disediakan. Selain itu pantai ini memiliki air yang sangat jernih dan diimbangi dengan ombak yang relatif kecil, sekilas tampak sama dengan wisata pulau menjangan yang ada di Bali. Anda bisa berenang bebas di pantai ini, menikmati kesegaran air laut, tetapi ada batas-batasan untuk anda yang berenang di pantai ini.

Ada Apa Di Gili Trawangan

Bagi wisatawan baru yang belum pernah ke Gili Trawangan pasti bertanya-tanya, ada apa di Gili Trawangan?

Namun, bagi para wisatawan yang sudah pernah merasakan bagaimana indahnya pulau ini akan menjawab dengan “di Gili Trawangan terdapat surga yang menakjubkan”. Ya, banyak wisatawan yang mengatakan pulau ini adalah pulau surga wisata. Dengan banyaknya spot-spot wisata dan diimbangi dengan akomodasi yang lengkap, para wisatawan akan merasa ‘betah’ tinggal di pulau ini.

Di pulau ini anda akan jarang menemui kendaraan bermotor yang lalu lalang karena mungkin sudah dilarang. Untuk dapat berkeliling pulau, anda bisa berjalan kaki atau jika anda lelah, anda bisa menyewa sebuah sepeda untuk bisa berkeliling di pulau ini. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Gili Trawangan,, dimana polusi udara nyaris tidak ada sehingga membuat nyaman para pengunjung yang datang.

Gili Trawangan

Sunset Di Gili Trawangan

Yang menarik di Gili Trawangan adalah dapat melihat momen Sunset atau matahari tenggelam secara langsung. Momen ini dapat anda lihat langsung di pantai yang khusus diperuntukan untuk para wisatawan yang ingin melihat Sunset. Lokasinya tepat berada di sebelah barat pulau yang diberi nama Sunset View.

Disana sebelum molen Sunset tiba, anda dapat bersantai dan bercengkrama ria bersama sahabat-sahabat anda. Akan ada banyak wisatawan yang datang  khususnya di sore hari dengan tujuan yang sama yakni melihat Sunset. Pada saat momen sunset tiba, siap-siaplah mengeluarkan kamera anda sebagai media untuk menjadikan momen indah tersebut.

Pantai Berpasir Putih

Pulau Gili Trawangan dikelilingi oleh pantai yang berpasir yang berwarna putih, sama halnya dengan kebanyakan pantai-pantai yang ada di Bali. Di hamparan pantai yang luas ini, anda dapat melakukan apa saja keinginan anda mulai dari bermain pasir, duduk-duduk santai dan masih banyak lagi. Dari kejauhan akan tampak megah Gunung Rinjani dan Gunung Agung yang ada di Bali.

Keindahan pantai diimbangi dengan keindahan lautnya yang menawan. Ombak yang datang silih berganti, namun dengan kekuatan yang ringan membuat suasana menjadi sangat teduh dan damai. Air laut yang bening seakan mengajak kita untuk masuk ke dalam dan melihat kekayaan isi dari biota di dalamnya.

Kekayaan Alam Bawah Laut

Indahnya di darat, begitu juga yang di laut. Gili Trawangan banyak sekali memiliki spot-spot indah untuk kita selami. Sebut saja beberapa darinya yakni Jack Point, Turbo, Halik Reef, Trawangan Slope dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih layanan Diving yang telah populer dan berlisensi internasional untuk dapat menjamin keselamatan anda. Setiap layanan Diving tentunya memiliki Spot penyelaman yang mereka unggulkan namun intinya sama saja dapat menyaksikan keindahan alam bawah laut pulau Gili Trawangan.

Di dalam laut, anda akan menyaksikan terumbu karang yang tumbuh subur dengan warna-warninya yang indah. Diselingi dengan ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari akan merambah keeksotisan alam bawah laut pulau ini. Di kedalaman 10-20 meter, anda akan menemui satwa langka yakni penyu hijau.  

Namun bagi anda yang tidak suka menyelam, snorkeling dapat menjadi pilihan alternatif untuk anda. Bersejokling juga tak kalah seru dengan diving, karena air laut disini cukup jernih jadi bersnorkeling menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Gili Trawangan

Konservasi Kura-kura

Terdapat tempat khusus untuk konservasi kura-kura yang lokasinya dekat dengan pelabuhan Gili Trawangan. Disana terdapat banyak sekali jenis kura-kura beserta anak-anaknya yang lucu dan menggemaskan. Setiap tahunnya akan diadakan pelepasan kura-kura dan biasanya kegiatan ini juga diiringi dengan upacara adat terlebih dahulu.

Menuju Pulau Gili Trawangan

“Banyak jalan menuju ROMA” begitu juga menuju Gili Trawangan. Apabila anda dari Kota Mataram, Lombok, anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam melalui rute Mataram lalu ke Pelabuhan Bangsal dan sampai di Gili Trawangan. Anda dapat melewati pantai indah Senggigi di Lombok untuk sampai di Pelabuhan Bangsal. Jika dari sana, anda akan dapat melihat pemandangan yang lebih indah daripada melewati jalur yang melewati Kecamatan Pemenang di Lombok Utara.

Tiba di Pelabuhan Bangsal, disana anda akan menemui banyak perahu boat yang akan mengantarkan anda menyeberang lautan menuju Gili Trawangan. Umumnya perahu ini bersifat perahu public boat yang dapat menampung hingga 30 orang sekali jalan. Dan tentu saja kelebihannya adalah harganya relatif murah daripada fast boat. Ada juga turis-turis asing yang ikut berbaur  dalam satu publik boat ini lho!. Dengan perahu boat publik ini, anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit untuk sampai ke Gili Trawangan.

Jika dari Bali, anda dapat melalui Pelabuhan Padangbai dan langsung menggunakan fast boat untuk langsung sampai di Gili Trawangan. Waktu yang ditempuh sekitar 1,5 jam dan tentunya tarifnya cukup menguras kantong sekitar Rp. 500.000 lebih. Namun jika ingin yang lebih murah, anda bisa menggunakan Kapal Feri yang tentunya memerlukan waktu yang lebih lama sekitar 4 jam karena turunnya tidak langsung ke Gili Trawangan, melainkan ke Pelabuhan Lembar Lombok dan kemudian anda menyeberang lagi ke Gili Trawangan lewat pelabuhan Bangsal tadi.  
  

Post a Comment for "Gili Trawangan"