Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksotis Pulau Lengkuas Di Bangka Belitung

Eksotis Pulau Lengkuas Di Bangka Belitung

Pulau yang mempunyai sebuah mercusuar dengan umur bangun-bangunan ratusan tahun dan memiliki pantai yang menakjubkan yaitu Pulau Lengkuas namanya. Pulau atau pantai yang berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Memiliki luas tidak lebih dari 1 hektar tetapi pulau ini memiliki keindahan pantai yang tidak diragukan lagi, yang tadinya masih sepi pengunjung sekarang pantai ini menjadi pilihan  wisatawan yang berlibur ke Pulau Bangka Belitung dan tidak boleh dilewatkan.

Dengan nuansa eksotis dari gamparan pantai berpasir putih serta lokasi pantai menghadap birunya samudra dihiasi dengan batuan granit raksasa dengan bentuk yang unik. Yang unik dari pulau ini adalah adanya mercusuar peninggalan zaman Belanda yang dibajgun pada tahun 1882. Sampai sekarang, mercusuar tersebut masih dipergunakan sebagai pengatur lalu lintas kapal-kapal laut yang melewati atau masuk ke Pulau Belitung. Para pengunjung pulau diizinkan untuk menaiki mercusuar ini yang memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Mercusuar ini memiliki belasan anak lantai sehingga pengunjung bisa berjalan sampai atas untuk menikmati keindahan pulau di sekitarnya. Walaupun terasa lelah karena menaiki anak tangga yang begitu banyaknya kelelahan itu akan dibayar dengan keindahan dari atas menara.

Apabila anda lelah dan tidak ingin mencapai di puncak menara, jangan khawatir karena di setiap lantai mercusuar ini memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah  sehingga anda tetap dapat menikmati pemandangan indah yang bisa dinikmati atau diabadikan dengan kamera anda.

Eksotis Pulau Lengkuas Di Bangka Belitung

Akomodasi Di Pulau Lengkuas

Di Pulau Lengkuas tidak ada banyak akomodasi dan minim fasilitas tetapi disana terdapat toilet umum tapi itu pun memiliki ketersediaan  air bersih yang terbatas. Karena Pulau ini tidak mempunyai sumber air bersih dan air tawar. Biasanya penduduk di sini mencarinya di pulau lain, jadi jika anda di pulau ini gunakanlah air semaksimal mungkin.

Jika anda ingin menginap di pulau ini,  anda bisa lakukan dengan cara berkemah dan mendirikan tenda tapi anda harus memastikan perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap semuanya.  Dan jika ingin menginap anda bisa menemui penginapan di sekitar Tanjung Kelayang sejauh 20 menit dengan menggunakan perahu.

Kegiatan Dan Aktivitas Di Pulau Lengkuas

Keindahan alam dapat anda nikmati bersama keluarga teman maupun pasangan disini dengan melihat dan bermain di pantai, karena pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang sangat jernih dan bersih. Selain bermain-main di pantai anda dapat juga berenang, bersnorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang cantik dengan terumbu karang dan biota lain dapat anda nikmati. Jika anda hobi memancing, kegiatan ini dapat anda  lakukan ataupun anda bisa berjemur dan bermalas-malasan sambil baca buku ataupun sekedar melihat deburan ombak pantai yang begitu tenang.

Kemudian kegiatan lainnya yang dapat anda lakukan di Pulau Lengkuas adalah menaiki mercusuar yang bisa menjadi pengalaman menarik  yang tidak boleh terlewatkan. Karena pemandangan dari puncak menara lebih menakjubkan dan bisa anda abadikan dengan foto. Untuk masuk dan naik ke menara terdapat peraturan yang harus anda patuhi yaitu melepas alas kaki dan mencuci bersih kaki dengan air tawar, karena dikhawatirkan jika alas kaki dan kaki anda terkena air laut dapat menyebabkan korosi pada tangga mercusuar dan tentunya anda harus berhati-hatilah saat menaiki mercusuar.

Dan jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan foto pemandangan yang eksotik dari manara, atau anda bisa berpose di antara bebatuan granit yang unik dan eksotik. Jika masih belum puas anda dapat menelusuri pulau-pulau yang terbentuk dari batuan granit raksasa yang terletak tidak jauh dari pulau ini.  Pulau-pulau kecil tersebut dapat di jamaah hanya dengan berjalan kaki atau dengan berenang.

Terdapat pulau kecil yang bernama pulau burung.  Dinamakan pulau burung karena di pulau kecil tersebut terdapat sebuah batu granit raksasa yang menyerupai kepala burung.


Transportasi Menuju ke Pulau Lengkuas

Untuk menuju ke tempat wisata Pulau Lengkuas, bisa dengan menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, seperti dari Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, ataupun Tanjung Tinggi.

Jarak tempuh menggunakan perahu dari Tanjung Kelayang menuju  Pulau Lengkuas memakan waktu sekitar 20 menit. Sedangkan dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi membutuhkan waktu 30-45 menit. Dalam perjalanan menuju Pulau Lengkuas anda bisa menikmati keindahan laut dan pulau kecil disekitarnya.

Tarif sewa perahu menuju Pulau Lengkuas sekitar Rp. 350.000,-hingga Rp. 500.000 dengan kapasitas lebih dari sepuluh orang. Jika ingin berhemat menumpanglah beramai-ramai untuk menghemat biaya sewa.

Sekian yang dapat saya  sampaikan tentang Eksotis Pulau Lengkuas Di Bangka Belitung. Semoga dapat menjadi referensi untuk anda ketika berlibur ke Pulau Bangka Belitung.

Post a Comment for "Eksotis Pulau Lengkuas Di Bangka Belitung"