Notifikasi

Loading…

Review Taman Nasional Way Kambas: Lokasi, Rute, Daya Tarik, dan Fasilitas

Lampung memang terkenal dengan keindahan alamnya, namun salah satu yang bisa kamu kunjungi  yaitu Taman Nasional Way Kambas yang memiliki daya tarik tersendiri. Di taman nasional ini, kamu bisa melihat pesona alam yang egitu memkau, apalagi kamu akan melihat Gajah Sumatera yang lepas liar di taman rerumputan nan hijau. Menambah kesan jika kamu sedang berada di Savanna bukan?

Yuk simak bagaimana keindahan alam yang ada di Taman Nasional Way Kambas yang begitu memukau!

Review Taman Nasional Way Kambas


Lokasi dan Rute Perjalanan

Taman Nasional Way Kambas terletak di Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Lokasi ini cukup mudah untuk kamu akses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jarak dari pusat kota ke taman nasional ini bisa kamu tempuh dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Untuk sampai di lokasi Taman Nasional Way Kambas ini kamu perlu menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi dan umum. Jika kamu menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi, kamu bisa melewati dari Way Jepara yang nantinya kamu bisa tempuh selama dua jam perjalanan. Selain itu, kamu bisa memulai perjalanan dari Brant menuju ke Way Jepara, di rute ini kamu hanya perlu menempuh perjalanan  selama 1,5 jam.

Jika kamu ragu dengan rute perjalanan yang akan kamu tempuh nantinya, kamu bisa menggunakan google maps sebagai petunjuk arah perjalanan kamu.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk memasuki Taman Nasional Way Kambas, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp. 7.000 per-orang. Ada biaya lain yang akan kamu keluarkan jika kamu membawa kendaraan pribadi yaitu mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000. Dengan harga yang cukup murah, kamu bisa menikmati pesona alam yang memukau hati.

Taman Nasional Way Kambas dibuka untuk umum mulai dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Dengan waktu yang lama, kamu bisa menikmati keindahan alam yang mempesona dengan melihat mamalia yang di lindungi.

Sejarah Taman Nasional Way Kambas

Pada awalnya, Taman Nasional Way Kambas ini dijadikan sebuah tempat peneltian sejak tahun 1936 leh Residen Lampung yang bernama Mr. Rookmaker. Namun, pada tahun 1987 akan taman ini ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam oleh Kementerian Pertanian pada tahun itu.

Maka dari itu, status kawasan ini diubah menjadi Kawasan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) dengan luas kurang lebih 130.000 hektar. Namun, pada bulan April pada tahun 1989, kawasan ini di tetapkan sebagai taman nasional.

Selain itu, di taman nasional ini menjadi sekolah gajah pertama yang ada di Indonesia dengan nama Pusat Pelatihan Gajah (PLG). Setelah itu, diubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG). Hingga saat ini, PKG memiliki 300 ekor gajah yang sudah dilatih dan disebar ke seluruh Indonesia.

Di taman nasional ini, terdapat jua International Rhino Fundation yang bertujuan melestarikan spesies badak dari kepunahan yang mengancamnya. Woaw, menarik bukan? Dan patut untuk kamu kunjungi.

Daya Tarik Wisata Taman Nasional Way Kambas

Selain flora dan fauna yang berada di Taman ini yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan ditambah dengan lingkungan yang asri nan indah membuat siapa saja akan nyaman berlama-lama disini. Taman ini bukan hanya menyajikan suatu keindahan alam saja namun menambah wawasan bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Selain itu, di Taman Nasional Way Kambas ini memiliki daya tarik yaitu Gajah yang bisa kamu lihat secara langsung di depan mata kamu. Ratusan gajah akan kamu lihat disini dengan begitu jinak.

Pada tahun sebelumnya, mungkin kamu akan menemukan gajak yang bermain sambil atraksi, namun sejak tahun 2023, Taman Nasional Way Kambas akan membuka konsep baru mengenai aturan gajah yang ada di dalam taman ini. jika wisatawan bisa bermain secara langsung dengan sang gajah, maka untuk saat ini kamu hanya melihat secara jauh keindahan binatang yang satu ini tujuannya adalah agar tidak mengesksploitasi binatang. tetapi, kamu jangan khwatir akan hal tersebut, karena kamu bisa menikmati keindahan alam berserta flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Wah menarik bukan? Siapa yang akan menolak untuk berkunjung ke taman satu ini dengan segala kekayaan alam yang dimilikinya? Untuk itu, segera atur waktu liburan kamu agar bisa mengunjungi Taman Nasioanal Way Kambas ini.

Post a Comment