Notifikasi

Loading…

Review Taman Nasional Ujung Kulon: Lokasi, Daya Tarik, Tiket dan Jam Operasional

Siapa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon? Salah satu destinasi wisata yang sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Keindahan alam yang ada pada taman ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Decakan kagum akan keluar dari setiap pengunjung yang kagum akan pesona keindahannya.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan benteng terakhir bagi pertahanan Badak Bercula Satu atau Badak Jawa yang sudah terancam akan kepunahan. Sehingga tak heran jika Taman Nasional Ujung Kulon ini identik dengan Badak Bercula Satu. Jika ditelisik lebih lanjut, banyak sekali flora dan fauna yang hidup saling berdampingan serta pesona alam nan indah juga turut menghiasinya.

Penasaran bukan? Yuk intip pesona keindahan Taman Nasional Ujung Kulon ini!

Review Taman Nasional Ujung Kulon


Lokasi dan Rute Perjalanan

Taman Nasional Ujung Kulon berlokasi di Kecamatan Sumur, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten. Yaps, Taman Nasional Ujung Kulon ini terletak dari dua kecamatan dengan memiliki luas sebesar 122.956 hektar. Taman ini terletak di ujung pulau Jawa lho!

Untuk menuju lokasi Taman Nasional Ujung Kulon ini, kamu bisa menempuh perjalanan provinsi hingga sampai di Kecamatan Sumur. Kamu bisa menggunakan aplikasi google maps untuk lebih lanjut menjadi petujuk perjalanan kamu. Jika kamu dari Banten, kamu akan memerlukan waktu sekitar 2-3 jam. Sedangkan jika kamu dari Tanggerang, kamu akan menempuh perjalanan selama 4 jam.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk memasuki lokasi Taman Nasional Ujung Kulon kamu perlu membayar tiket masuk yang berbeda-beda dan tergantung hari kerja dan weekend. Jika kamu berkunjung di hari kerja, kamu akan dikenakan seharga Rp. 5.000 dan di hari weekend, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500 per-orangnya.

Namun, jika kamu membawa rombongan yang minimal 10 orang, akan dikenakan biaya sebesar Rp.3.000 per-orangnya. Sedangkan di hari kerja akan dikenakan biaya sebesar Rp. 4.500 per-orang.

Jam operasional ini buka selama 24 jam. Sehingga, akan memungkinkan jika kamu bisa melakukan penelitian atau sekedar berkemah menikmati keindahan alam yang telah diciptakan oleh sang Tuhan.

Destinasi Wisata di Ujung Kulon

Selain kekayaan akan flora dan fauna yang berada di Taman Nasional Ujung Kulon ini, kamu tentu saja akan kagum dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Yuk simak kemana saja kamu bisa menjelajahi alam kawasan ini!

  1. Pulau Peuncang

Pulau yang terkenal dan selalu ramai dengan para wisatawan dengan sarana dan prasarana yang lengkap tentunya. Sehingga dijuluki dengan Dream Island. Pulau ini memiliki bibir pantai yang terbentang luas dengan pasir lembut nan cantik. Disini, pemandangan akan sangat cantik dengan keasrian yang masih terawat tentunya. Kamu bisa melakukan kegiatan air yaitu snorkeling atau diving.

  1. Pulau Panaitan

Pulau ini mempunyai pesona tersendiri dengan keadaan bawah laut yang begitu cantik dan tak kalah indah. Ombak di pulau ini sangat rekomendasi untuk kamu yang menyukai kegiatan surfing. Sehingga pulau ini menjadi tujuan utama bagi peselancar yang ingin berburu ombak.

  1. Gunung Honje

Jika kamu pecinta gunung, maka pasti kamu akan mencintai Gunung Honje ini karena memiliki tracking yang begitu menantang. Kamu akan menikmati perjalanan yang begitu asri sambil bertemu dengan desa-desa nan berada di dekat Gunung Honje ini.

  1. Sumber Air Panas Cibiuk

Disini kamu akan menemukan pemandian air panas yang alami dan dipercayai dapat menyembuhkan penyakit. Sumber air panas ini dikelilingi oleh alam yang asri dan membuat kamu betah berlama-lama disini untuk menikmati panorama yang mempesona.

  1. Semenanjung Ujung Kulon

Kawasan ini merupakan habitat terakhir Badak Bercula Satu. Selain itu, kawasan ini bisa kamu jadikan sebagai tempat berkemah maupun mengamati aneka satwa liar. Jika kamu pecinta tracking kamu akan bisa menemukannya disini, karena rute juga sudah disediakan oleh para pengelola. Hingga nantinya kamu akan menemukan keindahan alam yang mempesona.

Bagaimana? Taman Nasional Ujung Kulon ini akan sangat cantik dan terasa sangat eksotis dengan alam yang mendukungnya. Kamu tidak akan rugi jika berkunjung kesini tentunya. Yuk tunggu apa lagi, segera kunjungi objek wisata populer ini!

Post a Comment