Notifikasi

Loading…

Taman Ismail Marzuki: Mengunjungi Kesenian dan Kebudayaan di Jakarta

Jika kamu pecinta seni, maka Taman Ismail Marzuki ini mungkin bisa menjadi rekomendasi tempat wisata seni, budaya maupun edukasi. Taman Ismail Marzuki ini seringkali menyelenggarakan berbagai macam acara kesenian maupun kebudayaan.

Taman Ismail Marzuki juga sebagai monument mengenang seniman besar kelahiran Jakarta dan kebanggaan Indonesia yaitu Ismail Marzuki padda 11 Mei 1914. Penasarankan bagaimana informasi lebih lanjut mengenai Taman Ismail Marzuki? Yuk simak lebih lanjut!

taman ismail marzuki jakarta

Sejarah Taman Ismail Marzuki

Pada tahun 1968, Taman Ismail Marzuki ini dibangun dengan luas delapan hektar yang dibuka pada 10 November 1968 dan langsung diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta yaitu Ali Sadikin.

Dahulu, kawasan Taman Ismail Marzuki ini merupakan sebuah kawasan untuk rekreasi umum Taman Raden Saleh dan kebun binatang. Namun, Ali Sadikin kemudia mengubah kawasan ini menjadi kawasan kesenian dengan tugas agar seniman bisa bekarya lebih dalam.

Penamaan Taman Ismail Marzuki ini diambil dari seniman asal Betawi yang telah berjasa menciptakan lebih dari 200 lagu yang diantaranya Halo-Halo Bandung, Sepasang Bola Mata, Berkibarlah Benderaku, Rayuan Pulau Kelapa, Juwita Malam, Gugur Bunga, Aryati, Selendang Sutera dan masih banyak lagi sebagai bentuk penghargaan yang teleh banyak jasanya.

Lokasi dan Rute Perjalanan Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki ini berada di wilayah tentunya. Berlokasi di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Taman Ismail Marzuki ini memiliki lokasi strategis dimana teletak ditengah kota. Akses menuju lokasi Taman Ismail Marzuki ini sangat mudah untuk kamu lalui karena memang dasarnya terletak ditengah kota.

Untuk sampai di lokasi Taman Ismail Marzuki ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti KRL, MRT atau bahkan TransJakarta. Jika kamu menaiki KRL, maka kamu akan memilih tujuan akhir kereta ke Stasiun Cikini.

Sedangkan jika kamu menaiki MRT, kamu bisa mengambil tujuan akhir di stasiun MRT Bundaran HI. Namun, jika kamu menaiki TransJakarta, kamu bisa naik bus dengan koridor 5H (Kampung Melayu – Tanah Abang) atau kamu bisa menaiki koridor 6H (Pasar Senen –Bulus).

Jika kamu mengalami kesulitan ketika menuju lokasi Taman Ismail Marzuki ini, kamu bisa menggunakan aplikasi google maps untuk menuntun kamu menempih perjalanan dengan benar dan sampai di lokasi dengan tepat.

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Ismail Marzuki

Jika berkunjung ke Taman Ismail Marzuki, kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Namun, kamu perlu membayar tiket masuk untuk menyaksikan pertunjukan-pertunjukan kesenian dan kebudayaan yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki ini. Misalnya, pertunjukan teater, planetarium bahkan menonton film di XXI di Taman Ismail Marzuki.

Untuk jam operasional di Taman Ismail Marzuki buka dari hari Senin – Minggu pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Alokasi waktu yang cukup lama bagi kamu yang ingin menikmati keindahan kesenian dan kebudayaan yang ada di Taman Ismail Marzuki.

Atraksi Kesenian Wisata Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki ini terkenal akan kesenian dan kebudayaan yang dimilikinya. Segala jenis karya seni dan budaya bisa kamu temukan disini. Kamu akan menikmati keindahan dan pesona yang begitu menawan hati meua karya seni yang ada disini.

  1. Pementasan Seni Teater

Jika kamu suka mengikuti pertunjukan seni teater dengan kisah yang dilakoni setiap individu, maka di Taman Ismail Marzuki kamu akan bisa melihat secara langsung. Banyak sekali pementasan yang sudah diadakan, seperti Goro-Goro: Mahabarata 2 yang mengangkat kisah kehidupan para dewa dan wayang. Kesenian ini bisa kamu saksikan di Graa Bhakti Budaya, Galeri Cipta II dan III serta Teater Jakarta.

  1. Menonton Film di XXI

Di Taman Ismail Marzuki, kamu akan bisa menonton di cinema XXI yang nyaman dengan harga terjangkau. Disini, kamu bisa menonton sajian film terbaru tentunya. Area TIM kamu juga bisa menonton bioskop Kineforum yang dibuka secara terbatas dan gratis. Disini, kamu bisa menyaksikan film pendek dari dalam maupun luar negri.

  1. Pameran Seni Rupa

Di Taman Ismail Marzuki kamu bisa menemukan pameran semua karya seni rupa yang dibuat oleh para seniman. Disini banyak sekali pameran yang bergelantungan dan sangat indah dimata. Menarik bukan?

  1. Planetarium Taman Ismail Marzuki

Keindahan kerlipan lampu akan menyambut kamu setiba di Planetarium TIM ini. Area menjadi wisata bertema astronomi dengan menyajikan begitu indahnya rasi-rasi bintang yang bertebaran. Disini juga, kamu akan menemukan replika yang indah seperti planet, meteor maupun benda-benda langit nan memukau.

  1. Warung Buku Jose Rizal

Di Graha Bhakti Budaya, kamu akan menemukan sebuah warung buku dengan koleksi yang lengkap, mulai dari buku langka hingga buku baru yang ada sampai saat ini. kebanyakan buku disini yatu karya sastra.

Gimana? Seru bukan bekunjung ke Taman Ismail Marzuki? Keindahan dan kemegahan yang disajikan oleh Taman Ismail Marzuki ini membuat siapa saja akan betah berlama-lama disini dan menghabiskan waktu seharian untuk mengelili Taman Ismail Marzuki. Yuk, atur jadwal kamu agar bisa berkunjung ke sini!

Post a Comment